x

Detik-detik Tiga Gol 'Pengaturan Skor' ke Gawang Timnas Indonesia di Piala AFF 2010

Kamis, 20 Desember 2018 06:15 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Kekalahan Timnas Indonesia atas Malaysia di leg pertama final Piala AFF 2010 dengan skor 3-0 kembali menjadi perbincangan publik sepak bola Indonesia.

Berawal dari pernyataan manajer Timnas Indonesia kala itu Andi Darussalam Tabusala (ADS) di acara Mata Najwa yang menyebut adanya pengaturan skor di laga tersebut.

Beberapa suporter sepakbola nasional banyak yang menyerang media sosial Maman Abdurahman yang namanya disebut ADS dalam pernyataannya.

Baca Juga

"Saya mendapat info menarik soal kebenaran ada match fixing yang melibatkan Timnas Indonesia. Kawan-kawan saya (mafia bola) di Malaysia bercerita memang ada permainan pengaturan skor. Kata mereka 'bagaimana kami bisa menang Bang kalau tidak memainkan. kami sudah kalah di penyisihan',"  ADS menjelaskan, Rabu (19/12/18).

Meski mendapat pengakuan langsung dari orang yang tak disebutkan identitasnya itu, ADS mengaku tak bisa berbuat banyak karena tak memiliki bukti. Dirinya hanya bisa menduga-duga melali janggalnnya ketiga gol yang diciptakan Malaysia.

Baca Juga

"Tetapi saya tidak punya bukti untuk menuduh orang. Tetapi dari cara bermain, kita bisa melihat. Awal pertama, seharusnya Maman Abdurahman membiarkan bola dari Malaysia, karena bola akan offside, tetapi ia biarkan itu memberi kesempatan kepada pemain lawan di situlah muncul gol pertama. Gol kedua begitu juga," ujar Andi Darussalam.


1. Detik-detik Tiga Gol ke Gawang Timnas Indonesia

Gol Safee Sali ke gawang Timnas Indonesia di final Piala AFF 2010.

Untuk kembali mengingat ketiga proses terjadinnya gol Malaysia ke gawang Timnas Indonesia di Piala AFF 2010, berikut INDOSPORT melampirkan:

Gol Pertama dari Safee Sali Memanfaatkan Kesalahan Maman Abdurahman dalam menjaga pergerakan Norshahrul Idlan.

Gol Kedua Malaysia oleh Ashari Samsudin yang juga bermula dari gagalnnya pemain belakang menjaga pergerakan Norshahrul Idlan  di sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia.

Baca Juga

Gol Ketiga Malaysia oleh tandukan Safee Sali yang memanfaatkan bek Indonesia yang justru terpaku memperhatikan bola.

Terus Ikuti Berita Pengaturan Skor Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT

MalaysiaPengaturan Skor Pertandingan (match fixing)Maman AbdurrahmanTimnas IndonesiaAndi DarussalamLiga IndonesiaPiala AFF 2010Safee Sali

Berita Terkini