x

3 Klub Liga 1 yang Tak Rela Pemainnya Bela Timnas Indonesia

Jumat, 2 November 2018 10:23 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM - Sejumlah klub sepak bola nasional Liga 1 musim 2018 secara tidak langsung tak rela para pemainnya pergi membela Timnas bola Indonesia. Tercatat ada 3 klub yang mengajukan keringanan.

Keringanan yang diminta oleh klub-klub Liga 1 adalah karena mereka tengah melakukan pertandingan-pertandingan penting. Sebab kompetisi Liga 1 telah memasuki pekan ke-29.

Dimana Liga 1 hanya menyisakan lima pertandingan saja. Sehingga setiap klub ingin pemain-pemain andalannya membela klub sampai finis.

Baca Juga

Kendati begitu para pemain yang dipanggil membela Timnas Indonesia tak boleh dilarang. Sebab sudah ada peraturannya yang tertuang dalam Kode Disiplin PSSI Bagian Kesebelasan Pasal 73.

Kehilangan pemain andalan memang bisa mempengaruhi performa klub Liga 1 yang sedang berjuang untuk terhindar dari zona degradasi musim ini. Namun peraturan tak bisa dilanggar.

Oleh karena itu INDOSPORT coba menyajikan klub-klub yang melobi PSSI agar pemain-pemainnya yang dipanggil ke Timnas Indonesia bisa membela klubnya dalam satu pertandingan.


1. Sriwijaya FC

Beto Goncalves akan melakukan selebrasi usai mencetak gol. Herry Ibrahim

Sriwijaya FC menjadi klub yang paling ngotot dalam meminta kelonggaran pada PSSI. Karena dua pemainnya, yakni Zulfiandi dan Beto Goncalves dipanggil Timnas Indonesia.

Pemanggilan keduannya untuk melakoni ajang di Piala AFF 2018. Zulfiandi dan Beto Goncalves sebelumnya telah Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018 lalu.

Baca Juga

"Kami mengajukan surat karena posisi Sriwijaya FC saat ini sedang genting. Kami butuh pemain andalan untuk meraih poin di laga sisa yang tinggal enam pertandingan lagi," kata Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri Faisal Mursyid seperti dikutip Antara, Rabu (31/10/18).

Namun PSSI menolak permohonan tersebut. Sehingga Sriwijaya FC harus melakoni sisa-sisa pertandingan Liga 1 tanpa dua pilar andalannya.


2. Persebaya Surabaya

Irfan Jaya berlatih bersama Persebaya Surabaya.

Kemudian ada Persebaya Surabaya, yang mana satu pemain andalan mereka, yakni Irfan Jaya juga dipanggil Timnas Indonesia untuk ajang Piala AFF 2018.

Bahkan manajer Persebaya Candra Wahyudi meminta kelonggaran terhadap PSSI akan Irfan Jaya. Penangguhan Persebaya menanyakan apakah bisa atau tidak.

Baca Juga

"Meskipun tetap saja pada akhirnya kami tetap menghormati apa yang jadi keputusan akhir federasi," kata Candra, Rabu (31/10/18).

Irfan Jaya yang pada musim 2018 ini memang tak membela Persebaya dalam sejumlah pertandingan. Namun pelatih Djajang Nurjaman mengaku kalau pemain lain bisa mengisi kekosongan peran Irfan Jaya.


3. Madura United

Fachrudin Aryanto saat menghadiri konferensi pers jelang Indonesia vs Islandia

Terakhir adalah Madura United yang juga meminta penagguhan pemanggilan dua pemain andalan mereka, yakni Fachrudin Aryanto dan Alfath Fathier untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF.

Hal itu disampaikan oleh manajer Madura United Haruna Soemitro. Pihaknya mengaku kalau dua pemain ini masih bisa menjalani pertandingan di Liga 1.

Baca Juga

"Kami minta penagguhan waktu untuk Fachrudin dan Alfath bergabung (ke Timnas Indonesia), minimal sampai 4 November," kata Haruna Soemitro, Selasa (30/10/18).

Namun tampaknya permohonan para klub-klub Liga 1 terhadap pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia tak membuat PSSI melonggarkan aturan. PSSI bahkan tetap pada pendiriannya.

Terus Ikuti Update Liga 1 2018 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM.

Persebaya SurabayaPSSISriwijaya FCTimnas SeniorAlberto GoncalvesZulfiandiTim Nasional IndonesiaFachrudinBeto GoncalvesTimnas IndonesiaMadura United FCLiga IndonesiaFachrudin AryantoLiga 1Irfan JayaTRIVIA

Berita Terkini