x

Parade Gol Pemain Naturalisasi di Pekan ke-24 Liga 1 2018: Siapa Layak Masuk Timnas Indonesia?

Senin, 8 Oktober 2018 18:01 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
Ilja Spasojevic tengah mengeksekusi bola ke arah gawang Sriwijaya FC.

INDOSPORT.COM – Kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018, kembali bergulir usai sempat dibekukan oleh PSSI menyusul tewasnya Jakmania, Haringga Sirila.

Liga 1 2018 kembali bergulir di pekan ke-24 pada Jumat (05/10/18). Sejumlah tim kuat yang bertabur bintang saling bertemu untuk meraih kemenangan.

Di antara klub tersebut, ada yang dihuni oleh pemain naturalisasi. Tidak hanya berperan sebagai pelengkap tim, mereka turut berkontribusi dalam gol-gol klubnya di pekan ini.

Baca Juga

Beberapa pemain naturalisasi tersebut bahkan telah dipanggil Timnas Indonesia guna menghadapi FIFA Match Day melawan Myanmar (10/08/18) dan Hong Kong (16/10/18).

Di sisi lain, ada pula pemain naturalisasi yang tengah mengantre dan dengan setianya unjuk gigi agar dipanggil memperkuat Timnas senior di Piala AFF 2018 pada bulan November nanti.

Berikut INDOSPORT menghadirkan parade gol pemain naturalisasi di pekan ke-24 Liga 1 2018. Kira-kira siapa yang layak menghuni skuat Timnas Indonesia?


1. Esteban Vizcarra

Sriwijaya FCl (Esteban Vizcarra)

Proses naturalisasi Esteban Vizcarra baru rampung awal tahun 2018. Meskipun sektor sayap Timnas Indonesia telah dihuni pemain muda bertalenta, hal itu tidak membuat staf kepelatihan Garuda mengalihkan perhatiannya dari penampilan apik Vizcarra.

Saat pertandingan Sriwijaya FC vs Bali United, Sabtu (06/10/18), Vizcarra berhasil mencatatkan 1 gol dan 1 umpan. Ketika merayakan gol, ia tampak emosional sebab hal itu menjadi salah satu pembuktiannya bahwa pemain berusia 32 tahun itu masih layak menghuni Timnas Indonesia.

Vizcarra masuk dalam skuat Timnas senior saat FIFA Match Day melawan Myanmar dan Hong Kong. Jika diturunkan pada pertandingan nanti, ia akan menjalani debut berseragam Merah Putih dalam laga resmi yang dicatat oleh FIFA.


2. Beto Goncalves

Beto Goncalves merayakan golnya ke gawang PS TIRA.

Striker berusia 37 tahun ini kembali unjuk gigi di hadapan ribuan suporter Sriwijaya FC. Ia menyumbang 1 gol saat Laskar Wong Kito menang 3-2 atas Bali United.

Golnya ke gawang Wawan Hendrawan menjadi yang ke-8 baginya musim ini. Beto lantas kembali dipercaya masuk skuat Garuda saat uji coba melawan Myanmar dan Hong Kong.

Sebelumnya, ia berhasil membuktikan diri di ajang Asian Games 2018. Kombinasinya bersama Stefano Lilipaly dianggap padu sehingga mampu membawa Timnas U-23 melaju hingga fase gugur.


3. Ilja Spasojevic

Striker Bali United, Ilija Spasojevic.

Golnya ke gawang Sriwijaya FC menjadi bukti bahwa Ilja Spasojevic belumlah habis. Ia kini telah membukukan 8 gol menyamai pencapaian Beto.

Pada awal musim, sumbangan golnya memang tersendat. Akan tetapi, setelah hadirnya Melvin Platje, Spaso kian kembali menemukan tajinya.

Sejak pekan ke-15, Spaso mulai rajin mencetak gol. Di 5 laga terakhir, ia telah menyumbang 4 gol, hanya sekali gagal menjebol gawang lawan saat berjumpa Barito Putera.

Barangkali, pelatih Timnas Indonesia harus kembali mempertimbangkan Spaso untuk menghuni lini depan Timnas. Aroma naturalisasi bisa jadi akan semakin kental di sektor penyerangan Indonesia di Piala AFF 2018 nanti.


4. Guy Junior

Pemain anyar PSM Makassar, Guy Junior.

Namanya memang tidak setenar pemain naturalisasi lainnya. Akan tetapi, kontribusinya bagi PSM Makassar begitu vital di saat-saat tertentu.

Guy mencetak 2 gol saat Juku Eja berhasil menghempaskan tuan rumah Mitra Kukar dengan skor telak 4-1. Ia bahkan membobol gawang Naga Mekes saat laga masih berjalan 2 menit.

Musim ini, pemain berusia 32 tahun itu telah mencetak 6 gol. Ia mampu beroperasi di posisi gelandang kanan atau kiri. Guy dapat dijadikan opsi baru di lini tengah Timnas Indonesia walaupun ia belum pernah  berseragam Merah Putih sebelumnya.

Terus ikuti berita Liga 1 dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM

Ilija SpasojevicBeto GoncalvesTimnas IndonesiaEsteban VizcarraLiga IndonesiaGuy Junior Nke Ondoua

Berita Terkini