x

Andalkan Naturalisasi, Adu Kualitas Lini Pertahanan Timnas Indonesia vs Malaysia

Kamis, 5 September 2019 14:34 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Timnas Indonesia, Victor Igbonefo dan Timnas Malaysia, LaVere Corbin-Ong.

INDOSPORT.COM - Jelang jadwal pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Malaysia, menarik untuk diketahui adu kualitas lini pertahanan yang sama-sama mengandalkan pemain naturalisasi.

Bertanding di Stadion Gelora Bung Karno pada Kamis (04/09/19) nanti malam, Timnas Indonesia akan memulai petualangannya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan menjamu Malaysia.

Malaysia bukanlah lawan yang baru untuk Timnas Indonesia. Rivalitas di antara keduanya sudah terjalin sejak lama, apalagi bisa disebut kita dan Malaysia merupakan negara yang bertetanggaan.

Baca Juga

Tapi Malaysia kini hadir dengan skuat yang bisa dibilang baru, apalagi mereka diperkuat oleh sejumlah para pemain naturalisasi menghadapi Timnas Indonesia.

Dimulai dari lini pertahanan hingga barisan depan, terdapat pemain naturalisasi dari skuat Malaysia, begitu pun Timnas Indonesia.

Menarik untuk dibahas dan diadu bagaimana kualitas pemain naturalisasi di lini pertahanan Timnas Indonesia vs Malaysia yang akan tersaji nanti malam. Berikut ulasannya dari INDOSPORT.


1. Adu Kualitas Naturalisasi di Lini Pertahanan Timnas Indonesia vs Malaysia

Pemain PTT Rayong Victor Igbonefo, yang juga merupakan naturalisasi di jantung pertahanan Timnas Indonesia.

Kita mulai dari lini pertahanan Timnas Indonesia yang kemungkinan besar akan diperkuat oleh salah satu bek naturalisasi, yakni Victor Igbonefo. Pertahanan Skuat Garuda bisa dibilang akan sangat kuat dengan kehadiran bek berpengalaman seperti Igbonefo.

Bahkan Simon McMenemy pernah menjelaskan kenapa dirinya memilih Victor Igbonefo dan kemungkinan besar pemain berdarah Nigeria itu akan menjadi starter di jantung pertahanan Timnas Indonesia nanti malam.

"Victor memang baru pertama kali ini berlatih di bawah arahan saya. Tapi saya sudah pernah lihat dia main di Thailand, jadi saya tahu kelebihan dan kekurangan dia di atas lapangan," ucap McMenemy kepada awak wartawan.

Victor Igbonefo memang merupakan bek berpengalaman di Liga Indonesia yang sekarang merumput bersama klub Thailand, PTT Rayong. Bahkan pihak klub PTT Rayong sempat keberatan melepasnya ke Timnas Indonesia, karena sang pemain memang menjadi andalan di timnya.

Baca Juga

"Andai bukan FIFA Matchday, kami tak akan membiarkannya pergi. Setidaknya dia bisa membantu tim lebih lama lagi di liga," ucap Teerasak Po-on, selaku pelatih kepala PTT Rayong.

Dari 23 pertandingan yang sudah dilakoni PTT Rayong di Liga Thailand, baru sekali dirinya absen membela klub berjuluk The Oil Millionaires.

Naturalisasi di Lini Pertahanan Malaysia

LaVere Corbin-Ong, pemain naturalisasi di Timnas Malaysia (no7).

Di Timnas Indonesia ada Igbonefo, sementara Timnas Malaysia punya dua pemain naturalisasi di lini pertahanan. Yaitu Matthew Davies dan La'Vere Corbin-Ong, keduanya masing-masing kelahiran Australia dan Inggris.

Keduanya merupakan pemain andalan baik untuk Timnas Malaysia dan juga di klubnya masing-masing. Matthew Davies bermain untuk Pahang FA, dengan tampil di semua 21 pertandingan yang sudah dilakoni sebagai starter di Liga Super Malaysia 2019.

Sementara La'Vere Corbin-Ong, kini bermain di klub raksasa Malaysia, Johor Darul Ta'zim. Dari 18 kali diturunkan di pertandingan JDT musim ini, Corbin-Ong semuanya tampil sebagai starter.

Sementara untuk Timnas Malaysia, keduanya sudah diturunkan saat pertandingan putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia saat menghadapi Timor Leste. Bahkan pada leg pertama, Corbin-Ong ikut menyumbang satu gol.

Sementara Matthew Davies bermain di kedua leg pertandingan putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Malaysia berhasil ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan skor agregat 12-2 atas Timor Leste.

Melihat Timnas Indonesia hanya diperkuat satu pemain naturalisasi, Igbonefo yang sudah berusia cukup tua, yaitu 33 tahun, nampaknya lini depan kita harus ekstra kerja keras menembus lnii pertahanan Malaysia.

Baca Juga

Mereka diperkuat dua pemain naturalisasi yang keduanya masih berusia produktif, Davies masih berusia 24 tahun sementara Corbin-Ong berusia 28 tahun. Keduanya merupakan pengawal lini pertahanan untuk Timnas Malaysia.

Meski begitu, tandem Igbonefo di jantung pertahanan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti malam juga tak bisa diragukan. Yakni Hansamu Yama atau Yanto Basna bisa jadi opsi untuk Simon McMenemy menemani Igbonefo.

Victor IgbonefoMalaysiaNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalSimon McMenemySepak BolaKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini