x

Akmal Marhali Minta Olahraga Masuk dalam Tema Debat Pilpres 2019

Sabtu, 19 Januari 2019 14:15 WIB
Editor: Coro Mountana
Debat Capres dan Cawapres sepak bola

INDOSPORT.COM – Debat Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang pertama telah usai pada Kamis (17/01/19) dua hari yang lalu. Meski begitu perbincangan mengenai debat tersebut masih ramai dibicarakan di jagat dunia sosial.

Debat pertama yang mempertemukan pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu membahas Hukum, HAM, Korupsi, Terorisme.

Baca Juga

Jika ditelaah lebih lanjut, maka tidak ada pembahasan mengenai dunia olahraga pada debat pertama Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Bahkan di tema debat untuk yang kedua hingga kelima, kata olahraga tidak ada disana sebagai topik utama.

Sebagai pecinta olahraga tentu ini menjadi sesuatu yang cukup mengecewakan karena, olahraga telah menjadi hal yang fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Olahraga yang tidak masuk dalam tema debat juga ikut disayangkan oleh Akmal Marhali.

Baca Juga

“Padahal olahraga merupakan bagian dari kegiatan untuk berbangsa dan bernegara tapi untuk kedua kalinya olahraga tidak disebutkan dalam tema debat,” tukas Akmal Marhali kepada INDOSPORT.


1. 2 Presiden Indonesia yang Mementingkan Olahraga

Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali

Koordintor Save Our Soccer, Akmal Marhali menilai olahraga perlu masuk dalam topik pembahasan dalam debat. Bahkan ia menyebut 2 Presiden pertama Indonesia pernah memberikan tempat yang tinggi untuk olahraga.

“2 Presiden awal (Soekarno dan Soeharto) kita kan membangun Indonesia harus diakui salah satunya melalui olahraga, misalnya Soekarno mengangkat harkat martabat bangsa kepada dunia lewat ajang Asian Games 1962,” lanjutnya.

“Sedangkan Soeharto terkenal lewat semboyannya yaitu mengolahragakan masyarakat dan memasyrakatkan olahraga,” tambahnya.

Baca Juga

Sejarah pernah mencatat jika olahraga pernah mendapat tempat yang spesial dalam pembangunan bangsa Indonesia. Sehingga permasalahan dalam dunia olahraga seperti match fixing seyogyannya perlu mendapat perhatian lebih dengan masuk tema debat Pilpres menurut Akmal Marhali.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Sepak Bola Nasional dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.

Joko WidodoSandiaga UnoPrabowo SubiantoLiga IndonesiaSave Our Soccer (SOS)Akmal MarhaliMa’ruf Amin

Berita Terkini