x

5 Jalan Panjang Hansamu Yama Demi Hijrah ke Persebaya Surabaya

Jumat, 11 Januari 2019 08:41 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
Hansamu Yama resmi gabung Persebaya Surabaya

INDOSPORT.COM - Masa depan Hansamu Yama Pranata akhirnya terjawab sudah usai hijrah ke Persebaya Surabaya dari Barito Putera. Ini 5 jalan panjang Hansamu Yama demi hijrah dan kembali pulang ke klub sepak bola Indonesia asal Surabaya tersebut.

Kepergian Hansamu secara umum disampaikan langsung oleh Barito Putera melalui laman resmi mereka. Pihak Barito Putera dan Hansamu mengadakan pertemuan khusus di Surabaya.

Hansamu menjelaskan kalau ia memilih hengkang karena urusan keluarga. Barito Putera pun bisa memaklumi akan keputusan ini dan tetap membuka pintu untuk Hansamu jika ingin pulang.

Baca Juga

"Kondisi inilah yang membuat saya memutuskan untuk tahun ini bersama keluarga besar. Setelah sudah 5 tahun tidak bersama mereka," ucap Hansamu.

Dengan begitu Hansamu Yama menjadi pemain kedua yang direkrut Persebaya Surabaya musim ini. Pemain baru pertama Persebaya di musim ini adalah Novan Setya Sasongko.

Meski begitu ternyata ada perjalanan panjang dan berlika-liku Hansamu Yama Pranata untuk bisa resmi hijrah ke Persebaya setelah lima tahun lamanya.


1. 1. Sudah Kode-Kode Sejak 2017

Bek Timnas, Hansamu Yama dengan kaca mata hitamnya.

Pada Oktober 2017 lalu, Hansamu Yama Pranata kedapatan mengenakan jersey Persebaya Surabaya. Hal itu dikemukakan oleh Evan Dimas lewat akun media sosial Instagram pribadinya.

Namun belum diketahui jelas apakah Hansamu benar-benar akan memperkuat Persebaya. Dalam foto itu pun, Evan Dimas hanya mencantumkan keterangan singkat nan misterius: "Kode keras".

Baca Juga
Hansamu Yama memakai jersey Persebaya.

Bahkan pada bulan sebelumnya, Hansamu juga menjelaskan kalau dirinya merupakan seorang Bonek sejati. Jadi di manapun Hansamu berada, Persebaya akan selalu berada dalam pengawasannya.

"Bukan masalah main kode-kodean atau ingin bermain untuk Persebaya, tapi background saya adalah seorang Bonek," tulisnya menanggapi unggahan foto melalui Instastory Instagramnya.

Hansamu Yama Mendaku Diri Sebagai Bonek

2. 2. Pulangkan Pemain Jawa Timur

Andik Vermansah, Irfan Jaya, Evan Dimas, dan Hansamu Yama saat latihan bersama Timnas Indonesia jelang melawan Hong Kong.

Kemudian akhir 2018, Persebaya melemparkan kode untuk memulangkan putra daerah dari Jawa Timur. Karena target Persebaya di Liga 1 2018 telah selesai dan akan menatap Liga 1 2019.

Sekretaris tim Persebaya Ram Surahman membuka rumor tersebut melalui tulisan panjang dalam laman resmi klub, 9 Desember 2018 lalu.

Baca Juga

"Menyikapi wacana pemulangan Andik Vermansyah dkk. Yakin seyakin-yakinnya, siapa pun pasti tak akan menolak bila Andik, Evan, Hansamu, dan Taufik kembali berbaju Persebaya musim depan," tulis Sam.

3. Sempat Tak Jadi

Hansamu Yama sempat tak jadi berseragam Persebaya karena beberapa rekannya, yaitu Evan Dimas, Andik Vermansah, hingga M Taufiq gagal direkrut. Ia pun bingung akan masa depannya.

"Sukses selalu mas dulurku Taufiq, Evan Dimas, Andik Vermansah, ditunda sek main setim (main bersama di Persebaya). Pada main semua, terus aku main dimana. Mau main di MP (PS Mojokerto Putera) tapi masih di sanksi," tulisnya dalam unggahan di akun media sosial Instagram pribadinya.

Baca Juga

Unggahan tersebut juga berisikan koerografi Bonek yang membentangkan empat pemain jebolan Persebaya untuk direkrut oleh manajemen musim 2019.

curahan hati Hansamu Yama terkait masa depan kariernya

3. 3. Terima Tantangan

Foto perpisahan Hansamu Yama bersama Barito Putera.

Terakhir adalah Hansamu Yama dengan lantang menerima tantangan baru untuk perjalanan kariernya. Dengan unggahan di akun media sosial Instagram pribadinya, 31 Desember 2018 lalu.

"Siap untuk tantangan baru? kenapa tidak! Bismillah," tulis Hansamu dengan warna hijau berlatar belakang hitam.

Baca Juga
Hansamu Yama Pranata tebar kode di Instagram Story miliknya.

Sampai akhirnya Barito Putera membocorkan kepindahan Hansamu Yama ke Persebaya. Namun pihak Persebaya belum mau memperkenalkan demi menghargai kontrak Hansamu dengan Barito yang habis pada 31 Januari 2019.

Terus Ikuti Update Hansamu Yama Pranata dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

Persebaya SurabayaJawa TimurInstagramHansamu Yama PranataLiga IndonesiaLiga 1Sosial MediaTRIVIA

Berita Terkini