x

Perbedaan Performa Timnas Indonesia Level Senior, U-19 dan U-16 di Tiga Laga Terakhir

Kamis, 11 Oktober 2018 11:39 WIB
Editor: Juni Adi
Indonesia vs Myanmar

INDOSPORT.COM - Tiga level Timnas Indonesia yakni U-16, U-19 dan senior melakoni beberapa pertandingan internasional resmi. Siapa yang meraih hasil bagus?

Tahun 2018 ini bisa dibilang jadi tahun yang paling sibuk bagi Timnas Indonesia, dari level junior U-16 dan U-19, hingga senior. Sebab, ketiganya dihadapkan dengan turnamen bergengsi seperti Piala Asia U-16, U-19 dan Piala AFF 2018.

Perjuangan mengharumkan nama Indonesia di turnamen tersebut dimulai dari Timnas Indonesia U-16, pada ajang Piala Asia U-16 2018 di Malaysia lalu.

Baca Juga

Datang dengan status jawara Asia Tenggara, anak asuh Fakhri Husaini harus pulang dengan kekecewaan lantaran langkahnya terhenti hanya sampai babak perempatfinal, usai takluk dari Australia dengan skor 3-2.

Kekalahan tersebut jelas harus jadi bahan evaluasi bagi tim pelatih. Sebab, Timnas Indonesia U-16 sempat tampil garang di Piala AFF U-16 hingga keluar sebagai juara.

Namun, grafik menanjak tersebut hanya sampai di pertandingan awal Piala Asia U-16, saat menang melawan Iran dengan skor 2-0.

Di pertandingan selanjutnya yang merupakan tiga laga terakhir Timnas Indonesia U-16, Bagus Kahfi cs justru meraih hasil kurang memuaskan.

Mereka hanya bisa meraih dua kali imbang melawan Vietnam dengan skor 1-1, dan imbang 0-0 melawan India. Hingga puncaknya harus takluk dari Australia.


1. Performa Timnas U-19 dan Senior

Indonesia vs Myanmar.

Nasib tak jauh berbeda dialami oleh Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri. Dalam tiga pertandingan terakhir di laga uji coba, Timnas Indonesia U-19 masih tampil mengecewakan.

Padahal, laga tersebut digelar sebagai ajang persiapan mengasah kemampuan sebelum turun di Piala Asia U-19 2018, pada 18 Oktober mendatang di Indonesia.

Dari tiga laga terakhir, Timnas Indonesia U-19 belum sekalipun merasakan kemenangan. Imbang 2-2 melawan Thailand, takluk 3-0 dari China, dan yang terbaru dikalahkan oleh Arab Saudi dengan skor 2-1.

Baca Juga

Hasil tersebut jelas menjadi catatan evaluasi bagi tim pelatih, khususnya Indra Sjafri untuk mematangkan skuatnya, karena turnamen akan digelar dalam hitungan beberapa hari lagi.

Performa memuaskan justru dialami oleh Timnas Indonesia senior. Meski sedang mengalami polemik perihal siapa yang akan menjadi pelatih usai ditinggal Luis Milla, namun ternyata hal tersebut bukan gangguan.

Dari tiga laga terakhir uji coba, Timnas Indonesia senior belum sekalipun meraih kekalahan. Imbang melawan Puerto Rico dengan skor 0-0, dan menang melawan Mauritius 1-0, serta menang atas Myanmar 3-0.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Perkembangan Timnas Indonesia di INDOSPORT.

Timnas u-19Timnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19

Berita Terkini