x

3 Blunder Persib Bandung Lepaskan Billy Keraf di Liga 1 2019

Minggu, 12 Mei 2019 10:50 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Michael Essien dan Billy Keraf

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola Indonesia, Persib Bandung, tidak memasukkan dua nama pemain untuk mengarungi kompetisi Shopee Liga 1 2019, dan salah satunya Billy Keraf.

Pemain bernama lengkap Fulgensius Billy Paji Keraf ini tidak diperkenalkan Persib Bandung pada acara launching di Hotel Havoy Homann, Kota Bandung, Sabtu (11/05/19).

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahyono mengatakan, keputusan pencoretan Billy telah melalui proses komunikasi dengan pelatih Robert Rene Alberts.

Baca Juga

"Dari Robert sudah kasih informasi bahwa Sabil dan Billy tidak masuk di skema dia, jadi ya kita berusaha untuk meminjamkan kepada klub. Solusilah, apa itu antara dipinjam atau nanti transfer? kita belum tahu," jelas Teddy.

Pada musim 2018 lalu, Billy juga terdepak dari skuat Persib Bandung. Pemain berusia 22 tahun itu lantas dipinjamkan ke Borneo FC pada paruh kedua.

Melepas Billy pada awal musim 2019 bisa menjadi blunder bagi Persib Bandung. Billy merupakan pemain muda potensial yang sempat membela Timnas Indonesia U-22.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan tiga blunder Persib Bandung melepaskan Billy Keraf di Shopee Liga 1 2019.


1. Didikan Akademi Persib

Fulgensius Billy Paji Keraf pemain Persib Bandung

Persib Bandung memiliki akademi yang menyuplai banyak pemain muda potensial. Namun demikian, tidak sedikit yang terbuang karena kurang dapat bersaing dengan pemain lain di tim senior.

Billy Keraf merupakan pemain muda asli didikan akademi Diklat Persib. Ia sempat menjadi buah bibir pada kompetisi Liga 1 2017 lalu.

Di era kepelatihan Mario Gomez, Billy Keraf terpinggirkan hingga akhirnya dipinjamkan ke Borneo FC. Pemain asal Flores, Nusa Tenggara Timur ini harus menerima kenyataan pahit kembali terbuang di masa kepelatihan Robert Rene Alberts.

Ini mengulang kisah Persib Bandung yang kerap membuang pemain mudanya lalu merekrutnya kembali saat sudah bersinar di klub lain, sebut saja Erwin Ramdani dan Abdul Aziz.

Dipanggil Timnas

Setengah musim membela Borneo FC, Billy Keraf langsung membuat pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, kepincut. Ia lantas diberi kesempatan membuktikan diri selama pemusatan latihan.

Billy akhirnya dibawa ke Kamboja pada gelaran Piala AFF U-22 2019. Ia turut membawa Timnas Indonesia U-22 juara meski minim menit bermain.

Baca Juga

Ini membuktikan, Billy telah mengalami peningkatan signifikan selama dipinjamkan ke Borneo FC. Selama diberi kesempatan di Liga 1 2017, Billy berhasil mengemas 5 gol dan 1 asis.

Kerap Menentukan Kemenangan

Gol-gol Billy kerap menentukan kemenangan bagi Persib Bandung. Ia pernah menjadi pemecah kebuntuan saat Persib Bandung nyaris imbang melawan Gresik United, 5 Maret 2017 silam.

Satu golnya di Liga 1 2018 bersama Borneo FC juga turut membantu Pesut Etam menang 2-1 atas PSIS Semarang pada pekan ke-30.

Cerita Rizky Saat Bertemu Riyad Mahrez di Inggris

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga 1 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Billy KerafTRIVIABola IndonesiaShopee Liga 1

Berita Terkini