x

PSM Makassar Ternyata Beri 'Bantuan' untuk Persija Jakarta di Liga 1 2018

Minggu, 9 Desember 2018 12:42 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Persija Jakarta vs PSM Makassar

INDOSPORT.COM - Kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 akan berakhir hari ini, Minggu (09/12/18). Dua pertandingan penentu, yaitu Persija Jakarta vs Mitra Kukar dan PSM Makassar vs PSMS Medan akan dimainkan serentak pada pukul 15.30 WIB nanti.

Dua pertandingan tersebut memang menjadi penentu, siapakah yang akan menyabet gelar juara Liga 1 2018. Pasalnya, Persija saat ini berada di puncak klasemen dengan hanya selisih satu poin dari PSM Makassar yang berada di urutan kedua.

Jika Persija Jakarta berhasil menggulung Mitra Kukar, Macan Kemayoran akan jadi juara Liga 1 2018. Sebaliknya, jika kalah dan PSM Makassar berhasil menang atas PSMS Medan, status juara akan jatuh pada skuat Juku Eja.

Baca Juga

Jika Persija Jakarta menjadi juara tentu ada saja pihak yang tidak senang. Apalagi PSM Makassar yang ternyata setelah INDOSPORT selidiki, mereka membantu Persija Jakarta di musim ini.

Seperti apa bantuan PSM Makassar kepada Persija musim ini? Berikut kami beritahu kepada para pembaca setia.


1. 'Bantuan' PSM ke Persija Jakarta

Pemain Persija, Shahar Ginanjar.

Pada akhir Juli 2018, Persija Jakarta kedatangan kiper anyar yang kita kenal bernama Shahar Ginanjar. Shahar didatangkan untuk menjadi opsi lain Stefano Cugurra Teco di posisi kiper.

Pasalnya, saat Andritany Ardhiyasa cedera di tengah musim, dua kiper pelapis lainnya, Rizky Darmawan dan Daryono beberapa kali blunder saat dimainkan.

Kiper yang ternyata juga eks Persib Bandung itu, ternyata gabung ke Persija Jakarta dari PSM Makassar dengan status pinjaman hingga akhir musim Liga 1 2018.

Baca Juga

"Ya, Shahar resmi menjadi bagian Persija dengan status pinjaman sampai akhir musim. Nantinya, jika evaluasi tim pelatih dia bagus, akan mendapatkan kontrak di tahun berikutnya," jelas Direktur Utama Persija, Gede Widiade kepada awak wartawan, Juli 2018.

Peminjaman Shahar ke Persija di tengah buruknya para pelapis Andritany Ardhiyasa diyakini menjadi langkah tidak tepat bagi PSM Makassar. Melihat persaingan ketat di akhir musim ini untuk gelar juara Liga 1 2018.

Apalagi, berdasarkan situs Transfermarkt, penampilan Shahar Ginanjar bersama Persija cukup gemilang. Tampil sebanyak 12 kali, Shahar mencatat lima kali clean sheet dan hanya kebobolan 14 gol.

Baca Juga

Jika memang juara, Persija Jakarta bisa berterimakasih kepada PSM Makassar telah meminjamkan Shahar ke skuat mereka yang ternyata kontribusinya sangat berarti.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persija JakartaPSM MakassarMacan KemayoranShahar GinanjarLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1

Berita Terkini