x

Marak Isu Match Fixing, APPI Keluarkan 3 Sikap Tegas

Jumat, 21 Desember 2018 05:28 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rafif Rahedian
Maman Abdurrahman, Ponaryo, dan Andi Darussalam Tabusalla di preskon APPI

INDOSPORT.COM - Sepak bola Indonesia belakangan ini ramai diperbincangkan karena ada indikasi match fixing atau pengaturan skor yang dilakukan di kompetisi Liga 2 dan 3.

Sejumlah narasumber, maupun saksi telah membeberkan beberapa fakta yang terjadi di lapangan hingga menyebut nama-nama yang terlibat, seperti Vigit Wahluyo.

Melihat hal ini, Asosiasi Pesepakbola Profesiobal Indonesia (APPI) yang berafiliasi dengan FIFPro atau asosiasi pesepakbola dunia menyatakan sikap untuk memerangi isu match fixing di Tanah Air. Setidaknya, ada tiga hal yang diinginkan oleh APPI agar menciptakan iklim sepak bola yang sehat.

CEO APPI, Ponaryo Astaman mengatakan pihaknya siap mendukung penuh kinerja pihak kepolisian, yang akan membentuk satgas khusus menyelidiki kasus match fixing, dan juga PSSI selaku induk sepak bola nasional dalam menangani kasus pengaturan skor. 

Baca Juga

1. 3 Sikap Tegas APPI

Ponaryo Astaman saat diwawancara pewarta.

Menurut Ponaryo tuduhan yang dilontarkan tanpa bukti akan membuat pemain atau pihak tertuduh merasakan tekanan hingga merembet ke keluarga.

Oleh sebab itu, APPI ingin pihak berwajib bisa menuntaskan semua kasus dugaan yang terjadi, agar bisa diketahui mana yang benar dan terbukti bersalah. "Semua pemain sudah sepakat akan bekerja sama dengan satgas dari Polri," kata Ponaryo.

"Isu seperti ini perlu penyelesaian yang komperensif, dan kami dukung Satgas yang akan dibentuk. Sebab ini jadi beban pemain dan itu adalah hukuman sosial yang rasanya berat buat mereka.”

“Diituduh penghianat itu paling pedih karena mereka sudah berjuang di dalam lapangan. Sangat mudah men-judge di media sosial dan karena bukan hanya pemain (yang merasakan) tapi keluarga besar semua merasakan," sambung Ponaryo.

Pernyataan Ponaryo itu pun diamini oleh Presiden APPI, Firman Utina. Ia menjelaskan jika pihaknya siap untuk membantu dan menyelesaikan masalah ini. Sebab sejauh ini hanya ada tuduhan yang kerap dilontarkan di media sosial.

Berikut 3 sikap APPI terkait isu match fixing:

1. APPI menolak dan menentang segala bentuk pengaturan skor atau match fixing dalam sepak bola Indonesia.

2. APPI akan membantu dan bekerja sama dengan petugas kepolisian (yang akan membentuk Satgas khusus) dalam penanganan kasus match fixing di sepak bola Indonesia.

3. APPI akan mendorong kepolisian untuk bersikap adil dalam penanganan kasus match fixing yang melibatkan pesepakbola Indonesia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.

Ponaryo AstamanAsosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI)Pengaturan Skor Pertandingan (match fixing)Liga IndonesiaLiga 2Liga 3

Berita Terkini