x

Rekap Transfer Klub Promosi Liga 1: PSS Sleman Kalah Agresif dari Semen Padang dan Kalteng Putra

Minggu, 13 Januari 2019 20:44 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Kalteng Putra, PSS Sleman, dan Semen Padang lolos ke Liga 1 2019

INDOSPORT.COM – Bursa transfer pemain kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1, mulai kembali ramai. Tiga klub promosi, PSS Sleman, Semen Padang, dan Kalteng Putra mulai memanaskan mesin.

Aktivitas jual-beli pemain sebelumnya dimonopoli oleh Madura United. Tim berjuluk Laskar Sape Kerap itu menjelma ‘Los Galacticos’ dengan memboyong sejumlah bintang kenamaan, seperti Andik Vermansah, Zulfiandi, dan Jaimerson da Silva Xavier.

Meskipun begitu, tiga klub promosi Liga 1 tidak kalah menggebrak di bursa transfer. Mereka mulai mengamankan jasa beberapa penggawa lama yang berkontribusi membawa tim promosi ke kasta tertinggi.

Baca Juga

Kalteng Putra menjadi klub baru yang cukup agresif membeli pemain. Mereka bahkan sempat mendatangkan bintang Persija Jakarta, Sandi Darma Sute, meski akhirnya batal karena adanya kesalahpahaman.

Bagaimana dengan tim promosi lainnya? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT membuat rekapnya untuk Anda.


1. PSS Sleman

Penyerahan piala kepada juara Liga 2, PSS Sleman

PSS Sleman yang berstatus sebagai juara Liga 2 2018 justru masih adem-ayem. Namun demikian, mereka telah bergerak di dalam senyap.

Elang Jawa telah diam-diam mengamankan jasa 9 pemain. Tujuh di antaranya sudah memastikan kembali merumput bersama PSS Sleman menyongsong Liga 1 2019.

Ketujuh pemain yang dipertahankan ialah Arsyaq Gufron, Ikhwan Ciptady, Bagus Nirwanto, Hamdan Zamzani (bek), Irkham Mila, Rangga Muslim (gelandang), dan Try Hamdani (kiper).

Baca Juga

Akan tetapi, PSS Sleman harus rela kehilangan empat penggawa lama, dua di antaranya kapten Ichsan Pratama dan Aditya Putra Dewa. Di sisi lain, Super Elja belum mengumumkan pemain baru yang bakal direkrut.

PSS Sleman juga belum menunjukkan tanda-tanda akan mendatangkan pemain asing. Mereka sempat ditawari dua pemain asing Asia, Kunihiro Yamashita dan Ahn Byung Keon.


2. Semen Padang

Skuat Semen Padang 2018

Semen Padang melepas 9 pilarnya di Liga 2 2018 lalu dan mempertahankan 17 pemain. Salah satu pemain yang dilepas adalah Hengki Ardiles yang telah setia lama berseragam Kabau Sirah.

Namun demikian, Semen Padang perlahan mulai mendatangkan pemain-pemain anyar, salah satunya Syaiful Indra Cahya dari Bali United. Yang terbaru, mereka tengah dikabarkan akan segera kedatangan kiper Sriwijaya FC, Teja Paku Alam.

Baca Juga

Gelandang klub Mitra Kukar, Dedi Hartono, juga masuk radar incaran Semen Padang. Satu nama yang siap merapat ialah bek Barito Putera, M. Rifqi.

"M Rifqi Insya Allah bergabung dengan kita, cuma masih berupa kesepakatan dulu, belum kontrak. Nunggu yang bersangkutan berada di Padang," ucap manajer Semen Padang, Win Bernandino saat dihubungi awak portal berita olahraga INDOSPORT.

Baca Juga

Semen Padang juga akan menjadi klub promosi pertama yang mendatangkan pemain asing. Sosok pemain asing tersebut ialah Shukurali Pulatov.

Pulatov dikabarkan telah mendarat di Indonesia untuk mengikuti seleksi pemain Semen Padang untuk Liga 1 2019. Ia berposisi sebagai bek dan berusia 28 tahun.


3. Kalteng Putra

Gede Sukadana resmi gabung Kalteng Putra

Lupakan soal rumor Zlatan Ibrahimovic dan Diego Forlan. Kalteng Putra sudah mengamankan jasa lima pemain lama dan empat pemain baru.

Dari empat pemain baru yang direkrut, tiga di antaranya berstatus penggawa Liga 1. Ketiga pemain itu ialah Ferinando Pahabol (Persebaya Surabaya), Wasyiat Hasbullah (PSM Makassar), dan I Gede Sukadana (Bali United).

Baca Juga

Pemilik klub sepak bola Kalteng Putra, Agustiar Sabran, menjelaskan kalau saat ini pihaknya tengah membidik sejumlah Eks Timnas sepak bola Indonesia selain Diego Forlan. Ia juga menjelaskan proses negosiasi dengan Diego Forlan hingga kini masih berjalan.

"Kalau jodoh tidak bakal ke mana si Diego Forlan. Namun yang jelas klub ini tidak akan menjadi klub penghibur di Liga 1," bebernya pada Selasa (08/01/19) melalui situs berita Antara.

Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Bursa TransferSemen PadangPSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Kalteng Putra FCTRIVIA

Berita Terkini