x

3 Pemain Jepang U-19 yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia U-19

Jumat, 26 Oktober 2018 11:13 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Timnas Jepang U-19

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Timnas sepak bola Jepang U-19 dalam laga hidup mati menuju Piala Dunia U-20, Minggu (28/10/18), dalam babak perempatfinal Piala Asia U-19 2018.

Secara kasat mata, tim muda Samurai Biru diyakini dapat mengatasi Timnas Indonesia U-19 dalam laga ini. Akan tetapi dukungan penuh suporter Timnas Indonesia U-19 kemungkinan besar bisa merubah hasil akhir nanti.

Walau begitu, anak asuh Indra Sjafri harus berusaha keras pada pertandingan ini. Pasalnya, Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi kiblat sepak bola di Asia, bersama Korea Selatan dan China.

Baca Juga

Nama-nama seperti Shinji Kagawa, Keisuke Honda, Yuto Nagatomo, hingga Shinji Okazaki merupakan sebagian kecil dari pemain Jepang yang telah berhasil menjadi bukti keseriusan regenerasi Jepang dalam dunia sepak bola.

Mereka semua telah berhasil merintis karier di kancah sepak bola Eropa. Bahkan, nama yang terakhir disebutkan berhasil menjuarai trofi Liga Inggris yang notabene adalah liga tersengit di dataran benua biru.

Di sisi lain, para pemain muda Jepang sendiri tak kalah menariknya dibandingkan seniornya. Sebut saja seperti Takehiro Tomiyasu (19 tahun) yang bermain dengan Sint-Truidense VV di Liga Belgia atau layaknya Ritsu Doan (20 tahun) bersama FC Groningen di Liga Belanda.

Dalam skuat Timnas Jepang U-19 kali ini pun tak sedikit pemain-pemain yang telah merintis kariernya di luar Jepang. Salah satunya adalah pemain FC Tokyo, Takefusa Kubo atau yang lebih dikenal sebagai 'Messi Jepang'. 

Baca Juga

Julukannya itu datang bukan tanpa alasan. Pasalnya, ia pernah menimba ilmu di akademi yang sama dengan Lionel Messi, yakni La Masia milik Barcelona.

Selain kehadiran Takefusa Kubo, terdapat beberapa nama-nama lainnya yang memiliki segudang pengalaman, walau masih berusia belasan tahun. 

Maka dari itu, INDOSPORT telah merangkum tiga pemain Timnas Jepang U-19 yang wajib diwaspadai oleh para punggawa Timnas Indonesia U-19. 


1. Koki Saito

Koki Saito saat memperkuat Yokohama FC.

Baru berumur 17 tahun pada 2018, Koki Saito nyatanya mampu bersaing dengan para pemain yang lebih tua darinya dalam gelaran Piala Asia U-19 tahun ini.

Pengalamannya bermain di kasta kedua Liga Jepang bersama Yokohama FC pun berhasil ia aplikasikan dalam ajang ini.

Hasilnya, torehan tiga gol dan dua assist-nya dari seluruh pertandingan di babak grup telah membuktikan kualitasnya sebagai calon penyerang andalan timnas senior Jepang.

Baca Juga

Tak ayal dalam laga melawan Timnas Indonesia U-19 nanti, sosok Saito di lini penyerangan Jepang wajib diwaspadai oleh barisan lini belakang anak asuh Indra Sjafri ini. 

Kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar, serta ketenangannya dalam melesatkan bola ke jala lawan harus benar-benar diperhatikan oleh U-19 Indonesia, apabila tak ingin kehilangan kesempatan bermain di Piala Dunia U-20 tahun depan.


2. Hiroki Abe

Hiroki Abe (kanan) saat membela klub Kashima Antlers.

Berposisi sebagai penyerang, sosok Hiroki justru lebih banyak berkontribusi atas umpan-umpannya di setiap pertandingan babak grup Piala Asia U-19 2018. Dibandingkan mencetak gol, dirinya lebih sering mengatur serangan tim muda Samurai Biru.

Walau baru mencetak satu gol dan satu assist dari tiga pertandingan di ajang Piala Asia U-19, peran Abe dalam 13 gol Jepang tak bisa dipandang sebelah mata. Bisa dikatakan, pemain Kashima Antlers ini merupakan jiwa permainan U-19 Jepang.

Baca Juga

Pemain 19 tahun ini sejatinya bukanlah pemain yang sembarangan. Di kompetisi domestik, Abe berhasil menjadi salah satu pemain yang berkontribusi atas keberhasilan Kashima Antlers merengkuh trofi Super Cup pada tahun 2017 dan menjadi runner-up di Liga Jepang tahun yang sama.


3. Taisei Miyashiro

Taisei Miyashiro saat membela Timnas Jepang.

Sosok yang benar-benar wajib diwaspadai oleh lini belakang Timnas Indonesia U-19, tak lain tak bukan adalah Taisei Miyashiro.

Kemampuannya dalam urusan mencetak gol tak bisa dianggap remeh. Pada gelaran Piala Asia U-19 kali ini, dirinya berhasil mencetak dua gol pada Piala Asia U-19 2018 melalui dua pertandingan saja.

Bahkan, saat berhadapan dengan Thailand U-19, Miyashiro mampu mencetak dua gol di pertandingan ini, sekaligus mengantarkan U-19 Jepang melenggang ke babak perempat final.

Baca Juga

Kemampuan Miyashiro sendiri telah tercium sejak mengikuti Piala Dunia U-17 tahun lalu. Kala itu, dirinya berhasil mencatatkan dua kali namanya dalam papan skor dalam tiga pertandingan.

Tak ayal, salah satu klub terbesar di Jepang, Kawasaki Frontale pun merekrutnya pada tahun 2018.

Penulis: Ridi F Khan

Terus Ikuti Sepak Bola Piala Asia U-19 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

JepangIndonesia U-19Piala Asia U-19Timnas u-19Piala AFC U-19Bola InternasionalPiala Asia U-19 2018Timnas Indonesia U-19TRIVIA

Berita Terkini