x

Bukan Egy Maulana Vikri, AFC Justru Sanjung Aksi Todd Ferre

Minggu, 14 Juni 2020 17:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Konfederasi sepak bola Asia (AFC) baru saja memilih pemain muda Indonesia, Todd Rivaldo Ferre sebagai bintang untuk segmen pertandingan favorit.

INDOSPORT.COM - Konfederasi sepak bola Asia (AFC) baru saja memilih pemain muda Indonesia, Todd Rivaldo Ferre sebagai bintang untuk segmen pertandingan favorit.

Pemain milik Persipura Jayapura itu menyingkirkan Egy Maulana Vikri yang berkarier di Eropa bersama Lechia Gdansk.

AFC menuliskan, bukan Egy ataupun Rafli Mursalim yang jadi pilihan meski punya kualitas mumpuni. Todd menjadi sorotan setelah aksi tiga golnya ke gawang Qatar U-19 pada Piala Asia U-19 2018 lalu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam kesempatan itu, AFC menyebut, Todd Ferre telah menunjukan kualitasnya ke mata dunia, meski turun sebagai pemain pengganti di babak kedua.

Ketika itu Timnas Indonesia U-19 tengah tertinggal 1-6 dari Qatar dan pemain yang kini berusia 21 tahun itu berhasil membangkitkan semangat tim lewat golnya di menit ke-65, 73 dan 81.

Sayangnya, pada akhir pertandingan, Indonesia harus menyerah dengan skor akhir 5-6 dari Qatar. Namun, laga itu dinilai jadi panggung pertunjukan kualitas seorang Tood Rivaldo Ferre, sekaligus awal dari karier cemerlangnya.

"Sebelum masuk di babak kedua, pelatih meminta saya tampil dengan permainan terbaik. Itu juga merupakan motivasi diri saya untuk (mencoba) mencetak gol ketika tertinggal 6-1," ujar Todd Ferre soal aksinya.

"Saya sangat bangga dan bahagia setelah mencetak hat-trick. Saya mencetak tiga gol dalam turnamen besar, dan dalam pertandingan yang sangat menegangkan," imbuhnya.

AFC menilai pilihan mereka bukan tanpa alasan kuat. Selepas Piala Asia U-19 2018 lalu, karier Todd Ferre melejit dan jadi pilihan di skuat senior Persipura, dibanding Egy ataupun Rafli yang masih kesulitan mendapat jam terbang di klubnya masing-masing.

Baca Juga
Baca Juga

Todd Ferre juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2019 dan masuk dalam best XI Liga 1 di tahun yang sama.

AFC menegaskan, mungkin ada banyak malam yang lebih indah dalam karier Todd Rivaldo Ferre. Tetapi tidak peduli apa yang terjadi, ia akan selalu dikenang dengan aksi luar biasa pada 22 Oktober 2018 lalu.

QatarAFCBola InternasionalEgy Maulana VikriTodd Rivaldo FerreTimnas Indonesia U-19Sepak BolaBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini