x

Fakta-fakta Jairo Rodrigues, Calon Stoper Anyar Persela Musim Depan

Kamis, 7 Februari 2019 19:00 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Persela Lamongan terus melakukan persiapan termasuk menambah kualitas di sektor materi pemain, untuk Liga 1 musim 2019 mendatang.

Terbaru, tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu kedatangan tiga pemain asing anyar salah satunya adalah stoper berusia 26 tahun asal Brasil, Jairo Rodrigues.

Ketiganya sudah tiba di Indonesia dan sudah terlihat ikut bergabung latihan di Stadion Surajaya Lamongan, pada Rabu (06/02/19) kemarin.

Baca Juga

"Saya belum bisa menilai, tapi secara garis besar saya lihat cukup lumayan bagus, sesuai kebutuhan," kata pelatih Persela, Aji Santoso

"Semua legiun asing ini akan kami tes medis dulu serta dilihat perkembangannya. Jika lolos, baru lanjut ke tahap selanjutnya," sambungnya.

Lantas seperti apakah sosok Jairo Rodrigues yang nanti diplot menggantikan Wallace Costa? Berikut INDOSPORT merangkum fakta-fakta menyangkut dirinya:


1. Jebolan Liga Europa

Jose Augusto Sardon, Jairo Rodrigues dan Kei Hirose.

Sebelum mengadu nasib di sepak bola Indonesia, Jairo Rodrigues sempat malang melintang di beberapa klub Eropa seperti bermain di CD Trofense (Portugal), POFK Botev Vratsa (Bulgaria) dan Neftchi Baku (Azerbaijan).

Dari beberapa tim di atas, karier Jairo gemilang di Neftchi Baku. Dirinya menjadi pilihan utama di lini belakang, dan jadi andalan di saat Neftchi Baku menjalani kualifikasi Liga Europa musim 2016/17 lalu.

Jairo diberi kesempatan tampil sebanyak empat kali, tiga diantaranya bermain selama 90 menit, dan berhasil menyumbang satu gol. Namun dirinya gagal membawa Neftchi Baku melangkah lebih jauh, karena dihentikan oleh Shkendija Tetovo.


2. Kutu Loncat

Jairo Rodriguez saat bermain Montedio Yamagata.

Jairo Rodrigues bukanlah tipikal pemain yang setia. Hal itu bisa dilihat dari perjalanan kariernya saat pertama kali terjun di dunia sepak bola profesional pada 2009 lalu. 

Total ada delapan klub yang pernah ia bela. Klub-klub tersebut adalah Goias Esporte Clube U-19, Santos FC U-20, America FC (TO), Botev Vratsa, Trofense, Neftchi Baku, Sepahan, dan Montedio Yamagata pernah dibela Jairo.

Dari delapan tim tersebut, Jairo sudah mengoleksi 7,977 menit bermain, dari total 98 pertandingan yang sudah dilakoninya sebagai pemain profesional.

Selain itu, ia juga sudah mengoleksi total 4 gol sepanjang kariernya sejauh ini, sebagaimana dilansir dari data Transfermarkt.


3. Pengalaman di Asia

Jairo Rodrigues saat bermain di Montedio Yamagata.

Jika jadi resmi direkrut Persela, bukan waktu yang panjang bagi Jairo Rodrigues untuk beradaptasi dengan sepak bola Indonesia. Pasalnya, bek berusia 26 tahun itu sudah pernah berkarier di kawasan Asia.

Tercatat, ia pernah bermain di dua negara yakni Iran saat membela Sepahan tahun 2017 lalu, dan Jepang saat bermain untuk klub kasta kedua liga Jepang, Montedio Yamagata tahun 2018 lalu.

Namun, nampaknya performa sang pemain kurang memuaskan. Di Sepahan Jairo hanya mendapat kesempatan 8 kali bermain, sedangkan di Montedio Yamagata hanya tiga kali bermain. Kini, dirinya bebas transfer dan coba peruntungan di Persela Lamongan untuk musim depan.

Persela LamonganLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini