x

Tuduhan Persib Dihancurkan Hingga Persebaya Menggila, 4 Momen Mencengangkan Jelang Liga 1 Berakhir

Senin, 19 November 2018 11:55 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM – Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018, akan segera memasuki pekan ke-32. Artinya, kurang dari tiga pekan lagi liga sepak bola Indonesia akan memiliki juara. Jelang berakhirnya Liga 1, ini 4 momen mencengangkan yang terjadi, termasuk tuduhan Persib dan Persebaya yang menggila.

Persaingan perebutan gelar juara Liga 1 2018 telah mengerucut kepada dua tim, yakni PSM Makassar dan Persija Jakarta. Meskipun begitu, Persib Bandung dan Bhayangkara FC masih bisa menikung sewaktu-waktu apabila dua tim tersebut terperosok.

Sejumlah drama terjadi di pekan akhir Liga 1 2018. Beberapa tim elite harus terjengkal oleh tim papan bawah sehingga membuat mereka semakin sulit mengejar mahkota juara.

Baca Juga

Terbaru, Persib Bandung yang sangat membutuhkan kemenangan harus kalah telak dari PSIS Semarang. Sebelumnya, Persija Jakarta nyaris meraih kemenangan di kandang PSM Makassar dan menipiskan jarak di antara keduanya.

Di sisi lain, kejutan terjadi dari beberapa tim yang pada awalnya terpuruk di papan bawah. Mereka mampu bangkit di saat-saat terakhir dan mulai merangkak menjauhi zona degradasi.

Berikut INDOSPORT merangkum 4 momen mencengangkan jelang berakhirnya kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 2018.


1. 1. Persib Bandung Kalah Telak Lawan PSIS Semarang

PSIS Semarang vs Persib Bandung. dalam lanjutan laga Liga 1 pekan ke-31.

Persib Bandung sangat membutuhkan kemenangan usai kalah di laga kandang melawan PSMS Medan dengan skor tipis 0-1, Jumat (09/11/18) lalu.

Sayangnya, Persib Bandung gagal memaksimalkan pertandingan melawan PSIS Semarang, Minggu (18/11/18) kemarin. Mereka kembali kalah dengan skor mencolok 0-3.

Baca Juga

Hasil tersebut membuat Persib Bandung gagal menggeser Persija Jakarta di peringkat kedua. Selain itu, peluang mereka meraih gelar juara juga kian menipis.


2. 2. Mario Gomez Tuduh ‘Seseorang’ Hancurkan Persib Bandung

Roberto Carlos Mario Gomez

Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, sudah sering mengungkapkan kekesalannya terhadap atmosfer sepak bola Indonesia yang tidak bersih.

Selain itu, pelatih asal Argentina tersebut juga menuding ada pihak yang ingin menghancurkan Persib Bandung. Namun demikian, Mario Gomez menekankan jika federasi PSSI tidak bisa sepenuhnya disalahkan.

Adapun yang bermasalah ialah oknum-oknum yang berada di dalamnya sehingga mereka yang harus diperangi bersama untuk kebaikan sepak bola Indonesia ke depannya.

Baca Juga

“Ini bukan lembaganya, bukan PSSI-nya, tapi sosoknya. Untuk mengetahui musuh, kalian harus mengingat wajah dan nama, bukan federasinya. PSSI bersih tapi orangnya yang tidak bersih, nama dari mereka-mereka ini yang tidak bersih,” beber Mario Gomez.

“Saya juga suka mengingat wajah dari wasit, beberapa ada yang bekerja dengan baik, kesalahan kecil itu hal normal karena mereka manusia, tapi saya ingat siapa yang selalu memberi keuntungan bagi segelintir tim.”


3. 3. Sempat Unggul 2-0, Persija Jakarta DiImbangi PSM Makassar

PSM Makassar vs Persija Jakarta

Persija Jakarta memiliki misi besar ketika bertandang ke markas PSM Makassar, Jumat (16/11/18) lalu, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Kemenangan akan membuat mereka menipiskan jarak menjadi 1 poin dengan Juku Eja sebagai pemuncak klasemen sementara Liga 1 2018.

Misi tersebut terasa tidak lagi mustahil ketika Persija Jakarta mampu unggul cepat di babak pertama dengan skor 0-2.

Akan tetapi, PSM Makassar mampu secara perlahan-lahan menyamakan kedudukan. Gol Zulham Zamrun akhirnya memastikan Persija Jakarta hanya membawa pulang 1 angka dari Stadion Andi Mattalatta.

Baca Juga

Persija Jakarta tidak jadi menipiskan jarak dengan PSM Makassar dan masih tertahan di peringkat keempat. Meskipun begitu, mereka setidaknya masih menyisakan satu pertandingan sisa lebih banyak dari Juku Eja.

4. Nyaris Degradasi, Persebaya Surabaya Menggila di Akhir Musim

Persebaya Surabaya pada awal hingga pertengahan musim harus terpuruk di bawah asuhan Angel Alfredo Vera. Mereka bahkan sempat menghuni papan bawah dan nyaris terpuruk di zona degradasi.

Akan tetapi, Djadjang Nurjaman datang bak pahlawan bagi Persebaya Surabaya. Mereka kembali menunjukkan tajinya sebagai salah satu tim elite di kompetisi sepak bola Indonesia.

Di akhir musim Liga 1 2018, Persebaya Surabaya mampu mengalahkan tim-tim papan atas, seperti PSM Makassar, Persija Jakarta, Persib Bandung, dan Bali United.

Baca Juga

Tidak hanya itu, kemenangan yang mereka raih selalu didapatkan dengan skor yang mencolok. Bajul Ijo bahkan mampu mengalahkan dua calon juara Liga 1 2018, PSM Makassar dan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo dengan skor 3-0.

Terakhir, Persebaya Surabaya sukses mempermalukan Bali United di kandang sendiri dengan skor 5-2, Minggu (18/11/18) kemarin.

Rentetan kemenangan besar tersebut membuat Persebaya Surabaya ini naik ke peringkat tujuh klasemen sementara Liga 1 2018 dengan raihan 44 poin.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di di INDOSPORT.COM

Persebaya SurabayaPersib BandungPersija JakartaPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini