x

5 Fakta Unik Jelang Piala AFF 2018

Senin, 5 November 2018 14:10 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Yohanes Ishak

INDOSPORT.COM - Tak terasa, Piala AFF 2018 akan berlangsung tiga hari lagi. Selama sebulan ke depan, kita menyaksikan aksi para bintang sepak bola Asia Tenggara untuk menampilkan yang terbaik.

Ada 11 negara ASEAN yang akan berlaga di gelaran edisi ke-12 tahun ini. Mereka sudah mengumumkan daftar pemain yang akan ikut serta di turnamen ini.

Akan ada dua grup di turnamen tahun ini. Grup A terdiri dari Malaysia, Myanmar, Kamboja, Laos, dan Vietnam. Semenrara Grup B akan ada juara bertahan Thailand, Indonesia, Filipina, debutan Timor Leste dan Singapura.

Berikut ini sejumlah fakta menarik sepanjang diadakannya turnamen regional dua tahunan ini sebagaimana dilansir Fox Sports.

Baca Juga

1. Tim Paling Sukses: Thailand

Gelandang Timnas Thailand, Sanrawat Dechmitr.

Thailand sudah meraih lima gelar Piala AFF sejauh ini, di bawahnya ada Singapura dengan empat kali juara, sementara Malaysia dan Vietnam masing-masing baru sekali juara.

Tim Yang Belum Beruntung: Indonesia

Indonesia sudah tiga kali melaju ke final, namun keberuntungan belum berpihak pada Tim Garuda. Tiga kali beruntun melaju ke final (2000,2002, dan 2004), namun ketiganya kalah (tahun 2000 dan 2002 kalah dari Thailand dan tahun 2004 kalah dari Singapura).

Tahun 2010 dan 2016 Indonesia melaju lagi ke final namun kalah dari Malaysia dan Thailand. Akankah keberuntungan kali ini berpihak pada Indonesia? Apakah masih harus menunggu lebih lama lagi?


2. Pesta Gol: Indonesia 13-1 Filipina

Noh Alam Syah, mantan pemain Persib Bandung.

Ini terjadi di fase grup gelaran Piala AFF 2002. Bambang Pamungkas dan Zaenal Arief masing-masing mencetak empat gol di laga tersebut. Singapura nyaris menyamai pencapaian tersebut saat mengalahkan Laos 11-0 di Piala AFF 2007.

Gol Terbanyak Dalam Satu Laga (Noh Alam Shah, 7 Gol)

Baca Juga

Masih berkaitan dengan kemenangan Singapura asal Laos 11-0 tahun 2007. Noh Shah Alam mencetak tujuh gol dalam laga ini (dua di babak pertama dan lima di paruh kedua).

Noh Alam Shah yang pernah jadi idola Arema dan Persib juga menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa selama gelaran Piala AFF dengan 15 gol. Dia berperan membawa Singapura juara Piala AFF dua kali (2005 dan 2007).


3. Jadi Pemain Terbaik Dua Kali Secara Beruntun: Chanatip Songkrasin

Chanatip Songkrasin, pemain Timnas Thailand.

Jarang seperinya seorang pemain sepak bola menerima penghargaan pemain terbaik dalam dua kompetisi internasional secara beruntun. Namun, hal ini nyatanya dapat dilakukan oleh pemain Timnas Thailand, Chanatip Songkrasin.

Perannya penting saat membawa Thailand menjuarai turnamen Piala AFF dua kali (2014 dan 2016), sehingga wajar rasanya jika ia dinobatkan sebagai pemain terbaik di ajang ini.

Ikuti terus berita Piala AFF 2018 di INDOSPORT.COM

Piala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018

Berita Terkini