x

Keren! 7 Tim Liga 1 Ini Tidak Pernah Terdegradasi ke Kasta Bawah

Kamis, 13 Desember 2018 17:45 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
7 klub yang belum pernah turun kasta

INDOSPORT.COM - Kompetisi tertinggi sepak bola Liga 1 2018 baru saja berakhir. Dengan Persija Jakarta menjadi juara musim ini.

Persija Jakarta menjadi juara dengan memuncaki klasemen Liga 1 2018 dengan torehan 62 poin, sementara di bawahnya ada PSM Makassar yang mengantongi 61 poin.

Selain dua posisi teratas, ada juga Bhayangkara FC yang berhasil finish di urutan ketiga menggeser Persib Bandung. Bhayangkara FC berpeluang untuk ke Piala AFC.

Baca Juga

Selain posisi papan atas, di posisi zona degradasi juga sudah sebanyak tiga tim yang resmi turun kasta ke Liga 2 2019. Yaitu PSMS Medan, Sriwijaya FC dan Mitra Kukar.

Terlepas dari itu, ternyata dari perhelatan Liga 1 2018, muncul sebanyak tujuh tim yang tidak pernah terdegradasi ke kasta kedua sepak bola Indonesia.


1. 7 Klub Tidak Pernah Terdegradasi

Logo Liga 1 2018

Tercatat sejak musim kompetisi profesional, yaitu Indonesia Super League tahun 2008/09, ada sebanyak tujuh klub yang tidak pernah terdegradasi ke divisi kedua.

Yaitu Persija Jakarta, Persib Bandung, PSM Makassar, Arema FC, Persipura Jayapura, Persela Lamongan dan Madura United, sebagai tim yang tidak pernah degradasi.

Untuk Madura United, yang terbilang nama baru di belantika sepak bola Indonesia, ternyata mereka merupakan Pelita Jaya yang merger dengan Bandung Raya menjadi Pelita Bandung Raya sebelum dijual dan berubah jadi Madura United.

Baca Juga

Terlepas dari itu, patut diapresiasi kiprah ketujuh klub di atas yang tidak pernah degradasi alias konsisten di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungPersija JakartaPersipura JayapuraPersela LamonganPSM MakassarMadura United FCLiga IndonesiaArema FCLiga 1

Berita Terkini