x

Jika Juara Piala Asia, Timnas U-16 Terancam Tak Bisa Lolos ke Piala Dunia

Senin, 17 September 2018 16:26 WIB
Editor: Juni Adi
Ernando Ari Sutaryadi bersama dengan para punggawa Timnas Indonesia U-16.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 terancam tak bisa tampil di Piala Dunia U-17 meski berhasil menjuarai Piala Asia U-16.

Setelah berhasil menjuarai Piala AFF U-16 beberapa waktu lalu, kini Timnas Indonesia U-16 mengalihkan fokusnya ke kejuaraan lebih tinggi, Piala Asia U-16 2018 di Malaysia yang akan dimulai 21 September nanti.

Dalam undian babak penyisihan yang telah dilakukan, Timnas U-16 masuk dalam grup yang cukup berat bersama India, Vietnam dan Iran di Grup C.

Baca Juga

Kendati demikian, Fakhri Husaini mengaku optimis tim besutannya bisa meraih hasil maksimal, dengan target merebut tiket Piala Dunia U-17 yang akan digelar di Peru pada 2019 mendatang.

"Kami punya modal yang bagus karena pada saat kualifikasi meraih nilai sempurna di Bangkok. Ini modal yang sangat kuat bagi timnas U-16 untuk tampil di Piala Asia 2018," kata Fakhri beberapa waktu lalu.

"Apalagi kita mendapatkannya dengan perjuangan yang keras tanpa kenal menyerah," sambungnya.


1. Tak Bisa Lolos ke Piala Dunia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla.

Namun hal buruk tengah menghantui Skuat Garuda Asia, dimana mereka terancam tak bisa tampil di Piala Dunia U-17 meski mampu menjuarai Piala Asia nanti.

Hal tersebut dikarenakan induk sepak bola Indonesia, PSSI diambang sanksi dari FIFA lantaran menunggak gaji Luis Milla selama tiga bulan dengan nilai Rp6,9 miliar.

"Jika Luis Milla mengadu ke FIFA karena gajinya belum juga dibayarkan, PSSI bisa mendapat hukuman," kata Akmal Marhali selaku ketua organisasi Save Our Soccer (SOS) saat dihubungi INDOSPORT.

"Sesegera mungkin PSSI harus menyelesaikannya," katanya menambahkan.

Baca Juga

Lebih lanjut, Akmal juga mengatakan hukuman FIFA sendiri bermacam-macam, bisa berupa sanksi denda, pengurangan poin di ranking FIFA, atau kemungkinan terburuknya adalah dibanned dalam kegiatan sepak bola.

Sanksi pembekuan ini lah yang bisa mengancam Timnas U-16 tak bisa tampil di Piala Dunia U-17. "Bisa saja itu terjadi, karena sanksi (banned) berlaku di semua level umur Timnas," ujarnya.

Meski mungkin dapat sanksi banned, namun menurut Akmal potensinya cukup kecil, karena dirinya yakin kalau Milla bukanlah sosok pelatih yang neko-neko.

"Tapi saya yakin lah gak sampai dibanned meski ada kemungkinan. Sebab, Milla ini pelatih profesional level dunia yang mempunyai kehidupan yang cukup. Tapi tetap ya, PSSI harus membayar gajinya," tandas Akmal.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Timnas Indonesia U-16 di INDOSPORT.

FIFAPSSITimnas Indonesia U-16Bola InternasionalPiala Asia U-16Piala Asia U-16 2018Piala Dunia U-17 2019

Berita Terkini