x

8 Pemain Luar Negeri yang Tak Dilirik Bima Sakti untuk Timnas Indonesia

Kamis, 1 November 2018 10:40 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
Evan Dimas, Egy Maulana, Ilham Udin dan Andik Vermansah

INDOSPORT.COM - Terdapat beberapa pemain bola Indonesia yang berkiprah di luar negeri. Namun, mereka tak dilirik pelatih Bima Sakti untuk masuk Timnas Indonesia yang berkancah di turnamen sepak bola level Asia Tenggara, Piala AFF 2018.

Bima Sakti Tukiman memanggil 23 pemain untuk menjalani pemusatan latihan. Pemain-pemain tersebut terdiri dari tiga kiper, delapan bek, 10 gelandang, dan dua striker.

Dari 23 pemain tersebut hanya satu pemain yang berkarier di luar negeri dipanggil oleh Bima Sakti. Ia adalah Evan Dimas Darmono, gelandang enerjik sang pengatur serangan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Pada kenyataannya pemain-pemain Indonesia banyak berkiprah di luar negeri pada tahun 2018 ini. Bahkan banyak dari mereka telah menjadi starter selama satu musim.

Dengan pengalaman tersebut, tentu ada baiknya kalau Bima Sakti memanggil mereka semua pulang untuk menjalani seleksi. Sehingga kerja keras mereka bisa dilihat langsung.

Berikut INDOSPORT merangkum delapan pemain Indonesia yang berkiprah di luar negeri tetapi tidak dilirik Bima Sakti untuk memperkuat Timnas.


1. 1. Ryuji Utomo Prabowo

Bek Indonesia, Ryuji Utomo berhasil membawa klub Thailand PTT Rayong keluar sebagai juara kompetisi kastar kedua Thailand, Thai League 2.

Bek klub Liga 2 Thailand PTT Rayong, Ryuji Utomo tak dipanggil oleh Bima Sakti. Padahal Ryuji Utomo telah membawa PTT Rayong promosi dan mendapatkan jam terbang yang cukup.

Bermain di luar negeri sekelas Liga 2 Thailand, tentunya dapat menjadi alternatif untuk Bima Sakti. Ryuji Utomo sendiri kerap dipasang di beberapa posisi dan dapat menguntungkan Timnas Indonesia.

2. Rudolof Yanto Basna

Pemain Khonkaen FC Yanto Basna.

Kemudian ada juga bek Liga 2 Thailand Khon Kaen FC, Rudolof Yanto Basna. Bek 23 tahun ini juga bisa menjadi alternatif bagus untuk Timnas Indonesia di Piala AFF.

Yanto Basna bahkan telah tampil starter sejak awal musim 2018 bersama Khon Kaen FC. Pengalamannya bermain di Thailand tentu saja bisa ditularkan dan 'dibocorkan' gaya permainan para pemain sepak bola Thailand.


2. 3. Andik Vermansah

Andik Vermansah saat membela Kedah FA

Lalu ada winger Liga Super Malaysia Kedah FA, Andik Vermansah, yang semestinya dipanggil Bima Sakti. Kiprahnya di luar negeri diperkirakan bisa sangat dibutuhkan Timnas Indonesia.

Apalagi Andik Vermansah telah langganan membela Timnas Indonesia di Piala AFF beberapa tahun belakangan. Tentu agak mengherankan Bima Sakti tak menoleh ke Andik Vermansah.

4. Ahmad Jufriyanto

Achmad Jufriyanto saat berseragam Kuala Lumpur FA.

Selanjutnya ada bek Liga Super Malaysia Kuala Lumpur FA Ahmad Jufriyanto. Bek sangar yang pernah membela Persib Bandung ini juga tak dilihat oleh Bima Sakti.

Kiprahnya di Kuala Lumpur FA juga tak buruk-buruk amat. Kendati hanya mampu membawa Kuala Lumpur FA finis di posisi 10, tetapi visinya dalam bermain sangat diperlukan.


3. 5. Terens Puhiri

Aksi Terens Puhiri

Winger klub Liga 1 Thailand Port FC Terens Puhiri pun tak dicoba untuk menjalani pemusatan latihan oleh Bima Sakti. Terens Puhiri memiliki kecepatan yang mumpuni dan dapat menjadi senjata mematikan.

6. Yulius Mauloko

Yulius Mauloko, pesepakbola Indonesia yang memperkuat klub Australia.

Lanjut lagi ada striker klub Liga 2 Australia Western Knights SC. Yulius Mauloko baru saja menjadi top skor dengan torehan 11 gol. Jumlah tersebut sangat bagus untuk dijajal dalam pemusatan latihan sekaligus ajang uji coba, tetapi Bima Sakti masih belum melirik bakat Yulius Mauloko.


4. 7. Ezra Walian

Pemain RKC Waalwijk Ezra Walian.

Striker klub Liga 2 Belanda RKC Waalwijk, Ezra Walian, pun tak dilirik oleh Bima Sakti jelang Timnas Indonesia berkancah di Piala AFF 2018. Padahal Ezra Walian merupakan predator andal asal ada bola-bola manja yang diarahkan padanya.

8. Ilham Udin Armaiyn

Ilham Udin Armaiyn tengah menjalani sesi latihan jelang laga kontra Mauritius.

Terakhir adalah striker klub Liga Super Malaysia Selangor FA, Ilham Udin Armaiyn. Pemain sepak bola Indonesia berusia 22 tahun ini seharusnya mendapat kepercayaan untuk membawa Timnas Indonesia meraih juara di Piala AFF 2018.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Timnas Indonesia dan Berita Piala AFF 2018 Lainnya di INDOSPORT.COM.

Ahmad JufriyantoTimnas SeniorAchmad JufriyantoIlham Udin ArmaiynTim Nasional IndonesiaAndik VermansahTimnas IndonesiaRudolf Yanto BasnaRyuji Utomo PrabowoPiala AFFBola InternasionalTerens Owang PuhiriEzra WalianRudolof Yanto BasnaTerens PuhiriPiala AFF 2018Yulius MaulokoTRIVIA

Berita Terkini