x

Terkuak! Thailand Pernah Bantu Timnas Indonesia Lolos dari Babak Grup Piala AFF

Minggu, 18 November 2018 15:03 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Para pemain Timnas Indonesia tertunduk lesu setelah dibobol Thailand.

INDOSPORT.COM - Kekalahan Timnas sepak bola Indonesia di laga ketiga Grup B Kejuaraan sepak bola Piala AFF 2018 membuat peluang untuk lolos ke semifinal mulai menipis, karena sangat bergantung pada dua laga sisa Thailand.

Tapi ternyata, terkuak sebuah fakta kalau Thailand sebelumnya pernah membantu Timnas Indonesia untuk lolos dari babak grup.

Memang lebih enak kalau kelolosan dari babak grup ditentukan oleh diri sendiri, tapi apa daya dua kekalahan di fase grup telah menempatkan skuat asuhan Bima Sakti berada dalam kondisi yang sulit.

Peluang lolos masih ada dengan beberapa syarat yang harus terpenuhi.

Baca Juga

Syarat pertama adalah harus meraih kemenangan telak atas Filipina agar dapat memperbaiki produktivitas gol. Seperti yang kita tahu, produktivitas gol akan menjadi salah satu penentu kelolosan dari babak grup Piala AFF 2018.

Tapi menang telak atas Filipina saja tidak akan cukup dan menjadi sia-sia apabila Thailand tidak berhasil mengalahkan Singapura dan Filipina dengan skor telak minimal lebih dari satu gol.  Dengan kata lain, saat ini Timnas Indonesia sangat membutuhkan bantuan dari Thailand.


1. Timnas Indonesia Utang Budi Pada Piala AFF 2016

Sarawut Masuk saat merayakan golnya.

Di Piala AFF 2016, Timnas Indonesia juga pernah alami situasi sulit untuk lolos dari babak grup. Kekalahan dari Thailand dan hasil imbang dari Filipina membuat Timnas Indonesia harus menang atas Singapura.

Selain menang, Timnas Indonesia juga berharap Filipina yang bertindak sebagai tuan rumah harus kalah dari Thailand.

Pasalnya jika Filipina menang atas Thailand, poinnya akan menjadi 5 dan tidak akan bisa dikejar oleh Timnas Indonesia meski menang atas Singapura.

Baca Juga

Hasilnya Thailand yang bertindak sebagai tamu mampu tampil luar biasa dengan megalahkan Filipina melalui gol semata wayang Sarawut Masuk.

Timnas Indonesia yang berhasil kalahkan Singapura pun lolos sebagai runner-up menemani Thailand dengan 4 poin unggul atas Filipina (2 poin).

Saat ini Timnas Indonesia kembali dihadapkan pada situasi yang nyaris serupa, harus menang di laga terakhir sembari berharap Thailand bisa mengalahkan Singapura dan Filipina.

Thailand sudah pernah melakukannya untuk Timnas Indonesia dua tahun lalu, apakah akan terulang lagi di tahun ini?.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM