x

Selain Lion Air, Ini 3 Maskapai Penerbangan yang Akrab dengan Sepak Bola

Senin, 29 Oktober 2018 14:38 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Kabar duka dari dunia penerbangan Indonesia, yaitu Lion Air jatuh di Tanjung Karawang dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang dengan nomor JT 610.

Dalam keterangan yang sudah dikonfirmasi Basarnas dalam konferensi pers, pesawat Lion Air jatuh setelah sebelumnya hilang kontak usai lepas landas.

Kabar kecelakaan pesawat seperti ini tentunya mengundang duka mendalam untuk dunia penerbangan Indonesia yang kerap terjadi beberapa tahun terakhir.

Baca Juga

Dunia penerbangan sendiri ternyata cukup akrab dengan sepak bola, seperti Lion Air yang sepakat mensponsori Madura United pada 2016 lalu.

Ternyata tidak hanya Lion Air, banyak maskapai penerbangan, khususnya global, yang mensponsori klub-klub elite Eropa. Di artikel ini, INDOSPORT akan coba merangkum beberapa maskapai penerbangan yang jalin kerja sama dengan klub elite Eropa.


1. Emirates

Emirates menjadi sponsor utama Real Madrid

Emirates, maskapai asal Dubai tidak perlu dijelaskan lagi seberapa akrabnya mereka dengan dunia sepak bola, khususnya di Eropa. Seperti yang kita ketahui, klub-klub elite Eropa seperti Paris Saint-Germain, AC Milan, Arsenal dan bahkan Real Madrid digandeng oleh mereka.

Mensponsori klub sepak bola yang tentu saja kebutuhannya besar, dana yang digelontorkan Emirates tidaklah kecil. Apalagi, Emirates mensponsori klub-klub yang terbilang besar.

Seperti yang baru saja dirilis pada Februari 2018 lalu, Arsenal dan Emirates mengumumkan perpanjangan kontrak kerja sama mereka yang masih akan berakhir pada musim 2023/24. 

Kesepakatan Arsenal dan Emirates dilansir dari BBC, senilai 200 juta poundsterling atau sekitar Rp3,8 triliun. Bahkan nama Emirates juga terpampang sebagai nama stadium Arsenal.

Selain Arsenal, pada 2017 lalu, Real Madrid dan Emirates juga baru saja mengumumkan perpanjangan kerja sama dengan nilai kesepakatan sebesar 280 juta euro atau sekitar Rp4,7 triliun.


2. Qatar Airways

Sponsor utama Qatar Airways di jersey AS Roma

Selain Emirates, maskapai penerbangan Timur Tengah lainnya yang mensponsori klub elite Eropa adalah Qatar Airways. Yang terbaru, klub raksasa Italia, AS Roma resmi menjalin kerja sama sejak April 2018 hingga 2021 mendatang.

Menurut Reuters, nilai kesepakatan AS Roma dengan Qatar Airways dikabarkan senilai 120 juta euro atau sekitar Rp2 triliun. Kesepakatan ini cukup besar hingga nama 'Qatar Airways' terpampang jelas di jersey AS Roma.

Sebelum AS Roma, Qatar Airways juga menjalin kerja sama dengan klub besar Spanyol, yaitu Barcelona. Namun, Qatar Airways tak lagi terpampang di jersey Barcelona karena kalah jumlah dana dengan penyedia Internet asal Jepang, Rakuten.


3. Aeroflot

Aeroflot saat menjadi sponsor utama Man United.

Maskapai penerbangan asal Rusia, Aeroflot juga menjalin kerja sama dengan salah satu klub besar di dunia, dengan basis suporter yang sangat besar, yaitu Mancheser United.

Kesepakatan Aeroflot dengan Manchester United bahkan baru saja diperpanjang sejak April 2017 lalu. Kesepakatan pertama Aeroflot dan Manchester United terjalin sejak 2013 lalu.

Baca Juga

Dilansir dari SportsPro Media, nilai kesepakatan Aeroflot dan Manchester United yang baru mencapai 200 juta dollar AS atau sekitar Rp3 triliun untuk 5 tahun ke depan.

Real MadridManchester UnitedArsenalManchester CityBarcelonaIndonesiaAS RomaBola Internasional

Berita Terkini