x

Piala Dunia Akan Digelar Setiap 2 Tahun?

Minggu, 25 November 2018 09:21 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Trofi Piala Dunia.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola terbesar di planet bumi ini, Piala Dunia yang biasanya digelar setiap 4 tahun sekali rencananya akan berubah menjadi setiap 2 tahun sekali.

Dilansir dari berita sports, FourFourTwo, wacana ini tengah dipertimbangkan oleh Federasi Sepak Bola Dunia, FIFA.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden CONMEBOL (Federasi Sepak Bola Amerika Selatan), Alejandro Dominguez.

Baca Juga

Sebenarnya, rencana Piala Dunia akan digelar setiap 2 tahun sekali sudah lama dipikirkan oleh mantan Presiden FIFA, Sepp Baltter di tahun 1999 silam. Sayangnya, saat itu rencana Blatter tak banyak mendapat banyak dukungan.

“Saya tidak pernah bilang menolak, saya hanya katakan kenapa tidak (untuk gelar Piala Dunia setiap 2 tahun)?” imbuh Dominguez.

Alejandro Dominguez, Presiden CONMEBOL.

“Kami selalu mau punya Liga Bangsa-bangsa (UEFA National League) dan kami sedang membuat proposal itu untuk FIFA, yaitu Piala Dunia setiap 2 tahun.”

“Jika format ini ada, maka ini akan lebih baik daripada Liga Bangsa-bangsa dan jika masih menggunakan format lama (setiap 4 tahun), maka banyak pemain yang tidak punya kesempatan untuk bermain lebih dari 2 kali, jadi itulah peluang yang kami lihat,” tutupnya.

Prancis mengangkat trofi Piala Dunia 2018.

Rencananya, wacana ini akan dicoba pada Piala Dunia 2026 atau tepatnya setelah Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar.

Memang bisa saja pada tahun 2024 sudah bisa digelar andai FIFA siap meresmikannya.

Baca Juga

Namun tentu banyak hal yang perlu mereka pertimbangkan secara matang, hingga tidak heran jika rencana ini baru akan dimulai pada tahun 2026 mendatang.

Sekedar mengingatkan, kompetisi Piala Dunia selalu meramaikan seluruh berita olahraga di planet bumi ini sejak tahun 1930 silam.

Sejak saat itu hingga kini, ada 8 negara yang berhasil keluar menjadi juaranya. Mereka adalah Brasil (5 kali), Jerman dan Italia (4 kali), Argentina, Prancis, dan Uruguay (2 kali), serta Inggris dan Spanyol (1 kali).

Ikuti terus berita bola internasional di INDOSPORT.COM

Piala DuniaBola InternasionalPiala Dunia 2026

Berita Terkini