x

3 Permasalahan Timnas Indonesia U-22 Jelang Piala AFF 2019

Senin, 7 Januari 2019 20:23 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
Timnas U-22 Latihan perdana di Lapangan ABC, Senayan, Senin (07/01/19)

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia U-22 baru saja dibentuk dan sudah menjalani latihan perdana pada Senin (07/01/19) di Lapangan ABC, Senayan. Akan tetapi, anak asuh pelatih Indra Sjafri sudah menemui masalah.

Piala AFF U-22 2019 di Kamboja pada 17 Februari mendatang akan menjadi ujian pertama Timnas Indonesia U-22. Timnas Indonesia U-22 tergabung satu grup dengan tuan rumah Kamboja, Malaysia, Myanmar, dan Singapura.

Persiapan yang minim lagi-lagi menjadi salah satu kendala. Indra Sjafri hanya punya waktu kurang dari dua bulan untuk menyusun komposisi tim terbaik.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-22 tidak boleh membuat malu jutaan pecinta sepak bola Indonesia meskipun tidak ditargetkan harus juara di Piala AFF U-22.

Walau diberi kelonggaran, ternyata Timnas Indonesia memiliki sejumlah permasalahan jelang Piala AFF U-22 2019. Apa sajakah problema tersebut?

Berikut portal berita sepak bola INDOSPORT.com merangkum 3 permasalahan Timnas Indonesia U-22 jelang Piala AFF U-22 2019.


1. Kesulitan Cari Lawan Uji Coba

Timnas U-22 Latihan perdana di Lapangan ABC, Senayan, Senin (07/01/19)

Timnas Indonesia U-22 kemungkinan tidak akan menjalani laga uji coba internasional karena masih kesulitan mencari calon lawan. Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, mengatakan bahwa pihaknya masih mencari negara yang bersedia menjadi lawan tanding skuat Garuda Muda.

"Uji coba kemungkinan ada di awal Februari (sebelum berangkat ke Piala AFF) namun lawan masih harus konfirmasi karena posisinya sangat mepet ke AFF. Maka perlu didiskusikan apakah uji coba luar negeri dilakukan," katanya.

Baca Juga

Sementara itu, pelatih Indra Sjafri akan berusaha memaksimalkan waktu yang ada sebelum berangkat ke Piala AFF U-22. Timnas Indonesia U-22 dikabarkan akan menjalani internal game di akhir pekan dan kemungkinan ada tiga kali uji coba melawan tiga lokal.

"Uji coba kalau lokal mungkin ada tiga. Nanti setiap minggu juga saya akan share, ada internal game-nya juga," ungkap mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 itu.


2. Fisik Pemain

Timnas U-22 Latihan perdana di Lapangan ABC, Senayan, Senin (07/01/19)

Indra Sjafri menjelaskan bahwa sejumlah pemain memiliki masalah pada fisik berupa kelebihan berat badan. Permasalahan tersebut merupakan dampak dari liburnya kompetisi.

Baca Juga

Kendati demikian, pelatih asal Sumatera Barat itu memaklumi kondisi tersebut. Ia telah menyiapkan program khusus agar berat badan para pemainnya kembali menjadi ideal.

"Kompetisi kita kan lagi off season jadi ada beberapa pemain yang kondisinya kayak kelebihan berat badan. Jadi yang belum prima itu wajar, tapi mulai hari ini dan ke depan mereka harus bekerja keras untuk lebih baik lagi," tuturnya.


3. Pemain Tidak Lengkap

Timnas U-22 Latihan perdana di Lapangan ABC, Senayan, Senin (07/01/19)

Latihan perdana Timnas Indonesia U-22 tidak diikuti oleh lima pemain dari total 38 nama yang dipanggil oleh pelatih Indra Sjafri. Lima pemain tersebut ialah Ezra Walian, Egy Maulana Vikri, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani, dan Firza Andika.

Kelimanya dilaporkan masih memiliki urusan yang berbeda, mulai dari mengikuti kegiatan pramusim bersama klub hingga belum ada izin dari klub tempatnya bernaung.

Baca Juga

"Hari ini latihan pertama buat persiapan AFF, kualifikasi AFC U-23, dan SEA Games. Jadi hampir 90 persen yang hadir dan hanya beberapa pemain dari klub luar negeri (yang absen) karena kebetulan dia juga mulai preseason dan kita sudah komunikasi dengan klub mereka kapan bisa bergabung," kata Indra Sjafri

"Hari ini belum ada Ezra, Firza, Egy, Saddil yang preseason di Pahang sama Osvaldo (ada pernikahan kakaknya). Tapi kita sudah minta misalnya Saddil untuk memberikan nomor telepon pelatihnya buat kita kontak," imbuhnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Indra SjafriTimnas U-22Liga IndonesiaPiala AFF U-22 2019Timnas Indonesia U-22

Berita Terkini