x

Timnas Indonesia vs Vanuatu: Persaingan 2 Bek 'Gila', Hansamu dan Kaltack

Sabtu, 15 Juni 2019 09:41 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Persaingan dua bek, pemain Timnas Indonesia Hansamu Yama Pranata dan pemain Vanuatu, Brian Kaltack. Foto: bolastylo.bolasport/vbtc.vu

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia bakal menghadapi Vanuatu di pertandingan uji coba bertajuk FIFA match day pada hari ini, Sabtu (15/06/19). Nantinya, laga Timnas Indonesia vs Vanuatu ini akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Setelah gagal total di pertandingan pertama melawan Yordania, kini Timnas Indonesia bakal menjajal kekuatan perwakilan dari Oceania, yakni Vanuatu. Tim Garuda dipaksa menyerah 1-4 atas Yordania.

Pertandingan melawan Vanuatu pun diharapkan bisa mengangkat mental para pemain Timnas Indonesia menjelang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mengingat, level Vanuatu jauh lebih rendah dibandingkan dengan Yordania.

Baca Juga

Meski demikian, bukan berarti Timnas Indonesia bisa memenangkan pertandingan dengan sangat mudah. Pasalnya, Tim Garuda Merah Putih juga dihantui rekor buruk dan memalukan saat menghadapi tim Oceania.

Terhitung, dalam 9 laga melawan wakil Oceania, tim yang saat ini diasuh oleh Simon McMenemy tersebut hanya mampu meraih satu kemenangan. Catatan ini terbilang cukup buruk bagi Timnas Indonesia.

Dengan begitu, pertandingan Timnas Indonesia vs Vanuatu ini wajib dinantikan demi membuktikan bahwa Skuat Garuda lebih baik dibandingkan dengan tim Oceania.

Baca Juga

Tak hanya itu, pertarungan dua bek tangguh nan ‘gila’ juga bisa menjadi alasan mengapa pecinta sepak bola harus menyaksikan pertandingan ini. Ya, dua bek yang dimaksud adalah Hansamu Yama Pranata dan pemain bertahan Vanuatu, Brian Kaltack.

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk mengulas dua bek ‘gila’ yang bakal menghiasi pertandingan Timnas Indonesia vs Vanuatu pada hari ini. Berikut ulasannya hanya untuk Anda.


1. Pertarungan Hansamu Yama vs Brian Kaltack

Hansamu Yama Pranata saat bermain bersama Timnas Indonesia.

Pelatih Simon McMenemy kemungkinan besar akan menurunkan Hansamu Yama Pranata sejak awal pertandingan. Itu berkaca pada pertandingan Timnas Indonesia vs Yordania beberapa hari lalu, di mana Hansamu dipercaya memainkan peran selama 90 menit penuh.

Terlebih, Hansamu telah menjadi pilar utama di lini belakang Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Kemampuannya dalam mengarahkan pemain lain untuk menjaga pertahanan Skuat Garuda membuat dirinya sempat dipercaya menjadi kapten tim.

Tak hanya itu, bek Persebaya Surabaya tersebut juga beberapa kali mampu membantu produktivitas Timnas Indonesia. Pada Piala AFF 2016 lalu, dirinya mampu mengemas dua gol krusial hingga membantu Tim Garuda melangkah ke final.

Baca Juga

Maka tak heran jika Hansamu menjadi starter di laga uji coba nanti. Bahayanya, ternyata sosok Hansamu juga dimiliki oleh Vanuatu. Ya, Vanuatu juga memiliki bek yang cukup tangguh dan produktif, yakni Brian Kaltack.

Sebagai seorang bek, Kaltack sangat aktif membantu tugas seorang striker dan terbilang cukup produktif. Pemain bertahan yang masih berusia 25 tahun tersebut berhasil mengemas 4 gol dan 1 assist dari 16 laga yang dimainkan bersama Vanuatu. 

Produktivitasnya juga ia perlihatkan ketika membela dua klub asal Selandia Baru, yakni Auckland City dan Tasman United. Dalam dua musim terakhir, Kaltack mampu mencetak setidaknya satu gol di kasta tertinggi sepak bola Selandia Baru.

Baca Juga

Meski rajin membantu tugas pemain depan, namun Kaltack tak pernah lupa tugasnya sebagai seorang bek. Memiliki postur kekar membuat dirinya cukup tangguh dan sulit dilewati oleh lawan.

Patut dinantikan pertarungan dua bek andalan antara Hansamu dengan Kaltack di pertandingan Timnas Indonesia vs Vanuatu nanti. Siapakah bek yang lebih ‘gila’ pada laga nanti? Jawaban itu nantinya hanya bisa terjawab setelah pertandingan berakhir.

FIFAHansamu Yama PranataTimnas IndonesiaIn Depth SportsBola InternasionalBola IndonesiaTimnas Vanuatu

Berita Terkini