x

3 Hal Yang Mungkin Terjadi Seandainya Lionel Messi Gabung Serie A Italia

Rabu, 12 Desember 2018 04:34 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Abdurrahman Ranala
Lionel Messi saat hendak melakukan tendangan bebas vs Espanyol.

INDOSPORT.COM - Cristiano Ronaldo menyarankan eks rival abadinya di La Liga Lionel Messi mengikuti jejaknya dengan bergabung di Serie A Italia. 

Ronaldo pindah ke Juventus dari Real Madrid musim panas ini. Sekalipun usianya sudah 33, tidak ada tanda-tanda kemampuannya menurun. Bahkan masih moncer dengan mencetak 10 gol Serie A dalam 14 laga. Wajar saja Los Blancos tengah pusing mencari mesin gol yang sepadan dengan pemain Portugal ini.

Messi sendiri di Barcelona terbukti masih oke dengan mencetak 11 gol di La Liga Spanyol. Sekalipun dominasi mereka berdua tahun ini di Ballon d'Or dipatahkan Luka Modric, namun semua setuju bahwa Ronaldo dan Messi masih menjadi salah satu yang terbaik.

Baca Juga

Apa yang bakal terjadi seandainya Messi benar-benar mengikuti jejak Ronaldo ke Italia? Berikut INDOSPORT rangkum dari Sportskeeda.


1. Mendongkrak Popularitas Serie A Italia

Lionel Messi saat hendak melakukan tendangan bebas vs Espanyol.

Di era 1990an, Serie A Italia menjadi kompetisi sepak bola yang menarik dan selalu dinanti (selain Liga Primer Inggris). Semua tentu mengenal nama-nama legendaris seperti Paolo Maldini, Gianluigi Buffon, Gabriel Batistuta, Zinedine Zidane, Alessandro del Piero dan banyak lagi.

Kehadiran Ronaldo ke Juventus jelas membawa efek luar biasa. Kaos bertuliskan namanya saja ludes dalam waktu singkat. Ini membuktikan bahwa seorang pemain bisa mendongkrak daya jual suatu klub atau kompetisi.

Baca Juga

Sama saat David Beckham merumput di Real Madrid. Penampilannya tidak sekinclong saat di Manchester United (walau tidak buruk juga). Namun, dari sisi komersil legenda Inggris ini mampu menaikkan popularitas Los Blancos.

Terbayang kan jika Messi juga ke Italia?


2. Rivalitas Berlanjut

Cristiano Ronaldo (kiri) pemain megabintang Juventus dan Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona.

Di La Liga Spanyol, jelas banyak pemain bagus. Namun, fokus pecinta sepak bola selalu tertuju pada rivalitas Cristiano Ronaldo (saat masih di Real Madrid) dan Messi. 

Laga El Clasico selalu menjadi perdebatan mana yang lebih bagus, padahal pemain lain juga punya peran yang tak kalah penting. 

Baca Juga

Dengan hadirnya Messi di Serie A Italia, maka tentu akan melanjutkan persaingan dengan Ronaldo. Kira-kira apakah bakal seseru di La Liga Spanyol?


3. Kehancuran Barcelona

Selebrasi Ousmane Dembele saat berhasil mencetak gol ke gawang Tottenham.

Barcelona tanpa Messi jelas hal yang tak terlintas oleh banyak orang, bahkan mereka yang tak terlalu mengikuti sepak bola sekalipun. Wajar saja mengingat pencapaian striker mungil Argentina ini bersama raksasa Katalan.

Rekan-rekan Messi meninggalkan Camp Nou satu per satu. Dari Xavi, Andres Iniesta, Dani Alves, Pedro, hinggan Neymar. Tetapi Messi tetap memberikan yang terbaik bagi Barcelona dan tidak terhitung lagi rekor yang ditorehkannya.

Baca Juga

Seandainya Messi benar-benar ke Serie A Italia, Barcelona bisa jadi akan limbung. Ini saking tergantungnya mereka terhadap sosok Messi, sama seperti Real Madrid dan Ronaldo.

Ikuti Terus Berita Serie A Italia dan Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Real MadridCristiano RonaldoBarcelonaLionel MessiSerie A ItaliaJuventusLiga ItaliaTRIVIA

Berita Terkini