x

Kedatangan Jaimerson dan Beto, Ini 3 Pilihan Formasi yang Bisa Diterapkan Persija Jakarta

Rabu, 30 Januari 2019 18:17 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
Jaimerson & Beto Dipinjamkan Ke Persija

INDOSPORT.COM - Mengalami kendala tak bisa memainkan pemain asing barunya di kualifikasi Liga Champions Asia melawan Home United, Persija Jakarta mendapatkan angin segar setelah diberikan pinjaman dua pemain Jaimerson dan Beto oleh Madura United.

Baik Jaimerson ataupun Beto memang tak membutuhkan International Transfer Certificate (ITC) layaknya pemain asing Persija Jakarta yang baru didatangkan dari klub luar Indonesia. Namun kedua pemain itu tak lantas bisa memperkuat Persija jakarta menghadapi Home United awal februari nanti.

Persija masih membutuhkan persetujuan dari Federasi Sepak Bola asia (AFC), apakah bisa memainkan keduannya di laga tersebut.

Baca Juga

Namun jika nantinya Jaimerson dan Beto bisa diturunkan, tentu merupakan sebuah keutungan bagi Persija. Bukan hanya tambahan pemain berkualitas, kedatangan keduannya secara langsung juga memberikan kesempatan bagi pelatih Ivan Kolev untuk melakukan perubahan strategi ataupun formasi.

Untuk itu INDOSPORT coba menganalisis beberapa formasi yang bisa diterapkan Ivan Kolev di Persija Jakarta selepas kedatangan Jaimerson dan Beto. Berikut tiga diantaranya.


1. 4-4-2

Selebrasi striker Timnas Indonesia, Beto Goncalves usai membobol gawang Hongkong

Kedatangan penyerang berkualitas sekaliber Beto Goncalves tentu sayang rasannya untuk hanya membangku cadangkannya. namun disisi lain, Persija jakarta juga memiliki penyerang yang selama ini menjadi andalan Marko Simic. Untuk itu maka pantas rasannya, jika kemudian Ivan Kolev langsung memanikan keduannya dalam formasi 4-4-2.

Duet Simic dan Beto tentu akan membuat pertahanan lawan terpecah untuk memfokuskan penjagaan. Dengan kualitas keduanya, peran sebagai ujung tombak ataupun penyerang yang lebih membuka ruang, juga bisa secara bergantian mereka lakukan.

Sementara untuk Jaimerson, dengan formasi 4-4-2 ini, dirinya tak perlu banyak lagi beradaptasi. Karena seperti musim lalu, dirinya juga telah terbiasa berduet dengan Maman Abdurahman dalam formasi empat pemain belakang di Persija Jakarta.


2. 3-5-2

Jaimerson da Silva (Persija Jakarta)

Jika Ivan Kolev ingin lebih menguatkan permainan di lini tengah dan tetap mau menduetkan Simic dengan Beto di lini depan, maka formasi 3-5-2 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di lini tengah nantinya, Kolev bisa memasangkan tiga pemain yakni Ramdani Lestaluhu, Fitra Ridwan, Sandi Sute. Sementara untuk posisi sayap kanan, pilihannya bis ajatuh ke Ismed Sofyan yang lebih kuat dalam bertahan ataupun Riko Simanjuntak, jika Kolev ingin Persija yang lebih menyerang.

Begitupun di kiri. Pilihan bisa jatuh ke Rezaldi ataupun Novroi Setiawan yang lebih menyerang. Formasi ini pun tak akan mengalami kendala di lini belakang, karena kehadiran jaimerson. bek asal Brasil itu bisa melengkapi dua pemain belakang yang ada di Persija Jakarta saat ini, Maman Abdurahman dan Vava Yagalo.


3. 4-3-3

Beto Goncalves mengontrol bola dari kejaran pemain Filipina

Satu lagi formasi yang bisa jadi pilihan adalah formasi yang selam ini diterapkan Persija Jakarta, 4-3-3. Namun dengan formasi ini, peran Beto akan sedikit bergeser sebagai winger kiri menggantikan Novri Setiawan.

Dengan kapabilitas serta kemampuannya dalam hal menggiring bola, posisi tersebut tentu tak akan sulit untuk dimainkan Beto. Dipasang di sisi kiri juga akan lebih memudahkannya untuk bisa menusuk pertahanan lawan dengan cara melakukan cutting inside ke kotak penalti dan mengakhirinya dengan tendangan langsung.

Sementara untuk Jaimerson, formasi ini tentu tak perlu banyak diperdebatkan lagi. Karena dengan 4-3-3 ini, dirinya sukses menjaga pertahanan Persija jakarta musim lalu hingga merengkuh gelar juara Liga 1 2018.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persija JakartaLiga Champions AsiaBeto GoncalvesIvan KolevLiga IndonesiaLiga 1Jaimerson da Silva XavierMarko SimicTRIVIA

Berita Terkini