x

Profil Calon Ketum PSSI, Fadel Muhammad: Sempat Jadi Menteri Terkaya

Sabtu, 30 Maret 2019 16:34 WIB
Editor: Coro Mountana
Fadel Muhammad.

INDOSPORT.COM – Dengan mundurnya Edy Rahmayadi dari jabatan tertinggi di sepak bola Indonesia, otomatis tampuk kekuasaan di PSSI kini menjadi kosong. Memang benar sejumlah nama sempat menduduki posisi sebagai Plt (pelaksana tugas), tetapi itu hanya sementara.

Sejumlah nama sempat menjadi Plt ketua PSSI sebagai orang tertinggi di sepak bola Indonesia seperti Joko Driyono, Gusti Randa, dan kini beralih ke Iwan Budianto. Tetapi salah satu tugas dari Plt adalah menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB).

Baca Juga

Kongres Luar Biasa sendiri rencananya akan diselenggarakan pada Agustus 2019 dengan didahului membentuk Komite Permilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Baru setelah itu bisa diadakan Kongres Luar Biasa untuk memilih ketua umum PSSI yang baru.

Sejumlah tokoh terkenal kini mulai mencuat dan masuk dalam bursa ketua umum PSSI, salah satunya adalah Fadel Muhammad. Ternyata isu munculnya Fadel Muhammad sebagai calon ketua PSSI mendapat respon positif dari sejumlah pelaku di dunia sepak bola.

Baca Juga

Setidaknya Firman Utina dan Francis Wawengkang menyambut positif dengan kehadiran Fadel Muhammad sebagai calon ketum PSSI. Lantas siapa sebenarnya Fadel Muhammad?


1. Latar Belakang Pendidikan

Fadel Muhammad.

Sebelum mengenal lebih jauh dengan Fadel Muhammad, ada baiknya untuk mengetahui latar pendidikannya yang merupakan lulusan dari Fakultas Teknik, Departemen Teknik Fisika ITB pada tahun 1978 sehingga membuatnya menjadi seorang insinyur.

Ia juga meraih gelar Doktor dari Universitas Gajah Mada dan professor di Universitas Brawijaya, Malang. Fadel Muhammad juga merupakan Guru Besar bidang Public Sector Entrepreneurship Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Baca Juga

Tak hanya akademis, Fadel Muhammad juga aktif di sejumlah organisasi termasuk menjadi salah satu pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Dengan segelimang aktifitasnya, Fadel Muhammad juga aktif di dunia bisnis.

Karier di Politik

Tak hanya dunia bisnis, Fadel Muhammad juga terjun di bidang politik di mana ia sempat menjadi gubernur Gorontalo untuk dua periode (2001-2006 dan 2006-2011). Bahkan di periode keduanya, Fadel Muhammad mendapat penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia).

Penghargaan tersebut adalah memenangkan Pilkada Gorontalo dengan persentase tertinggi di Indonesia (81 persen). Salah satu kebijakan bersejarah yang ia buat di Gorontalo adalah dengan membenahi bandara Limboto, Gorontalo agar para calon jamaah haji tidak perlu lagi menempuh jalan darat ke Manado.

Baca Juga

Kesuksesannya di Gorontalo membawanya ke kursi Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid kedua di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden. Namun kariernya sebagai menteri harus terhenti pada 18 Oktober 2011 karena terkena reshuffle.


2. Sempat Jadi Menteri Terkaya

Fadel Muhammad.

Ada satu fakta menarik saat Fadel Muhammad menjadi seorang Menteri Kelautan dan Perikanan yaitu menjadi menteri terkaya pada tahun 2009. Kekayaan Fadel pada saat itu tercatat senilai 119,8 miliar rupiah dan 235.652 dollar AS (setara 3,3 miliar rupiah).

Harta kekayaan dari Fadel Muhammad bahkan melebihi sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Bersatu jilid kedua. Sejumlah menteri yang masih kalah dari Fadel Muhammad, antara lain Djoko Santoso, Sudi Silalahi, Suswono, dan Muhaimin Iskandar.

Pada akhirnya masih ada sejumlah penghalang Fadel Muhammad untuk meniti kariernya sebagai ketua PSSI. Salah satu rintangan tersebut adalah dirinya yang tidak pernah berkecimpung di dunia sepak bola.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar PSSI dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.

PSSIJoko DriyonoIwan BudiantoGusti RandaEdy RahmayadiKongres Luar Biasa (KLB)Liga IndonesiaTRIVIABola Indonesia

Berita Terkini