x

Bawa Tira-Persikabo Tak Terkalahkan, Rahmad Darmawan Dibanding-bandingkan dengan Pep Guardiola

Minggu, 4 Agustus 2019 20:47 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Keberhasilan Rahmad Darmawan membawa Tira-Persikabo belum terkalahkan di Liga 1 2019 membuat namanya dibanding-bandingkan dengan Pep Guardiola dan Maurizio Sarri. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – PS Tira- Persikabo menjadi kejutan terbesar di kompetisi sepak bola Shopee Liga 1 2019. Tim yang musim lalu nyaris terdegradasi itu kini menjelma menjadi penguasa klasemen sementara Liga 1 2019 dengan rekor belum terkalahkan dalam 12 pertandingan.

Catatan fenomenal Tira-Persikabo di Liga 1 2019 jelas tak bisa lepas dari tangan dingin seoran Rahmad Darmawan. Berkat racikannya, Manahati Lestussen dkk. mampu menampilkan permainan rancak yang mengundang decak kagum.

Baca Juga

Tak hanya menuai pujian dari penonton yang menyaksikan pertandingan Tira-Persikabo, racikan jitu Rahmad Darmawan juga mendapat apresiasi dari pemainnya sendiri.

Hal itu diakui oleh gelandang andalan Tira-Persikabo, Guntur Triaji. Gelandang berusia 26 tahun itu bahkan membanding-bandingkan Rahmad Darmawan dengan dua pelatih kelas dunia, Pep Guardiola dan Maurizio Sarri.

Layaknya Guardiola yang identik dengan tiki-taka atau Sarri dengan Sarriball-nya, Guntur menilai pelatih yang akrab disapa coach RD itu punya gaya permainan sendiri yang menjadi ciri khasnya.

Guntur menyebut sepak bola yang diperagakan Rahmad Darmawan bersama Tira-Persikabo dengan sebutan RD Ball. Ia mencontohkan, salah satu kejeniusan taktik coach RD adalah ketika Tira-Persikabo mengalahkan PSIS Semarang dengan skor dua gol tanpa balas.

Saat itu, gol kedua Tira-Persikabo yang dicetak oleh Wawan Febrianto lahir lewat permainan kolektif dengan satu-dua umpan yang berhasil membelah pertahanan PSIS Semarang.

Baca Juga

Gol ke gawang PSIS Semarang itu merupakan salah satu contoh permainan apik Tira-Persikabo dalam pertandingan Liga 1 2019. Hingga pekan ke-12, tim asuhan Rahmad Darmawan itu masih kokoh di puncak klasemen.

Dari 12 laga, Tira-Persikabo berhasil mengumpulkan 26 poin hasil dari tujuh kali menang dan lima kali imbang, tanpa pernah tersentuh kekalahan. Tak hanya memegang rekor unbeaten hingga pekan ke-12, mereka juga menjadi tim tersubur dengan catatan 27 gol.

Rahmad DarmawanPep GuardiolaMaurizio SarriGuntur TriajiLiga IndonesiaLiga 1Tira-PersikaboBola IndonesiaShopee Liga 1

Berita Terkini