x

Mengkaji Kekuatan Trio Lini Serang PSM Makassar vs Persipura Jayapura

Minggu, 10 Maret 2019 15:00 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Pertandingan PSM Makasar vs Persipura

INDOSPORT. COM - Kompetisi sepak bola Piala Presiden 2019 pada hari Minggu (10/3/19) akan menggelar laga antara PSM Makassar vs Persipura Jayapura

Ya, PSM Makassar akan bersua Persipura Jayapura dalam laga kedua Grup C Piala Presiden 2019. Jalannya pertandingan  sepak bola itu bakal dihelat di Stadion dr. H. Moch.Soebroto, Magelang, pukul 15.30 WIB.

Jelang pertandingan nanti, PSM Makassar dan Persipura Jayapura dihadapkan dengan kondisi berbeda. PSM Makassar yang kalah dalam laga perdana, nampak lebih berat langkahnya ketimbang Persipura Jayapura yang sebelumnya mampu menuai kemenangan.

Baca Juga

PSM Makassar pun perlu sekali untuk bisa memenangkan laga melawan Persipura Jayapura nanti. Kemenangan akan menjaga peluang PSM Makassar untuk lolos dari babak grup.

Namun, sebelum melangkah jauh ke pertandingan, tak ada salahnya bila kita terlebih dahulu menengok kekuatan kedua tim. Khususnya kepada trio lini serang yang dipunyai PSM Makassar dan Persipura Jayapura.


1. PSM Makassar

Wiljan Pluim berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Persipura Jayapura.

PSM Makassar diyakini akan menerapkan formasi 4-2-3-1 dalam laga nanti. Formasi ini akan membuat permainan PSM Makassar di lini serang bertumpu pada Wiljan Pluim.

Ya, Wiljan Pluim adalah orang di PSM Makassar yang bertugas sebagai pengatur sekaligus otak serangan. Kecerdasan Pluim di posisi gelandang serang, akan begitu menentukan hasil pertandingan timnya nanti.

Pluim sendiri sebagai gelandang serang juga cukup tajam dalam mencetak gol. Buktinya, sejak Liga 1 2017, Pluim total menorehkan 17 gol bagi PSM Makassar.

Baca Juga

Peran Pluim di lini tengah, akan didukung dari sektor sayap oleh Zulham Zamrun. Peran Zulham diyakini akan menyusur sisi sayap, baik kanan dan kiri, secara bergantian.

Perlu ditekankan, Zulham tergolong pemain yang cukup rajin menjelajah atau bertukar posisi. Ia kerap kali menyisir sisi sayap kanan, dan kadang terlihat pula di sisi kiri.

Belum lagi Zulham punya pengalaman yang cukup apik di ajang Piala Presiden. Pada edisi pertama, tepatnya Piala Presiden 2015, Zulham menjadi top skor dengan torehan enam gol.

Baca Juga

Sementara itu, pada posisi lini depan, PSM Makassar yang membutuhkan kemenangan diprediksi akan memainkan sang penyerang utama, Eero Markkanen. Pengalaman Markkanen yang memiliki jam terbang di kancah sepak bola Eropa, akan sangat berguna untuk membongkar pertahanan Persipura Jayapura.

Terlebih lagi, Markkanen sejak bergabung ke PSM Makassar penampilannya juga cukup tajam. Ia bahkan mampu mencetak empat gol kala PSM Makassar menang bantai 7-0 atas Perseru Perserui di ajang Piala Indonesia.


2. Persipura Jayapura

Striker Persipura, Boaz Solossa.

Persipura Jayapura diyakini masih akan menerapkan strategi yang sama ketika mereka berhasil menang 3-1 atas PSIS Semarang pada laga perdana. Persipura Jayapura bakal mengandalkan trio Boaz Solossa, Titus Bonai, dan Wallacer.

Boaz, walau usianya kini sudah tak muda lagi, perannya tetap vital bagi Persipura Jayapura. Pengalaman dan jam terbangnya, seakan memandu orkestra serangan tim Mutiara Hitam.

Bukti kehebatan Boaz masih ada sangat terlihat pada laga melawan PSIS Semarang. Ia berhasil mencetak satu gol dalam kemenangan timnya itu.

Baca Juga

Sementara itu, Titus Bonai, seperti menemukan dirinya kembali sejak bergabung ke Persipura Jayapura. Ia mampu menjadi pemain yang tajam dan berbahaya di kotak penalti.

Pemain yang akrab disapa Tibo ini pun sukses mencetak satu gol ketika timnya menang 3-1 atas PSIS Semarang. Sebuah tanda kalau Tibo bakal tampil ganas ketika Persipura Jayapura menghadapi PSM Makassar nanti.

Terakhir, ada sosok Wallacer yang merupakan pemain asing baru Persipura Jayapura. Ia didatangkan setelah sebelumnya membela klub Liga 2 Brasil, Juventude.

Walaupun belum mampu mencetak gol pada laga lawan PSIS Semarang, penampilan Wallacer terbilang cukup apik. Ia menjadi pemain yang berperan membantu Boaz dalam meningkatkan kreativitas serangan Mutiara Hitam.

Baca Juga

Wallacer sendiri memang punya reputasi apik sebagai otak serangan sebuah tim. Buktinya musim terakhir ketika membela Juventude, Wallacer mampu mencetak empat gol serta empat assist dari 23 penampilan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

Persipura JayapuraPSM MakassarPiala PresidenLiga IndonesiaPiala Presiden 2019

Berita Terkini