x

Termasuk Persib, 3 Klub Liga 1 Ini Bongkar Pemain Asingnya

Minggu, 16 Desember 2018 08:13 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
Jonathan Bauman dikawal ketat pemain Persela

INDOSPORT.COM – Kompetisi sepak bola Liga Indonesia atau Liga 1 musim 2018 telah berakhir. Sejumlah klub mulai kembali menata diri untuk mempersiapkan tim tahun depan.

Berbagai persiapan dilakukan untuk memperkuat skuat yang ada, mulai dari menentukan jajaran pelatih hingga bongkar-pasang pemain di bursa transfer. Beberapa pemain dipertahankan mengingat catatan apik musim 2018, namun tidak sedikit yang didepak lantaran minim kontribusi.

Para pemain asing yang berkompetisi di Liga 1 2018 hampir sebagian besar dikontrak selama satu musim. Otomatis masa berlaku mereka dominan berakhir pada Desember 2018.

Baca Juga

Alih-alih mempertahankan mereka untuk memperkuat kekompakan tim musim depan, ada sejumlah klub yang melepas hampir seluruh pemain asingnya. Tak ayal, hal tersebut menimbulkan pertanyaan besar.

Namun demikian, ‘kebiasaan’ itu sebetulnya bukan perkara baru di sepak bola Indonesia yang menganut mahzab kontrak satu musim. Klub mana sajakah yang membongkar hampir seluruh pemain asingnya?

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT.com merangkum 3 klub Liga 1 yang bongkar hampir semua pemain asingnya.


1. 1. Barito Putera

Sundulan mematikan dari pemain muda Ady Setiawan.

Kabar mengejutkan datang dari klub Barito Putera. Walau finis di papan tengah, Laskar Antasari resmi melepas seluruh pemain asingnya musim depan, yakni Douglas Ricardo Packer, Matias Jesus Cordoba, Marcel Sacramento, dan Aaron Michael Evans.

Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago, mengakui para pemain asingnya memang memiliki kualitas yang mumpuni. Akan tetapi, hal itu dirasa belum cukup memenuhi target yang dibebankan oleh manajemen.

Baca Juga

“Saya mengakui kemampuan teknis mereka sangat luar biasa. Tapi kita karena punya target yang lebih besar lagi, kita mencari pemain asing yang selain dari aspek teknis, bisa mengangkat tim saat timnya mengalami paceklik, masa kesulitan. Dan itu yang musim ini kita tidak temukan di sosok yang kita punya,” ujar Jacksen F. Tiago.

Sebagaimana diketahui Barito Putera menargetkan dapat menjadi juara Liga 1 2019 dan bermain di babak kualifikasi Liga Champions Asia 2020.


2. 2. Persib Bandung

Jonathan Bauman unjuk kebolehan di depan pelatih Mario Gomez.

Persib Bandung benar-benar melakukan perombakan besar musim depan. Maung Bandung mendepak jajaran pelatih mereka, Mario Gomez dan Fernando Soler, dan tiga pemain asingnya.

Direktur Keuangan PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono, mengungkapkan bahwa tiga pemain asing yang resmi dilepas ialah Jonathan Bauman, Bojan Malisic, dan Oh In-kyun. Sebagian besar dari mereka dilepas karena kontrak mereka telah habis pada Desember 2018 dan Januari 2019.

"Itu semua selesai tuh, Bojan, In-Kyun, Bauman selesai. Selesainya di Desember (2018) sama Januari (2019). Ada yang sudah pasti enggak, ada yang dipertimbangkan.”

Baca Juga

"(Yang enggak dipertahankan) kalian sudah tahu sendiri lah, kalian sudah bisa baca sendiri (In-Kyun) sudah selesai, (Bauman) kayaknya dengan tingkah laku kayak begitu enggak ya," ungkap Teddy Tjahjono.

Sementara itu, striker Ezechiel N'Douassel dipastikan akan kembali memperkuat Persib Bandung untuk menghadapi musim 2019. Kontrak pemain asal Chad itu baru akan berakhir pada 2020.


3. 3. Persela Lamongan

Persela vs Persipura.

Persela Lamongan sudah pasti melepas tiga pemain asingnya, yaitu Wallace Costa, Diego Assis, dan Loris Arnaud. Mereka terpaksa melepas ketiganya karena tidak adanya kesepakatan terkait kontrak.

Laskar Joko Tingkir mengaku tidak ingin membebankan pengeluaran terlalu besar agar bisa mempertahankan tiga legiun asing andalannya tersebut.

Baca Juga

Mereka dikabarkan akan menggelar seleksi kembali untuk mencari pemain asing musim depan. Meskipun kerap ditinggal penggawa asingnya, Persela Lamongan dikenal selalu saja bisa menelurkan pemain impor berkualitas.

Persela Lamongan merupakan klub yang membesarkan nama-nama pemain asing besar di Indonesia, seperti Fabiano Beltrame, Gustavo Lopez, Srdan Lopicic, dan Addison Alves.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di di INDOSPORT.COM

Persib BandungBarito PuteraPersela LamonganLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini