x

Bisa Dilirik Manchester City, Ini 3 Dampak Besar Firza Andika Gabung AFC Tubize

Kamis, 24 Januari 2019 15:43 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Firza Andika dan logo Tubize.

INDOSPORT.COM – Kabar membanggakan datang dari pemain muda sepak bola Indonesia. Pemain Timnas Indonesia U-19, Firza Andika, bergabung ke klub kasta kedua Liga Belgia, AFC Tubize.

Firza sebelumnya menjalani trial di AFC Tubize sejak November tahun lalu. Ia akhirnya kini resmi mendapatkan kontrak berdurasi dua tahun.

Yang membanggakan, Firza menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di Liga Belgia. Bek sayap kiri berusia 19 tahun ini sukses mengejar mimpinya bermain di kompetisi Eropa berkat kerja sama dengan agen pemain 2Touch International.

Baca Juga

"Kami sangat senang untuk mengambil bagian dalam hal ini (bergabungnya Firza ke Tubize). Kami tahu ada talenta di Asia, terutama Asia Tenggara," ujar perwakilan 2Touch, Khairul Asyraf, seperti dikutip dari FOX Sports Asia, Kamis (24/01/19).

Bergabungnya Firza ke AFC Tubize menjadi bakal memberikan dampak besar bagi karier mantan pemain PSMS Medan itu. Ia berpeluang melebarkan sayap di kompetisi Eropa dan berkesempatan dilirik klub besar lainnya.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum tiga dampak besar Firza Andika gabung AFC Tubize.


1. Pengalaman Bersaing

Firza Andika telah menandatangani kontrak profesional dengan A.F.C. Tubize.

Firza Andika bisa menimba ilmu sebanyak-banyak di AFC Tubize. Ketatnya persaingan menuju tim inti bisa menjadi pelajaran berharga dalam perkembangan kariernya.

Hal serupa turut dialami oleh Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk. Butuh perjuangan ekstra keras agar Egy bisa bermain di tim utama.

Baca Juga

Alih-alih bermain sebagai cadangan di tim senior, Egy tidak jarang hanya merumput di skuat muda. Namun demikian, pengalaman itulah yang menempa Egy.

Firza tidak perlu terburu-buru naik ke tim utama. Ia harus menikmati proses sampai akhirnya layak dengan sendirinya masuk ke skuat senior.


2. Bermain dengan Putra Legenda

Logo klub Belgia AFC Tubize.

Firza Andika akan bermain satu tim dengan pemain-pemain kelas wahid, seperti Ernest Agyiri dan Aaron Nemane. Keduanya merupakan pemain pinjaman dari klub Liga Primer Inggris.

Selain itu, AFC Tubize juga diperkuat legenda Tottenham Hotspur dan Liverpool, Ronny Rosenthal, bernama Tom Rosenthal.

Baca Juga

Kesempatan bermain dengan pemain junior klub elite Inggris bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Firza. Ia bisa menyerap ilmu dari mereka yang paham betul sepak bola Eropa.


3. Dilirik Manchester City

Etihad Stadium, markas Manchester City.

Seperti yang dikatakan oleh Fox Sports Asia, AFC Tubize mempunyai ikatan kuat dengan klub raksasa Premier League Inggris, Manchester City.

Dengan demikian, bakat-bakat terbaik di AFC Tubize akan terpantau oleh staf dari Manchester City. Bukan tidak mungkin, Firza bisa dilirik oleh pemandu bakat The Citizens jika tampil mengesankan.

Baca Juga

Koneksi tersebut setidaknya menjadi kabar positif bagi kelanjutan karier Firza ke depan. Belum lagi, sorot media sepak bola Eropa juga terkenal cepat apabila menyiarkan kabar pemain muda bertalenta.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Manchester CityBola InternasionalFirza AndikaTRIVIA

Berita Terkini