x

Kontrak Segera Habis, 3 Pemain Chelsea Ini Tak Layak Bernasib Seperti Fabregas

Sabtu, 12 Januari 2019 16:20 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Pemain Chelsea, David Luiz.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Prancis, AS Monaco, secara resmi telah mendapatkan gelandang Chelsea Cecs Fabregas, Jumat (11/1/19).

Monaco merekrut Fabregas dengan harga 22,5 juta pounds atau setara Rp408 miliar. Bagi Chelsea, kesepakatan ini jelas menguntungkan dibandingkan dengan membiarkan kontrak Fabregas berakhir di pengujung musim ini dan tak mendapatkan untung sepeser pun.

Mengenai kontrak yang akan usai akhir musim ini, selain Fabregas, sebenarnya masih ada beberapa pemain Chelsea yang juga mengalami hal serupa.

Baca Juga

Mereka adalah Mateo Kovacic, Willy Caballero, Lucas Piazon, David Luiz, Olivier Giroud, Gary Cahill, hingga Robert Green.

Untuk beberapa pemain tersebut, mungkin tak ada ruginya bagi Chelsea membiarkan mereka pergi secara percuma atau menjual di bursa tranfer januari ini.

Namun, untuk beberapa diantaranya, ada baiknya Chelsea memperpanjang kontrak mereka. Karena secara kualitas dan catatan statistik mereka masih sangat layak mendapatkan tempat di The Blues.

Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT menjabarkan.


1. David Luiz

David Luiz, bek tengah Chelsea.

Berada diurutan terdepan, tentu adalah pemain belakang David Luiz. Kontraknya yang akan berakhir 30 juni 2019 layak diperpanjang Chelsea, merujuk pada kontribusi besarnya musim ini.

Tolok ukurnya jelas. Dalam 21 pertandingan The Blues musim ini di Premier League Inggris, Luiz hanya absen di satu laga. Pemain asal Brasil itu selalu tampil penuh 90 menit dalam 20 penampilannya.

Bukan hanya tampil, dirinya juga sukses mencatatkan statistik impresif. Misalnya, dalam hal memenangkan duel di area pertahanan, catatan Luiz hanya kalah dari Antonio Rudiger dengan rataan 2,3 per laga.

Kedisiplinan Luiz di lini belakang juga tercermin dari minimnya kartu yang didapat, yakni hanya satu kartu kuning selama 20 pertandingan tersebut.

Satu hal yang mungkin menjadi hal yang memberatkan bagi Chelsea untuk memperpanjang kontrak David Luiz yaitu usianya yang sudah tak muda lagi, 31 tahun.

Klub Kota London itu punya kebijakan di mana pemain berusia lebih dari 30 tahun hanya mendapat perpanjangan kontrak satu musim saja.

Hal ini sepertinya yang akan membuat Luiz angkat kaki dari Stamford Bridge bila ada tawaran jangka panjang dari klub lain.


2. Mateo Kovacic

Mateo Kovacic, gelandang serang Chelsea.

Jika faktor usia menjadi hal yang memberatkan untuk David Luiz, hal itu bukan masalah bagi Mateo Kovacic. Berusia masih 24 tahun, pemain asal Kroasia itu sangat layak mendapatkan kesempatan berseragam Chelsea di musim-musim mendatang.

Penampilannya musim ini di Chelsea pun tak bisa dibilang buruk mengingat dirinya sebagai debutan Liga Primer Inggris 2018/19. Kovacic membuat 13 penampilan dan mengukir dua assist.

Sebagai gelandang serang, Kovacic juga cukup meyakinkan dalam hal memberikan umpan-umpan matang. Terbukti dari angka persentase umpan sukses yang mencapai 94,3% di Liga Primer Inggris musim ini.

Persoalan Kovacic demi bertahan di Chelsea ialah status Kovacic yang sekadar pemain pinjaman dari Real Madrid. Sebab, jika ingin memperpanjang masa bakti Kovacic di Stamford Bridge, Chelsea tentu harus merogoh kocek lebih untuk menebusnya dari El Real.


3. Olivier Giroud

Olivier Giroud, Striker Chelsea.

Jika dibandingkan nama Willy Caballero, Lucas Piazon, Gary Cahill, hingga Robert Green, Olivier Giroud jelas lebih layak untuk terus diperpanjang kontraknya oleh Chelsea.

Memang, Giroud tak lagi muda. Namun, menilik pengalaman, striker berusia 32 tahun itu masih cukup pantas untuk diberikan kepercayaan musim depan, setidaknya sebagai penyerang cadangan.

Kualitas Giroud terbukti di ajang Europa League 2018/19. Dia mampu mengemas empat buah gol dalam tiga penampilan saja.

Hal lainnya yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Chelsea untuk terus memperpanjang kontrak Giroud adalah mereka belum memiliki penyerang pengganti yang jauh lebih baik dari mantan pemain Arsenal itu.

Saat ini, Chelsea hanya memiliki nama Alvaro Morata dan Giroud sebagai ujung tombak.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

Mateo KovacicChelseaCesc FabregasDavid LuizOlivier GiroudLiga Primer InggrisLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini