x

3 Kerugian yang Dialami Timnas U-16 Jika Kalah dari Iran

Kamis, 20 September 2018 20:15 WIB
Editor: Juni Adi
Ernando Ari Sutaryadi bersama dengan para punggawa Timnas Indonesia U-16.

INDOSPORT.COM - Melawan tim kuat Iran di laga perdana Piala Asia U-16, Timnas U-16 diwajibkan untuk meraih kemenangan jika tak ingin mengalami beberapa kerugian.

Setelah berhasil menjuarai Piala AFF U-16 beberapa waktu lalu, kini Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi ujian yang cukup berat yaitu tampil di Piala Asia U-16 2018.

Tergabung di Grup C, perjuangan anak asuh Fakhri Husaini di akan diawali melawan tim asal Timur Tengah, Iran U-16, pada Jumat (21/09/18).

Baca Juga

Meski lawannya cukup berat, tentunya target meraih kemenangan di laga perdana ini wajib diwujudkan oleh skuat Timnas U-16.

Jika mereka gagal meraih poin penuh, Bagus Kahfi dan kolega akan mengalami beberapa kerugian ini. Berikut INDOSPORT coba merangkummnya:


1. Mental Terganggu

Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia U16.

Timnas Indonesia U-16 punya modal bagus ketika datang ke Malaysia untuk berjuang di Piala Asia U-16, yakni berstatus sebagai jawara Asia Tenggara setelah menjuarai Piala AFF U-16 pada Agustus 2018 lalu.

Hal tersebut membuat rasa percaya diri Bagus Kahfi cs meningkat untuk bisa meraih hasil maksimal di Piala Asia U-16, khusunya di laga perdana melawan Iran, pada Jumat (21/09/18). 

Namun jika dewi fortuna tak berpihak untuk memberikan kemenangan ke Skuat Garuda Asia, tentunya akan sedikit berdampat negatif terhadap mental para pemain di laga selanjutnya. 

Baca Juga

Karenanya, pelatih Fakhri Husaini pun menyiapkan timnya dengan cukup baik. Selain itu, mereka juga baru saja menjalani uji coba melawan tim Timur Tengah lainnya, Oman U-16 dan berakhir dengan skor 3-3.

"Kami memiliki persiapan yang baik sejauh ini dan siap menghadapi tantangan. Kami menghormati semua tim dan besok adalah langkah pertama dalam perjalanan kami,” kata pelatih berdarah Aceh tersebut.


2. Sulit Raih Poin

Iran U-16

Dalam pengundian babak penyisihan grup beberapa waktu lalu, keberuntungan tak menaungi Timnas Indonesia U-16. Sebab, mereka tergabung di grup yang cukup sulit bersama Iran, Vietnam dan India.

Di laga perdana, mereka harus bertemu dengan tim asal Timur Tengah, Iran pada Jumat (21/091/8). Kemenangan tentunya wajib diraih anak asuh Fakhri Husaini guna mengamankan nasib Timnas U-16 di Piala Asia U-16 ini.

Baca Juga

Sebab, raihan tiga poin perdana bisa membuat mental para pemain Timnas U-16 meningkat. Namun jika mereka takluk, tentunya akan jadi petaka.

Karena di dua laga selanjutnya Bagus Kahfi cs diprediksi akan kesulitan mencuri poin ketika berhadapan dengan Vietnam dan India. Dua tim ini dinilai cukup kuat.


3. Kans Lolos Tipis

Peta Kekuatan Calon Lawan Timnas U-16 di Piala Asia U-16.

Meski sudah menjalani uji coba dengan Oman U-16 guna meraba kekuatan Iran yang juga dari Timur Tengah, namun pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini mengaku tetap buta dengan kekuatan calon lawannya itu.

"Setiap tim pasti punya startegi, punya taktik. Dari preskon tadi terlihat jika mereka (Iran) lebih banyak tahu tentang kekuatan Indonesia, ketimbang kami tahu tentang mereka," kata Fakhri saat konferensi pers jelang pertandingan melawan Iran.

Kendati demikian, bukan berarti Bagus Kahfi cs tak mempunyai peluang untuk menaklukan lawannya itu. Kemenangan tentunya wajib diraih Skuat Garuda Asia di laga perdana, guna menghidupkan peluang mereka untuk lolos. 

Baca Juga

Sebab jika kalah, di dua pertandingan selanjutnya Timnas U-16 akan menghadapi laga sulit yakni melawan Vietnam dan India. Seperti diketahui, Vietnam bukanlah lawan sembarang meski mereka pernah dibantai 4-2 di Piala AFF U-16 2018 lalu. 

Sementara India, tim ini sudah dua tahun tergabung bersama, termasuk saat menjuarai turnamen SAFF U-15 2017 dengan catatan 100 persen tak terkalahkan.

Persiapan mereka juga sudah matang dengan melakukan pemusatan latihan di dalam dan luar negeri, serta banyak menggelar uji coba dengan tim-tim kuat Asia dan Eropa.

Ikuti Update Terbaru Jadwal Piala Asia U-16 2018 dan perkembangan Timnas Indonesia U-16 di INDOSPORT.

Indonesia U-16Timnas Indonesia U-16Bola InternasionalPiala AsiaPiala Asia U-16TRIVIAPiala Asia U-16 2018Piala AFC U-16

Berita Terkini