x

3 Kerugian Persib Lepas Gian Zola ke PSS Sleman

Sabtu, 16 Februari 2019 19:23 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain muda Persib Bandung, Gian Zola Nasrullah.

INDOSPORT.COM - Persib Bandung akhirnya melepas gelandang mudanya, Gian Zola Nasrullah, ke klub promosi Liga 1, PSS Sleman.

Manajer PSS, Retno Sukmawati, membenarkan perihal mendatangkan jebolan Akademi Persib Bandung itu. Namun, PSS harus sedikit bersabar mengingat Zola lebih dulu berjuang bersama Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF U-22, mulai pekan depan.

Gian Zola pun kemungkinan didatangkan PSS Sleman dengan status pinjaman. Zola sendiri bukan sekali ini saja dipinjamkan oleh Persib. Pada musim lalu, dirinya dipinjamkan Persib ke klub Persela.

Baca Juga

Gian Zola sendiri sejatinya adalah salah satu pemain muda paling menjanjikan di Indonesia saat ini. Dirinya juga langganan dipanggil Timnas Indonesia. 

Sejumlah pihak pun mempertanyakan keputusan Persib. Keberadaan nama-nama senior di barisan tengah Maung Bandung disinyalir menjadi alasan klub untuk melepasnya. 

Namun begitu kami menemukan tiga alasan mengapa Persib Bandung bakal merugi jika kembali melepas Zola ke klub lain. 


1. 1. Zola Telah Berkembang

Gian Zola berhasil lepas dari penjagaan ketat lawan.

Gian Zola memang masih berusia 20 tahun, namun Persib harusnya cukup berani untuk memainkan dirinya. Gian zola terbukti mampu menunjukkan perkembangan yang bagus dalam setahun belakangan. 

Pada Liga 1 musim lalu, ia main di 32 pertandingan Borneo dengan mencatatkan enam assist dan sebiji gol. Sebuah statistik yang bagus untuk pemain 20 tahun. 

Selain itu, ia juga bersinar di Timnas Indonesia. Buktinya ia dipanggil ke dalam skuat Timnas U-22 untuk Piala AFF U-22 2019 nanti. 

Padahal, jika menilik skuat Persib yang ada saat ini, masih ada pemain-pemain muda yang kemampuannya di bawah Gian Zola. 


2. 2. Berkurangnya Kedalaman Skuat

Pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic memberikan materi latihan dengan intensitas yang cukup tinggi di Lapangan Saraga ITB, Kota Bandung, Kamis (14/02/2019).

Persib Bandung adalah klub besar. Mereka pun tak main-main dalam mengarungi Liga 1 2019. 

Maka dari itu, kedalaman skuat adalah hal yang wajib bagi Persib Bandung. Jika melihat skuat yang ada saat ini, Persib memiliki sejumlah pemain bagus yang posisinya sama dengan Gian Zola. Sebut saja Srdjan Lopicic dan Esteban Vizcarra.

Namun, risiko Persib kehilangan kedua pemain itu juga besar. Bisa jadi Vizcarra atau Lopicic mengalami cedera. Apalagi, musim depan akan ada kompetisi Liga 1 dan Piala Indonesia. 

gian Zola jelas bisa menjadi pelapis yang sama baiknya untuk Persib. Hal ini tentunya untuk menjaga konsistensi penampilan klub. Jangan sampai seperti musim lalu ketika kehilangan Ezechiel dan Bauman, Tim Maung Bandung timpang bukan kepalang. 


3. 3. Kehilangan Sosok Mentor bagi Beckham Putra Nugraha

Pemain muda Persib, Beckham Putra Nugraha merayakan golnya ke gawang Persiwa.

Persib musim ini bergelimang pemain muda. Salah satu pemain muda yang juga bersinar adalah Beckham Putra Nugraha yang notabene adik dari Gian Zola.

Pemain Persib U-19 ini sudah berhasil tembus ke tim senior. Keberadaan Zola tentunya bisa memabntu Beckham semakin percaya diri dan berkembang. Jika Zola bertahan. Persib berpotensi akan memiliki duet maut kakak adik di lini tengah. 

Persib BandungPSS SlemanGian ZolaLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini