x

Kabar Christian Supusepa, Pemain Berdarah Maluku yang Pernah Juara Liga Belanda

Jumat, 31 Mei 2019 12:56 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Christian Supusepa saat masih membela ADO Den Haag

INDOSPORT.COM – Christian Supusepa menjadi salah satu pemain sepak bola keturunan Indonesia yang mampu mencatatkan prestasi di kompetisi Eropa. Pemain berdarah Maluku itu pernah mengantarkan klubnya Sparta Rotterdam menjadi juara Eerste Divisie atau kompetisi kasta kedua Liga Belanda.

Supusepa mengawali karier sepak bola profesionalnya di klub ADO Den Haag. Pemain jebolan Akademi Ajax itu bergabung dengan ADO Den Haag yang saat itu bermain di Liga Eredivisie atau kompetisi kasta teratas Liga Belanda pada musim 2010/11.

Baca Juga

Pada musim pertamanya bermain di kompetisi teratas Negeri Kincir Angin, Supusepa tampil dalam empat pertandingan, yakni tiga laga di kompetisi Eredivisie dan satu pertandingan di ajang KNVB Bekker.

Tak banyak mendapat menit bermain di musim perdananya, Supusepa mulai menunjukkan penampilan apiknya pada musim berikutnya. Pemain kelahiran Wormeveer itu bertahan selama empat musim di klub ADO Den Haag dan mencatatkan 63 penampilan.

Selepas empat musim berseragam ADO Den Haag, Supusepa kemudian hijrah ke klub CSKA Sofia yang berkompetisi di Liga Utama Bulgaria. Namun karier pemain berposisi bek kiri itu tidak lama di Liga Bulgaria. Ia hanya bertahan semusim, sebelum kembali ke Belanda.

Sekembalinya ke Belanda, Supusepa bergabung dengan klub Sparta Rotterdam. Ia bermain selama semusim di klub asal Kota Rotterdam tersebut.

Baca Juga

Meski hanya semusim, namun Supusepa menjadi bagian Sparta Rotterdam saat menjuarai kompetisi Eerste Divisie atau kompetisi kasta kedua Liga Belanda pada musim 2015/16. Klub yang bermarkas di Stadion Het Kasteel itu pun meraih satu tiket promosi ke Liga Eredivisie 2016/17.

Namun lagi-lagi, kebersamaan Supusepa dengan Sparta Rotterdam tak berlangsung lama. Pada pengujung musim 2015/16, ia dilepas ke klub penghuni Topklasse Division atau kasta keempat Liga Belanda, SV Spakenburg. Pemain kelahiran 2 April 1989 itu pun hingga musim ini masih tercatat sebagai pemain SV Spakenburg.

Eredivisie BelandaNaturalisasiBola InternasionalADO Den HaagLiga BelandaSepak BolaChristian Supusepa

Berita Terkini