x

3 Kerugian Timnas Indonesia bila Sandy Walsh Berkarier di Liga Inggris

Jumat, 8 Februari 2019 11:12 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Sandy Walsh (Zulte Waregem)

INDOSPORT.COM -  Sandy Walsh dikabarkan ingin berkarier di Liga Inggris. Berikut 3 kerugian Indonesia jika Sandy Walsh berkarier di Liga Inggris. 

Pesepak bola keturunan Indonesia, Sandy Walsh, menyatakan bahwa ia ingin berkarier di Liga Inggris. Sandy Walsh menganggap bahwa gaya bermain di sepak bola Inggris sama dengan gaya bermainnya. 

Selain itu, atmosfer supertor juga menjadi salah satu alasan Sandy Walsh ingin berkarier di negeri Ratu Elizabeth itu. 

Meskipun, hingga kini belum ada tawaran dari klub Inggris untuk Sandy Walsh. Dan sebelumnya Sandy Walsh sempat dikaitkan dengan PSM Makassar. 

Baca Juga

Namun jika pada akhirnya Sandy berhasil bermain di Liga Inggris, artinya akan ada kerugian bagi Timnas Indonesia, jika Sandy Walsh resmi dinaturalisasi. 

Berikut 3 kerugian bagi Timnas Indonesia bila Sandy Walsh berkarier di Liga Inggris. 


1. Menghambat Proses Naturalisasi

Sandy Walsh

Proses naturalisasi bukanlah hal yang mudah, dan bukan hal yang bisa dilakukan dalam satu hari. Salah satu syarat naturalisasi adalah pemohon sudah berdomisili di wilayah Indonsesia minimal 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut. 

Dan apabila Sandy bermain di Liga Inggris, maka ia akan sulit mengikuti syarat tersebut. Karena Indonesia tidak mengakui kewarganegaraan ganda. 

Saat ini, Sandy Walsh punya kewarganegaraan Belanda dan Inggris. 


2. Susah Dipanggil Timnas

Sady Walsh saat bermain di Zulte Waregem melawan Anderlecth

Dan kerugian kedua apabila Sandy Walsh bermain di Liga Inggris adalah akan sulit dipanggil oleh Timnas. Bila akhirnya Sandy dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia, Timnas akan kesulitan untuk memanggilnya dari Liga Inggris. 

Karena, jadwal Liga Inggris biasanya akan bentrok dengan agenda utama Timnas Indonesia seperti Piala AFF dan SEA Games. 

Bahkan untuk Piala AFF U-22 2019 saja, Timnas Indonesia gagal memanggil Ezra Walian dan Egy Maulana Vikri yang bermain di Eropa. 


3. Tak Paham Atmosfer Sepak Bola Indonesia

Sandy Walsh saat membela Zulte Waregem di Liga Europa.

Kerugian terakhir adalah Sandy tak akan paham atmosfer sepak bola Indonesia. Muaranya adalah Sandy akan sulit memahami gaya bermain rekan-rekannya jika dipanggil Timnas. 

Baca Juga

Selain itu, Sandy juga akan kesulitan bermain di stadion-stadion Indonesia yang kualitas lapangannya tidak sebagus di Inggris. 

Ikuti Terus Berita Timnas Indonesia dan Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

NaturalisasiTimnas IndonesiaLiga InggrisLiga IndonesiaSandy WalshTRIVIA

Berita Terkini