x

Disebut Luis Milla Tak Layak Bermain di Indonesia, Ini 3 Kehebatan Memukau Zulfiandi

Selasa, 1 Januari 2019 14:39 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
Zulfiandi resmi gabung Madura United

INDOSPORT. COM - Pemain sepak bola Indonesia, Zulfiandi baru saja merapat ke klub Liga 1, Madura United. Namun, pernyataan mengejutkan justru terungkap dari eks pelatih Zulfiandi di Timnas Indonesia, Luis Milla.

Ya, Zulfiandi bergabung ke Madura United setelah meninggalkan klub lamanya yang musim lalu terdegradasi dari Liga 1, Sriwijaya FC. Zulfiandi hijrah ke Madura United dengan durasi kontrak dua musim dan perpanjangan satu tahun opsional.

Kepindahan Zulfiandi ini ternyata mencuatkan satu fakta mencengangkan. Pihak Madura United lewat akun Twitter resminya mengungkap ucapan yang pernah dilontarkan Luis Milla tentang sosok Zulfiandi.

Baca Juga

Ucapan Luis Milla menyebut kalau Zulfiandi merupakan pemain yang tak layak merumput di Indonesia. Hal itu dikarenakan Zulfiandi punya kualitas permainan yang layak berlaga di kompetisi dengan level lebih tinggi.

“Luis Mila, eks pelatih Timnas bahkan pernah memuji pemain ini (Zulfiandi) tidak layak merumput di Indonesia, karena kualitasnya sudah layak bermain di kompetisi yang levelnya lebih tinggi seperti Eropa,” tulis Madura United.

Melihat ucapan Milla tersebut, pertanyaan yang kemudian muncul, seperti apa memang kehebatan permainan Zulfiandi? Bagi para penggila sepak bola yang penasaran akan jawabannya, berikut INDOSPORT.com punya rangkuman aksi-aksi kehebatan Zulfiandi.


1. Diakui di Level Regional Asia Tenggara

Egy Maulana Vikri (kiri) mengganggu pergerakan dari Zulfiandi (tengah).

Kehebatan kualitas permainan Zulfiandi sudah diakui di level regional Asia Tenggara. Khususnya bila melihat kiprah Zulfiandi ketika membela Timnas Indonesia di gelaran Piala AFF 2018.

Ya, Timnas Indonesia memang gagal lolos dari babak penyisihan grup kala itu. Namun, nama Zulfiandi disebut-sebut sebagai pemain berkelas yang menghiasi gelaran Piala AFF 2018.

Situs resmi AFF pernah merilis daftar nama pemain-pemain hebat di gelaran Piala AFF 2018. Pada daftar tersebut, tertera nama Zulfiandi sebagai pemain Timnas Indonesia yang punya kemampuan memukau.

“(Zulfiandi) pemain nomor 6 yang berkelas yang kemungkinan akan duduk di pangkal lini tengah (Timnas Indonesia) dengan formasi 4-1-2-3,” tulis situs tersebut.

Baca Juga

Situs AFF juga menyebut Zulfiandi memiliki pengalaman yang membuat pertahanan Timnas Indonesia semakin kuat. Zulfiandi juga dianggap mampu mengendalikan tempo permainan dengan baik.


2. Pengumpan Handal

Zulfiandi melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Thailand

Kehebatan Zulfiandi jelas bisa terlihat perannya sebagai pemain tengah. Kemampuannya dalam memberikan umpan-umpan akurat terbilang cukup memukau.

Bahkan, kualitas umpan Zulfiandi sudah diakui media asing, Fox Sports. Ya, dalam sebuah artikelnya beberapa waktu lalu, Fox Sports menyebut Zulfiandi ke dalam daftar pengumpan handal di tubuh Timnas Indonesia.

Kala itu, Fox Sports merangkum datanya berdasarkan penampilan Zulfiandi di Piala AFF 2018. Zulfiandi pun mencatatkan jumlah umpan yang fantastis.

Baca Juga

Zulfiandi selama gelaran Piala AFF 2018 mencatatkan 122 kali umpan. Dari sekian banyak percobaan itu, Zulfiandi menorehkan 106 umpan sukses atau presentase keakurasian umpannya 86,9 persen.


3. Tendangan Jarak Jauh

Zulfiandi.

Sebagai sosok jendral lapangan tengah, keunggulan Zulfiandi bukan hanya soal keakurasian umpan saja. Zulfiandi punya kemampuan lain yang patut diwaspadai para lawan-lawannya.

Ya, Zulfiandi punya kualitas dalam melepaskan tendangan jarak jauh. Sepakannya dari luar kotak penalti begitu keras dan tak jarang menghasilkan gol.

Baca Juga

Kualitas tendangan jarak jauh Zulfiandi begitu terlihat dalam gelaran Piala AFF 2018 lalu. Kala melawan Thailand, Zulfiandi menyumbangkan satu gol untuk Timnas Indonesia lewat skema sepakan dari luar kotak penalti.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga 1 Hanya di INDOSPORT.COM

ZulfiandiLuis MillaMadura United FCLiga Indonesia

Berita Terkini