x

Luciano Leandro: Penasaran Ingin Kembalikan Kejayaan Persipura

Minggu, 3 Maret 2019 15:43 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
Pelatih Persipura Jayapura, Luciano Leandro

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Brasil yang namanya pernah berkibar di persepakbolaan Indonesia, Luciano Leandro ternyata punya impian besar untuk bisa membawa Persipura Jayapura kembali ke tempat semestinya. Leando ingin menjadikan Persipura sebagai klub sepak bola yang dikenal dengan sederet prestasi di persepakbolaan Indonesia. 

Tekad Luciano Leandro itu yang akhirnya membawa ia kembali ke Indonesia saat mendapatkan tawaran dari manajemen Persipura untuk menukangi Boaz Solossa dan kolega jelang kompetisi Liga 1 2019.

Baca Juga

Tawaran dari manajemen tim mutiara hitam itu tak membuatnya berfikir lama untuk mengambil keputusan meski sempat gagal saat mengarsiteki mantan klubnya, PSM Makassar di ajang Indonesian Soccer Championship 2016.

Selain tertarik dengan proyek masa depan Persipura, Leandro juga masih menyimpan rasa penasarannya untuk meraih hasil yang memuaskan saat berkarier sebagai pelatih di Indonesia. Hal yang ingin digapainya ketika masih menjadi pemain yang pernah merumput di PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Lewat wawancara eksklusif dengan INDOSPORT,  Minggu (03/03/19), pelatih berusia 53 tahun ini membeberkan alasannya memilih berlabuh di Persipura.


1. 3. Tugas Berat Menanti

Pelatih Persipura, Luciano Leandro saat memberikan arahan kepada Wallacer de Andrade Medeiros

INDOSPORT: Sudah hampir sebulan coach menjadi pelatih Persipura, adakah kendala dan tekanan yang coach hadapi saat ini?

Leandro: Semua orang di klub Persipura menerima saya dengan baik dan suasana disini juga bagus untuk kita bisa bekerja.

Tapi kita harus mengerti Persipura sekarang mulai transisi lagi, banyak pemain yang keluar dan banyak pemain muda yang datang dan itu tidak gampang dan butuh waktu, saya tahu publik semua pasti khawatir dengan kondisi yang tidak seperti dulu dan ada banyak kritikan, tapi kita harus mengerti bahwa kita mulai dari awal saat saya datang. 

INDOSPORT: Apa yang akan coach lakukan untuk setidaknya bisa meraih hasil yang memuaskan di kompetisi nanti?

Leandro: Secara teknis kita sudah cukup bagus, tapi kita harus tenang untuk meraih hasil yang diinginkan. Karena sekarang kita harus pikir serius buat kompetisi liga 1, dan sebagai pelatih saya perlu pikir setiap pertandingan yang kita hadapi. 

Kalau bisa menang di setiap pertandingan itu sangat bagus, tapi itu tidak mudah. Intinya saya kasih 100 persen tenaga saya bersama pemain dan manajamen, mudah-mudahan suporter bisa ikut membantu.

INDOSPORT: Tiga pelatih Brasil sebelumnya gagal memberikan gelar untuk Persipura, apa coach menganggap ini sebagai sebuah beban atau justru akan membuat coach semakin tertantang? 

Leandro: Musim kemarin saya lihat Persipura finis di peringkat 12 dan itu menurut saya tidak benar. Tapi seperti yang saya bilang bahwa saya selalu optimis dan saya tidak tahu kenapa mereka gagal dan saya juga tidak tahu apa faktornya. 

Tapi yang saya ingin kita harus kerja keras, karena kita bisa salah tapi kita harus usaha untuk bikin lagi sesuatu yang positif. 


2. 2. Tak Mau Sesumbar

Playmaker anyar Persipura, Wallacer de Andrade Medeiros bersama sang pelatih, Luciano Leandro dan Andre Ribeiro

INDOSPORT: Turnamen Piala Presiden dan kompetisi Liga 1 kian dekat, apa harapan terbesar coach untuk tim Persipura

Leandro: Kita tidak bisa bicara soal hasil sekarang, karena di lapangan bisa saja berubah.

Intinya, kita harus berfikir untuk berjuang keras, itu yang bisa bikin kita berhasil dan tidak bisa dengan mendapat hasil yang buruk lalu kita stop, tapi kita harus terus berusaha.

Baca Juga

INDOSPORT: Dengan skuat yang coach punya saat ini, apa coach yakin bisa meraih hasil positif?

Leandro: Kita sekarang ada di jalur yang baik untuk menggapai itu, dan semoga kita bisa berprestasi dengan bantuan dukungan dari semua.

Saya tetap optimis karena saya memang harus selalu berfikir seperti itu. Dan mudah-mudahan kita bisa lebih baik tahun ini.
 


3. 1. Tertantang dan Masih Penasaran

Pelatih Persipura Jayapura, Luciano Leandro

INDOSPORT: Bisa dijelaskan bagaimana ceritanya hingga coach memutuskan untuk menjadi pelatih di Persipura?

Leandro: Waktu itu saya mendapatkan tawaran langsung dari manajemen Persipura, dan setelah saya pikir ini adalah kesempatan yang bagus buat saya. Saya langsung tertarik untuk mengambil pekerjaan ini.

INDOSPORT: Apa yang membuat coach tertarik untuk melatih Persipura? 

Leandro: Saya senang akhirnya bisa melatih di Persipura, ini adalah salah satu klub sepak bola yang punya nama besar di Indonesia. Saya tidak bisa menolak pekerjaan ini dan saya tertarik untuk datang kesini dan sekarang saya disini ingin memberikan prestasi untuk Persipura.

INDOSPORT: Sebelum ke Persipura coach tercatat pernah melatih beberapa klub di Indonesia, tapi saat itu karier coach tidak berjalan bagus, apa yang membuat coach memutuskan kembali ke Indonesia?

Leandro: Saya memang sempat melatih di Persma Manado, PSMS Medan dan PSM Makassar, tapi itu sangat singkat dan saya tidak punya banyak waktu untuk bekerja maksimal. 
Saya mengenal sepak bola Indonesia sudah cukup lama, sebagai pemain dan pelatih saya lihat kompetisi disini bagus dan penuh dengan suporter fanatik, jadi saya pikir bagus buat karier saya sebagai pelatih dan itu yang membuat saya datang lagi ke Indonesia.

Baca Juga

INDOSPORT: Adakah alasan lain mengapa coach ingin kembali melatih di Indonesia? 

Leandro: Saya masih penasaran dengan sepak bola Indonesia dan ini juga adalah tantangan yang bagus untuk karier saya.  

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT 
 

Persipura JayapuraLuciano LeandroLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini