x

Suka Duka Ulang Tahun ke-90 Persija Jakarta, dari Mengejar Juara hingga Tewasnya Haringga

Rabu, 28 November 2018 12:20 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola kasta tertinggi sepak bola Liga Indonesia, Persija Jakarta, hari ini, Rabu (28/11/18), merayakan hari ulang tahun yang ke-90.

Usia 90 tahun tentu bukanlah waktu yang sebentar bagi suatu klub dalam mengarungi samudera sepak bola Tanah Air. Sejak 1928, Persija Jakarta berhasil mempertahankan eksistensi dengan meraih prestasi yang dibuktikan dengan satu bintang di atas logo klub mereka.

Tahun ini, manajemen Persija Jakarta mengusung tema ’90 Tahun, Simbol Kebanggaan dan Kejayaan’ untuk menyambut hari jadi tim asal ibu kota tersebut.

Baca Juga

Hal itu sejalan dengan target mereka musim ini dalam meraih gelar juara Liga 1 2018. Persija Jakarta memiliki momentum yang tepat untuk menjadi kampiun di usia 90 tahun.

Meskipun begitu, ulang tahun ke-90 Persija Jakarta tidak hanya diwarnai suka cita. Ada pula duka yang melingkupi mereka di usia senja klub sepak bola Indonesia.

Di balik perjuangannya meraih gelar juara, ada setumpuk masalah yang menghantui mereka. Persoalan tersebut tidak jarang menjadi duka yang mendalam bagi mereka.


1. Perjuangan Mengejar Juara Liga 1 2018

Selebrasi Marko Simic setelah mencetak gol pertama untuk Persija ke gawang Sriwijaya FC di laga pekan ke-32 Liga 1 2018.

Mengejar Juara Liga 1 2018

Persija Jakarta tengah berada di jalur juara memasuki pekan ke-33 Liga 1 2018. Mereka bersaing sengit dengan PSM Makassar sebagai dua kandidat terkuat peraih mahkota juara musim ini.

Macan Kemayoran masih menyisakan dua laga tersisa menghadapi Bali United dan Mitra Kukar. Kemenangan menjadi harga mati bagi pasukan Stefano Cugurra Teco sembari berharap pesaingnya terpeleset di sisa dua pekan terakhir.

Jika mampu meraih juara, mereka akan mengulangi kenangan manis pada tahun 2001 saat sukses meraih juara Liga Indonesia.

Di sisi lain, Persija Jakarta setidaknya dapat sedikit lega dengan kepastian menggenggam tiket di kompetisi AFC Cup musim depan.

Baca Juga

Pemain Kerap Dipanggil Timnas Indonesia

Perjuangan Persija Jakarta meraih juara musim ini kerap terganggu dengan adanya agenda Timnas Indonesia. Jadwal tim nasional dan Liga 1 yang kerap berbenturan turut berdampak ke klub.

Sejumlah pemain kunci Persija Jakarta kerap dipanggil ke Timnas Indonesia ketika Liga 1 sedang bergulir. Kehilangan kiper Andritany Ardhiyasa sempat membuat lini pertahanan Macan Kemayoran rapuh.

Belum lagi, di pekan terakhir Liga 1 mereka juga kehilangan Riko Simanjuntak yang tampil bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Beruntung, mereka bisa kembali lebih cepat usai tim Merah Putih tersingkir di babak penyisihan grup.


2. Duka Haringga Sirla dan Persija Jakarta

Haringga Sirla, korban oknum pengeroyokan di wilayah Stadion GBLK

Kepergian Haringga Sirla

Persija Jakarta harus berduka pada akhir bulan September lalu. Seorang Jakmania bernama Haringga Sirla meninggal dunia akibat kasus pengeroyokan di halaman Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Peristiwa tersebut kembali meninggalkan luka mendalam tidak hanya untuk Persija Jakarta, tetapi bagi seluruh pencinta sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Sanksi Komdis PSSI

Persija Jakarta turut kerap menerima sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI berupa denda atau larangan bertanding kepada sejumlah pemain.

Beberap pemain Persija Jakarta sempat mendapatkan sanksi larangan bertanding. Akibatnya, penampilan Macan Kemayoran kerap tidak konsisten.


3. Janji Stadion Baru

Stadion BMW.

Persija Jakarta hingga kini masih belum memiliki stadion sendiri. Nahas memang untuk klub sebesar Persija Jakarta terkadang harus menjadi tim musafir di Liga 1.

Namun demikian, harapan untuk mempunyai stadion baru perlahan mulai menemui titik terang. Stadion baru rencananya akan mulai digarap tahun 2019 oleh Jakpro.

Baca Juga

Dilansir dari Kompas.com, DPRD DKI Jakarta akhirnya menyetujui rencana pembangunan stadion internasional di Taman BMW, Sunter setelah Badan Anggaran (Banggar) mereka menyepakati penyertaan modal daerah (PMD) yang dikerjakan oleh Jakpro dalam rancangan APBD DKI Jakarta 2019.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di di INDOSPORT.COM

Persija JakartaLiga IndonesiaLiga 1Haringga Sirila

Berita Terkini