x

Vanuatu, Negara Kecil Seluas Negeri Laskar Pelangi yang Segera Jadi Lawan Timnas Indonesia

Sabtu, 11 Mei 2019 09:37 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Pantai di Vanuatu

INDOSPORT.COM - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) baru saja memastikan calon lawan Timnas Indonesia, yaitu Vanuatu. Negara seperti apa itu?

Ya, kepastian lawan Indonesia di FIFA Match Day pada Juni mendatang tersebut dilontarkan oleh Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena kepada awak media olahraga.

"Kami mau simulasikan jarak lima hari pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada dua laga uji coba itu. Karena tidak ada lagi persiapan Timnas, setelah Juni langsung ke September," ucapnya kepada wartawan.

Baca Juga

Sebelum menghadapi Timnas Vanuatu pada tanggal 15 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), anak asuh Simon McMenemy akan lebih dulu menghadapi Yordania di laga tandang pada tanggal 11 Juni.

Terakhir kali Timnas Indonesia bertanding menghadapi negara dari Oceania, mereka meraih hasil kurang memuaskan saat menjamu Fiji di Stadion Patriot pada 2017 lalu. Skor imbang tanpa gol menjadi hasil pertandingan tersebut.

Namun, jika melihat calon lawan Timnas Indonesia pada Juni mendatang, negara seperti apakah Vanuatu tersebut? Apakah dia lawan yang termasuk mudah atau malah menyulitkan?

Langsung saja, berikut INDOSPORT coba berikan ulasan soal Vanuatu, negara kecil seluas Negeri Laskar Pelangi yang segera jadi lawan Timnas Indonesia nanti.


1. Vanuatu, Negara Kepulauan seperti Indonesia

Vanuatu negara kecil yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia di FIFA Match Day, tanggal 15 Juni 2019 mendatang.

Setelah ditelisik lebih jauh oleh INDOSPORT, ternyata Vanuatu merupakan negara kepulauan seperti Republik Indonesia. 

Negara yang punya luas total hanya 12.189 km persegi ini, juga merasakan nasib tragis sama seperti Indonesia, yaitu bekas penjajahan negara-negara Eropa.

Ya, semasa penjajahan, negara kepulauan Vanuatu bernama New Hebrides Islands yang dikuasai oleh negara besar Eropa, Prancis dan Inggris selama 74 tahun lamanya.

Mereka mendapatkan kemerdekaannya pada tanggal 30 Juli 1980 dan berubah nama menjadi Vanuatu. Setelah merdeka, Vanuatu perlahan-lahan mulai membangun negara mereka menjadi sebuah republik.

Baca Juga

Seperti negara-negara lainnya, Vanuatu juga memiliki olahraga populer yakni sepak bola tidak lama setelah mereka merdeka. Seperti yang dikutip dari situs resmi Federasi Sepak BOla Oceania (OFC), Vanuatu resmi menjadi anggota mereka pada tahun 1988.

Di tahun yang sama, Vanuatu juga resmi menjadi anggota FIFA hingga kini dan sekarang diketahui bercokol di peringkat ke-166. Tujuh peringkat di bawah Timnas Indonesia (159) saat ini.

Meski sama-sama negara kepulauan, Vanuatu ternyata memiliki wilayah teritorial yang teramat sangat kecil. Bahkan luas Vanuatu yang hanya 12.189 km persegi, masih kalah dari Kepulauan Bangka Belitung.

Sepak Bola Vanuatu Hingga Saat Ini

Timnas Vanuatu, akan jadi lawan Timnas Indonesia di FIFA Match Day tanggal 15 Juni 2019 mendatang.

Provinsi berjuluk Negeri Laskar Pelangi itu memiliki wilayah sekitar 16.424 km persegi. Meski luasnya kalah cukup jauh dari Bangka Belitung, Vanuatu ternyata punya perkembangan sepak bola yang cukup pesat.

Diketahui dari web.archive.org, Vanuatu merupakan salah satu negara yang paling maju program pengembangan sepak bola di Oceania. Hal itu dikarenakan berkat bantuan dari FIFA pada 2011 silam.

Sementara untuk kompetisi resmi, Timnas Vanuatu senior pernah berlaga di beberapa ajang. Seperti di OFC Nations Cup, dari 9 kali tampil raihan terbaik mereka hanya posisi keempat pada edisi 2008 silam.

Sementara pada ajang Pacific Games (seperti Asian Games di Asia), Vanuatu selalu ikut dalam kompetisi yang diselenggarakan berkala selama empat tahun sekali itu.

Baca Juga

Raihan terbaik Vanuatu dalam Asian Games untuk negara-negara Samudra Pasifik itu, mereka hanya mampu meraih posisi ketiga terbaik dari 14 penampilan mereka di ajang tersebut.

Melihat luas teritorial Vanuatu dan kiprah Timnas Vanuatu senior di beberapa kompetisi di atas, nampaknya negara ini tidak akan menyulitkan Timnas Indonesia. Kita tunggu saja, seperti apa pertandingan Timnas Indonesia vs Vanuatu, tanggal 15 Juni mendatang.

Rully Nere Pusing Ada Timnas Wanita Mendadak Hamil

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT

Uji CobaPSSIFriendly MatchVanuatuTimnas IndonesiaBola InternasionalJadwal PertandinganSepak BolaTimnas Vanuatu

Berita Terkini