x

Rekap Hasil Prestasi Timnas Indonesia Sepanjang Tahun 2018

Senin, 26 November 2018 14:48 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia menutup tahun 2018 dengan melaju ke babak semifinal Piala AFF 2018 sekaligus gagal memenuhi target juara yang diberikan.

Hasil buruk yang didapat anak asuh Bima Sakti Tukiman itu juga seakan melengkapi kegagalan Indonesia dalam beberapa kejuaraan yang dilalui sepanjang tahun 2018 ini.

Melakoni enam turnamen internasional dalam berbagai level umur, Timnas Indonesia praktis hanya sekali mampu melampaui target yang mereka emban di awal turnamen.

Baca Juga

Kegagalan itu terjadi mulai dari PialaA FF U-19, Asian games, Piala AFC U-16 hingga terakhir di Piala AFF 2018 yang masih bergulir hingga saat ini.

Berikut INDOSPORT merangkum hasil Timnas indnesia di enam turnamen internasional yang dilalui sepanjang 2018 ini.


1. Piala AFF U-19 dan U-16

Selebrasi Indonesia setelah menjuarai Piala AFF U-16.

Piala AFF U-19

Tanda-tanda kegagalan mulai terlihat ketika di laga terakhir fase grup, Timnas Indonesia U-19 justru harus takluk dari Thailand dan harus menyerahkan tampuk pimpinan klasemen ke tangan pesaingnya itu. Steelah di tiga laga awal bisa meraih kemenangan.

Memang Timnas Indonesia akhirnya bisa melaju ke semifinal sebagai runner up, namun itu membuat mereka harus berhadapan dengan juara grup B, Malaysia. Tim yang kemudian mengalahkan Timnas Indonesia lewat drama adu penalti di semifinal.

Beruntung akhirnya diperbeutan juara ketiga, Timnas bisa balik mengalahkan Thailand 2-1 dan berhak atas status juara ketiga Piala AFF U-19 2018. Status yang sayangnya tak bisa menlampaui target awal yang ditetapkan.

Piala AFF U-16 

Usai gagal di level U-19, pada bulan yang sama Timnas Indonesia U-16 langsung bisa membalasnya dnegan gelar juara di Piala AFF U-16 2018.

Keberhasilan itu didapat Supriadi dna kawan-kawan dnegan penampilan yang luar biasa. Menjadi juara grup A dengan tak sekalipun mengalami kekalahan, menang atas Malaysia di semifinal hingga akhirnya menaklukan Thailand lewat drama adu penalti.

Gelar juara Piala AFF U-16 2018 ini, berarti anak asuh FAkhri Husaini berhasil mencapai target yang memang mereka tetapkan sejak awal. Keberhasilan yang merupakan satu-satunya yang dicapai Timnas Indonesia selama tahun 2018 ini.


2. Asian Games dan Piala AFC U-16

Para pemain Timnas Indonesia U-23 yang membandel akan mendapatkan denda selama Asian Games 2018.

Asian Games 2018

Sebagai tuan rumah, target maelaju hingga semifinal diberikan kepada Timnas Indonesia. Namun meski bisa menjadi juara grup A mengungguli Hongkong dan Palestina, Timnas Indonesia harus bernasib sial lantaran kalah adu penalti di fase 16 besar menghadapi negara Timur Tengah, Uni Emirates Arab (UEA).

Kegagalan ini pula yang membuat PSSI akhirnya mengevaluasi perpanjangan kontrak pelatih Luis Milla. Meski belakangan PSSI balik menawarkan perpanjangan kontrak tersebut, yang akhirnya juga urung terealisasi.

Piala AFC U-16 2018
Usai menjadi juara di Piala AFF U-16, Timnas Indonesia U-16 juga berhasil melakoni laga-laga awal Piala AFC U-16 dengan hasil maksimal.

Menjadi juara grup C ungguli India dan Iran, sayang Bagus Kajfi dan kawan-kawan kemudian harus menyerah atas Australia U-16 di abbak 16 besar dengan skor 2-3.

Dengan kekalahan tersebut, Timnas Indonesia U-16 kembali gagal memenuhi target awal yang diberikan, yakni melaju hingga babak semifinal.


3. Piala AFC U-19 dan Piala AFF

Tampak sedih seluruh pemain & pelatih Timnas Indonesia usai gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2018

Piala AFC U-19 

Sedikit lebih baik dari pencapaian tim U-16, Timnas Indonesia U-19 berhasil mencatatkan prestasi lebih baik di Piala AFC U-19 2018.

Namun pencapaian hingga babak prempatfinal itu pun tak mampu melapaui taget babak semifinal yang diberikan.

Timnas Indonesia U-19 saat itu gagal setelah ditaklukan tim kuata sal Asia Timur, jepang U-19 dnegan skor dua gol tanpa balas.

Piala AFF 2018

Datang dengan target juara, nyatanya timnas Indonesia harus hancur lebur di Piala AFF 2018. Hanya sekali meraih kemenangan dari empat laga yang dilalui, Timnas Indonesia harus puas angkat koper sejak dari fase grup.

Kegagalan ini sebenarnya lebih terdengar realistis dibanding target juara itu sendiri. Mengingat beberapa masalah memang menghinggapi tim asuhan Bima Sakti itu sejak sebelum kompetisi dimulai.

Piala AFC U-19Timnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF U-16 2018Piala AFF 2018Piala AFF U-19 2018Timnas Indonesia U-19TRIVIAPiala AFC U-16

Berita Terkini