x

Pele Kenang Momen Penyelamatan Gordon Banks di Piala Dunia 1970

Rabu, 13 Februari 2019 16:59 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Pelle memberikan penghormatan terkahir kepada legenda Inggris, Gordon Banks dengan menceritakan pengalamannya kala berhadapan dengan sang kiper di Piala Dunia 1970. 

Gordon Banks meninggal dunia di usia 81 tahun setelah bertahun-tahun melawan penyakit kanker ginjal. Kabar duka tersiar dari sebuah rumah di kawasan Madeley di Stroke-on-Trent, Inggris, Selasa (12/02/19). 

Legenda sepak bola Brasil, Pele memberi penghormatan terakhir kepada Gordon Banks dengan membagikan kisah yang terjadi pada gelaran Piala Dunia 1970.

Baca Juga

"Bagi banyak orang, ingatan tentang Gordon Banks hanya sekadar penyelamatan yang ia lakukan pada tendangan gawang yang saya buat pada Piala Dunia 1970," tulis Pele dikutip dari kanal berita olahraga BBC Sports.

"Tetapi menurut saya, momen itu lebih dari sekadar penyelamatan biasa. Jika Anda pemain bola, tentu akan tahu seberapa kuat Anda melakukan umpan. Kala itu, saya melakukan sundulan ke gawang dengan tepat dan seharusnya bisa menjebol gawang Banks."

"Namun, rupanya Banks adalah sosok yang sangat tangguh, ia berhasil menggagalkan peluang saya. Bahkan, jika saya menonton ulang video pertandingan tersebut, saya tetap tak dapat mempercayai bahwa pria itu memiliki pergerakan yang sangat cepat," imbuh Pele. 

Baca Juga

Sejak saat itu, Pele mulai bersahabat dengan mantan kiper Leicester City tersebut. 

"Sejak itu kami bersahabat dan tak pernah berpisah," kata Pele.

Kepergian Gordon Banks jelas membuat Pele berduka. Ia pun mendoakan yang terbaik untuk mendiang sahabatnya itu.

Baca Juga

"Saya sangat sedih kehilangan dia. Untuk itu, saya menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Gordon yang tentunya juga saya kasihi."

"Beristirahatlah dengan tenang, kawanku. Kamu adalah kiper yang memiliki ilmu sihir dan sosok teman terbaik," tandas Pele.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

InggrisPeleBola Internasional

Berita Terkini