x

Termasuk Persija, Inilah 6 Klub Liga 1 yang Telah Lengkapi Kuota Pemain Asingnya

Rabu, 23 Januari 2019 10:29 WIB
Editor: Coro Mountana
Ilustrasi logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Kompetisi sepak bola paling bergengsi di Indonesia, Liga 1 memang sedang memasuki masa rehat. Akan tetapi bukan berarti segala hiruk pikuk Liga 1 Indonesia sepi dari pemberitaan media.

Satu hal yang sedang menjadi fokus dari semua peserta Liga 1 2019 adalah aktivitas di bursa transfer. Di sanalah semua tim sedang berlomba-lomba untuk bersaing mendapatkan pemain incarannya.

Baca Juga

Dengan kata lain, persaingan Liga 1 2019 sejatinya sudah dimulai sejak masa bursa transfer seperti saat ini. Salah satu persaingan yang paling ketat adalah dalam hal memperebutkan sejumlah pemain asing yang berkualitas.

Persaingan yang sangat ketat dan alot untuk memperebutkan pemain asing berkualitas dapat dilihat dari masih sedikitnya klub Liga yang sudah lengkap kuotanya. Hingga Rabu (23/01/19), baru ada 6 klub Liga 1 yang sudah lengkap kuota pemain asingnya, siapa saja?

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com mencoba untuk merangkumnya dalam 6 klub Liga 1 yang telah lengkapi kuota pemain asingnya.


1. Arema FC

Rekrutan baru Arema FC, Robert Lima Guimaraes (Brasil).

Perombakan besar-besaran dilakukan oleh Arema FC menjelang Liga 1 2019 dimulai. Hal itu bisa dimengerti karena terjadi degradasi prestasi yang terjadi di Liga 1 musim lalu dimana mereka sempat terseok-seok, hingga akhirnya Arema FC berhasil finish di posisi ke-6.

Baca Juga

Tapi tentu untuk tim sebesar Arema FC, target yang dicanangkan tentu merupakan juara Liga 1. Oleh karena itu sejumlah pemain asing berusaha didatangkan secepat mungkin oleh manajemen agar bisa segera nyetel dengan permainan tim.

Alhasil, Arema FC masuk dalam deretan tim yang sudah melengkapi kuota pemain asingnya. Nama-nama baru berhasil didatangkan seperti Robert Gladiator dan Pavel Smolyachenko, mereka melengkapi pemain lama seperti Makan Konate dan Arthur Cunha.

Bali United

Kabar kepindahan Paulo Sergio ke Bali United bocor.

Setelah berhasil mempertahankan sejumlah pemain asing andalan seperti Melvin Platje dan Brwa Nouri, Bali United bergerak cepat untuk segera mengamankan pemain asing berkualitas yang sedang ada di pasaran.

Baca Juga

Dua nama sisa pun berhasil didaratkan dengan cepat yaitu Paulo Sergio dan Willian Pacheco. Kehadiran dua pemain asing itu benar-benar memberikan nilai tambah bagi kekuatan Bali United dalam mengejar misi menjadi juara Liga 1.

Utamanya kehadiran Paulo Sergio sangat diharapkan dapat membawa Bali United bangkit lagi di persaingan jalur juara setelah sebelumnya terpuruk di musim lalu. Perlu diketahui jika Paulo Sergio adalah aktor yang memungkinkan Bhayangkara FC meraih gelar juara Liga 1 dua musim lalu.


2. Borneo FC

Bek anyar Borneo FC asal Belanda, Jan Lammers.

Langkah gerak cepat untuk mengamankan jasa pemain asing berkualitas juga ditempuh oleh Borneo FC. 4 nama pemain asing telah berhasil didapatkan oleh Borneo FC agar bisa mempersiapkan tim secepat-cepatnya.

Satu-satunya pemain asing lama yang masih dipertahankan hanyalah Matias Conti. Sisanya, merupakan pemain asing yang baru didatangkan seperti Renan Silva, Jan Lammers, dan Javlon Guseynov.

Baca Juga

Kehadiran Renan Silva diharapkan dapat membawa mental juara yang telah diraihnya bersama Persija Jakarta musim lalu. Meski Javlon dan Lammers merupakan nama baru dalam kancah sepak bola Indonesia, mereka tetap diharapkan dapat membawa Borneo meraih targetnya di musim ini.

Madura United

Aleksandar Rakic ke Madura United.

Jika di Spanyol ada tim bertabur bintang seperti Real Madrid, Indonesia juga tak mau kalah. Untuk Liga 1 2019, status tim bertabur bintang berhak disandang oleh Madura United yang sangat aktif di bursa transfer kali ini.

Baca Juga

Sejumlah pemain asing berhasil didapatkan oleh Madura United seperti Jaimerson Xavier, Aleksandar Rakic, dan Dane Milovanovic. Ketiga nama itu melengkapi kuota pemain asing yang sebelumnya telah diisi oleh Zah Rahan Krangar.

Para pemain asing telah lengkap, kini yang perlu dilakukan oleh Madura United adalah mencari komposisi yang tepat untuk meraih gelar juara Liga 1 Indonesia.


3. Persija Jakarta

Penandatanganan kontrak Vinicius Lopes Laurindo di Persija Jakarta.

Juara bertahan Liga 1 2019, Persija Jakarta juga tidak ingin kalah dalam hal memperebutkan pemain asing. Meski sempat alami eksodus besar-besaran dari pemain asingnya, dengan cepat Persija Jakarta berhasil mendapatkan pemain asing yang tak kalah kualitasnya.

Dengan hanya mempertahankan Marko Simic, Persija Jakarta melengkapi kuota pemain asingnya dengan mendatangkan Bruno Matos, Neguete, dan Jakhongir Abdumuminov. Ketiga nama itu diharapkan dapat membawa Persija Jakarta untuk mempertahankan gelar juara Liga 1.

Baca Juga

Sayang pemain asing yang baru bergabung itu kabarnya tidak bisa diikutsertakan dalam ajang Liga Champions Asia. Hal itu dikarenakan mereka belum memiliki International Transfer Certificate (ITC) yang artinya bursa transfer Liga 1 belum dibuka secara resmi.

PSM Makassar

Agen Jonne Lindblom (kiri) dan striker baru PSM Makassar Eero Markkanen (kanan).

Tim yang nyaris juara Liga 1 musim lalu, PSM Makassar juga masuk dalam jajaran klub yang gerak cepat dalam mengamankan jasa pemain asing. Meski ditinggal oleh Robert Rene Alberts, PSM Makassar tetap melanjutkan kompetisi dengan merekrut sejumlah pemain asing berkualitas.

Dengan mempertahankan dua pemain andalan seperti Marc Klok dan Wiljan Pluim, PSM Makassar menambah 2 pemain lainnya. Mereka adalah Eero Markkanen dan Aaron Evans yang sebelumnya bermain untuk Barito Putera.

Baca Juga

Eero Markkanen sendiri merupakan penyerang yang ternyata pernah mendapatkan pujian dari Zidane di Real Madrid berkat potensi bakatnya. Sekarang tugas Eero adalah bermain sebaik mungkin demi mendapatkan pujian dari semua pendukung dan manajemen PSM Makassar.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Bursa Transfer dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.

Bursa TransferPersija JakartaPSM MakassarBorneo FCMadura United FCBali UnitedLiga IndonesiaArema FCLiga 1TRIVIA

Berita Terkini