x

Adu Pemain Asing Persebaya vs Persib: Maung Bandung Lebih ‘Gila’

Jumat, 5 Juli 2019 16:07 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Persebaya Surabaya vs Persib Bandung.

INDOSPORT.COM – Pertandingan seru antara Persebaya Surabaya vs Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 2019 akan berlangsung pada hari ini, Jumat (05/07/19) malam WIB. Nantinya laga ini akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), markas Persebaya.

Pertandingan ini terbilang sangat penting bagi kedua tim untuk merangsek naik ke papan atas klasemen Liga 1 2019. Saat ini Persebaya dan Persib sama-sama masih berusaha untuk masuk ke posisi tiga besar.

Persebaya sendiri nyatanya masih diunggulkan dibandingkan dengan Persib. Tim berjuluk Bajul Ijo tersebut mampu menduduki peringkat kelima dengan torehan delapan poin. Sedangkan Persib masih berada di peringkat ke-10 dengan raihan enam poin.

Baca Juga

Bukan hanya soal peringkat, Persebaya pun kembali diunggulkan jika melihat pertandingan terakhir yang dimainkan kedua tim di Liga 1 2019. Persebaya berhasil meraih dua kemenangan beruntun atas Borneo FC (2-1) dan Persela Lamongan (3-1).

Sedangkan Persib, dalam empat pertandingan terakhir belum mampu meraih kemenangan. Hasil terburuknya ketika dikalahkan Bhayangkara 1-2 pada pekan lalu, dan tiga laga sisanya hanya mampu bermain imbang.

Jika melihat situasi ini, maka Persebaya di atas kertas bakal meraih poin sempurna. Terlebih mereka juga akan bermain di depan ribuan pendukung sendiri.

Baca Juga

Akan tetapi Persib juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan Persebaya. Pasalnya, Maung Bandung memiliki pemain asing yang lebih baik ketimbang Persebaya. Itu terbukti dari catatan pemain asing dari masing-masing tim.


1. Adu Pemain Asing Persebaya vs Persib

Stiker Persib Bandung, Ezechiel N'Douassel pada laga kandang Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (30/06/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Persib dan Persebaya sama-sama memenuhi kuota pemain asingnya pada kompetisi musim ini. Artinya, kedua tim raksasa Liga 1 ini memiliki emmpat pemain asing di dalam skuatnya, di mana satu dijadikan sebagai bek, satu gelandang, dan dua mengisi lini serang.

Posisi legiun asing yang dimiliki kedua tim hampir sama. Jika Persib punya Bojan Malisic, maka Persebaya memiliki sosok Otavio Dutra. Kedua bek tersebut memiliki peran yang sangat penting di setiap pertandingan.

Namun sejauh ini, Malisic berhasil mengungguli Otavio Dutra. Malisic mampu mencatatkan 1 gol dari 5 laga, sedangkan Otavio Dutra belum mengemas apapun. Itu terbilang wajar mengingat Otavio Dutra baru memainkan satu pertandingan.

Baca Juga

Di posisi tengah, Rene Mihelic memiliki peran yang cukup krusial. Karena gelandang Serbia itu mampu memberikan umpan-umpan kunci di setiap laga. Ia mampu menyumbangkan 1 assist dari 5 laga. Catatan itu nyatanya sama dengan Damian Lizio di Liga 1 2019.

Perbedaan cukup mencolok terjadi di lini serang Persib dan Persebaya. Itu terjadi karena pemain depan Persib selalu menjadi pilihan utama sejak awal musim. Sedangkan Persebaya cukup sering melakukan rotasi, akibat kondisi fisik sang pemain.

Ezechiel N’Douassel dan Artur Gevorkyan telah memainkan lima pertandingan dan berhasil memantu produktivtas Persib. Dua penyerang asing milik Maung Bandung itu masing-masing mampu mengemas dua gol.

Manuchekhr Dzhalilov melakukan selebrasi saat melawan Persib Bandung di Piala Presiden 2019.

Jika melihat jumlah gol, pemain asing depan Persebaya, Manuchekhr Dzhalilov dan Amido Balde masih kalah dengan penyerang-penyerang Persib. Bahkan Dzhalilov belum mencetak satupun gol dari empat pertandingan.

Baca Juga

Namun pemain berkebangsaan Tajikistan tersebut mampu menyumbangkan dua assist sepanjang Liga 1 2019. Catatan itu terbilang cukup bagus bagi pemain depan.

Sedangkan Amido Balde baru mampu mengemas 1 gol dari 2 laga yang dimainkan. Dirinya baru mencetak gol di laga terakhir melawan Persela. Bukan tidak mungkin ia akan menambah pundi-pundi golnya pada laga melawan Persib nanti.

Persebaya SurabayaPersib BandungLiga IndonesiaLiga 1Ezechiel N'DouasselManucheckhr DzhalilovBojan MalisicAmido BaldeDamian LizioBola IndonesiaArtur GevorkyanRene Mihelic

Berita Terkini