x

4 Pemain Singapura Jebolan Eropa yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Jumat, 9 November 2018 11:41 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
Timnas Singapura di Piala AFF 2018.

INDOSPORT. COM - Semarak gelaran Piala AFF 2018 sedang menyelimuti Timnas Indonesia. Singapura jadi calon lawan pertama yang harus dihadapi.

Gelaran Piala AFF 2018 telah resmi dimulai sejak Kamis (08/11/18) kemarin. Timnas Indonesia sendiri dalam gelaran ini tergabung di dalam Grup B bersama empat negara lainnya, yakni Thailand, Singapura, Filipina, dan Timor Leste.

Timnas Indonesia pun baru akan memainkan laga perdananya pada Jumat (09/11/18) malam nanti. Skuat asuhan Bima Sakti bakal menghadapi perlawanan Singapura di Stadion Nasional Singapura.

Baca Juga

Menatap laga nanti, Timnas Indonesia jelas perlu melakukan persiapan matang. Termasuk dengan menerka kekuatan skuat Singapura dan menyiapkan strategi terbaik untuk melawannya.

Bila berbicara tentang kekuatan skuat Singapura, mereka diketahui memiliki beberapa pemain berkualitas. Bahkan, beberapa pemain itu merupakan hasil didikan sepak bola jebolan Eropa.

Lalu, siapa sajakah para pemain jebolan Eropa yang dimaksudkan tersebut? Berikut INDOSPORT mencoba merangkumnya.


1. Ikhsan Fandi

Ikhsan Fandi penyeran Timnas Singapura U-19.

Sosok pemain pertama yang masuk ke dalam daftar ini ialah Ikhsan Fandi. Ia merupakan pemain yang juga sekaligus merupakan anak dari pelatih Singapura, Fandi Ahmad.

Bila berpikir masuknya Ikhsan ke skuat Singapura lantaran unsur nepotisme ayahnya, mungkin itu terlalu berlebihan. Pasalnya, Ikhsan memang diketahui memiliki kualitas permainan yang menawan.

Baca Juga

Buktinya, Ikhsan pernah menjalani pendidikan sepak bola di klub Eropa. Pada 2013 lalu, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini pernah merumput bersama klub kasta kedua Liga Spanyol, Hercules CF.


2. Irfan Fandi

Pemain Young Lions FC, Irfan Fandi

Pemain kedua yang masuk ke dalam daftar bernama Irfan Fandi. Pemain yang satu ini juga merupakan anak dari pelatih Singapura, Fandi Ahmad, sekaligus kakak dari Ikhsan Fandi.

Tak ada unsur nepotisme keluarga yang membuat Irfan bisa masuk ke dalam skuat Singapura. Sebab, Irfan memang mempunyai kualitas permainan yang cukup berkualitas.

Baca Juga

Sebagai bukti, kualitas permainan Fandi pernah diakui oleh jagat sepak bola Eropa. Pemain yang berposisi sebagai bek ini pada 2013 lalu diketahui pernah merumput bersama adiknya di klub kasta kedua Liga Spanyol, Hercules CF.


3. Adam Swandi

Pemain Singapura, Adam Swandi.

Pemain berusia 22 tahun ini berhasil masuk ke dalam jajaran pemain Singapura yang dibawa ke Piala AFF 2018. Ia pun diketahui juga memiliki kualitas permainan yang cukup menawan.

Ya, Adam Swandi jadi salah satu pemain Singapura yang namanya cukup terkenal di sepak bola Eropa sana. Ia pun diketahui pernah menimba ilmu bersama beberapa klub top Eropa, seperti Chelsea dan Newcastle United.

Baca Juga

Bahkan saking hebatnya, ia pernah ditawari sodoran kontrak berdurasi satu tahun oleh Atletico Madrid dan Ajax Amsterdam. Namun, Adam justru menolak tawaran kontrak yang ada, dan memilih untuk bermain di klub Liga Prancis, FC Metz.


4. Hariss Harun

Gelandang Timnas Singapura, Hariss Harun

Ia diyakini menjadi tulang punggung Singapura dalam gelaran Piala AFF 2018 nanti. Ia pun kemungkinan besar dipercaya memegang jabatan kapten dari tim Singapura.

Wajar bila semua tanggung jawab itu dibebankan kepada sosok Hariss Harun. Bagaimana tidak, Hariss diketahui memiliki kualitas permainan menawan dan diakui oleh klub-klub Eropa.

Baca Juga

Ya, sama masih berstastus junior, pemain berusia 27 tahun tersebut pernah menjalani karier sepak bola bersama Barcelona. Bahkan tahun lalu ia pernah dipinjam oleh klub kasta kedua Liga Spanyol, CE L'Hospitalet.

Terus Ikuti Berita Seputar Piala AFF 2018 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM