x

Ada Bintang Persib, 3 Pemain Timnas Ini Terancam Didepak Pasca Otavio Dutra Dinaturalisasi

Kamis, 25 Juli 2019 14:57 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - Saat proses naturalisasinya selesai dan bisa memperkuat Timnas Indonesia, Otavio Dutra bisa membuat tiga pemain berikut terdepak dari skuat Garuda.

Pemain berdarah Brasil Otavio Dutra hampir pasti akan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) seiring proses naturalisasinya pasca mendapatkan dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Jika sampai proses naturalisasi tersebut rampung, sudah hampir pasti satu slot di Timnas Indonesia itu akan diberikan kepada pemain 35 tahun itu.

Baca Juga

Apa lagi namanya memang pernah dipanggil pelatih Simon McMenemy pada Februari lalu jelang uji coba internasional kontra Myanmar.

Jika nantinya Dutra benar-benar memperkuat Timnas Indonesia dan bisa diturunkan dalam laga resmi, maka hampir pasti komposisi skuat Tim Garuda akan mengalami perubahan. Setidaknya akan ada beberapa pemain yang berpotensi terdepak seiring kedatangan pemain klub Persebaya Surabaya itu.

Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT merangkumnya untuk Anda.


1. Ricardo Salampessy

Bek senior Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy

Pemain pertama yang terancam terdepak dengan kehadiran Otavio Dutra adalah Ricardo Salampessy.

Sebenarnya kehadiran Ricardo Salampessy sendiri di skuat Timnas Indonesia saat ini merupakan sebuah kejutan tersendiri oleh Simon Mcmenemy. Dan dengan adanya nama Dutra nanti, kemungkinan Ricardo Salampessy akan berpeluang tersisih.

Baca Juga

Faktor usia menjadi pertimbangan utamanya. Dnegan usai yang sama engan Dutra, 35 tahun, kemungkinan besar Simon Mcmenmy akan lebih memilih Dutra, yang secara kemampuan skil dan fisik sedikit lebih baik dari Ricardo Salampessy.


2. Achmad Jufriyanto

Pemain belakang Persib Bandung, Achmad Jufriyanto saat konferensi pers seusai pertandingan menghadapi Madura United di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (23/06/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Nama selanjutnya yang terancam terdepak dari skuat Timnas Indonesia seiring kehadiran Otavio Dutra adalah bek milik Persib Bandung, Achmad Jufriyanto

Berposisi sama dengan Otavio Dutra, Jufriyanto berpotensi terdepak dari Timnas Indonesia seiring penampilannya yang juga tak terlihat menonjol bersama Persib Bandung di Liga 1 2019.

Baca Juga

Jufriyanto hanya mampu tampil enam kali dari sembilan laga yang telah dilalui Persib Bandung. Bersamanya Persib Bandung pun harus rela kemasukan sembilan gol. 

Secara statistik, pencapaian Jufriyanto memang tak lebih buruk dari Dutra, namun faktor kedekatan Dutra dengan McMenemy rasanya akan menjadi pertimbangan lain. 

Dutra jelas lebih memahami strategi McMenemy sehingga kemungkinan besar namanya akan lebih diutamakan dibandingan Jufriyanto.


3. Ricky Fajrin

Bek Timnas Indonesia, Ricky Fajrin.

Nama terakhir yang berpeluang terdepak dari Timnas karena Otavio Dutra adalah bek asal Bali United, Ricky Fajrin.

Sebagai pemain belakang, Ricky Fajrin sebenarnya memang lebih banyak dimainkan sebagai bek kiri. Posisi yang tak sama dengan Otavio Dutra.

Baca Juga

Namun Ricky fajrin terancam terdepak oleh Dutra demi memberikan tempat bagi pemain 35 tahun itu.

Apalagi jika dilihat di posisi bek kiri, ada dua nama yang secara kualitas sulit untuk bisa disisihkan Ricky Fajrin saat ini. Yakni Ruben Sanadi dan juga Rizky Pora yang di Timnas Indonesia sering mengisi posisi tersebut.

Achmad JufriyantoRicardo SalampessyTimnas IndonesiaOtavio DutraBola InternasionalRicky FajrinSimon McMenemyTRIVIABola Indonesia

Berita Terkini