x

PSSI Berniat Naturalisasi Lagi, Eks Sparta Praha: Nggak Perlu!

Kamis, 18 Juni 2020 20:05 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Persis Solo, Agus Yuwono. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Rencana PSSI untuk kembali membuka peluang naturalisasi pemain mendapat komentar dari eks pemain timnas Indonesia, Agus Yuwono, yang notabene sempat mengenyam latihan di klub raksasa Republik Ceko, Sparta Praha.

Agus menyebut, sudah seharusnya federasi memaksimalkan pemain lokal asli Indonesia, termasuk pemain muda guna bertarung di ajang Piala Dunia U-20 2021.

Baca Juga
Baca Juga

"Untuk apa (naturalisasi)? Tidak perlu lah. Kita ada ribuan pemain muda yang potensial dan mampu bersaing kok," kata Agus Yuwono kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Kamis (18/6/20).

"Kita membangun sepak bola kan dari bawah, dari usia dini. Masa di Piala Dunia pakai orang lain (naturalisasi)? Terus di kompetisi lokal baru pemain-pemain kita," tegas sosok asal Malang tersebut.

Piala Dunia U-20 2021 yang berlangsung di Indonesia, lanjut coach AY, sapaan akrabnya, menjadi kesempatan pemain lokal asli buat unjuk gigi. Bisa jadi, performa apik pemain lokal akan dilirik klub-klub dunia.

Baca Juga
Baca Juga

"Jangan sampai mengerdilkan orang lokal kita. Harus meyakinkan pemain-pemain muda kita bahwa mereka mampu bersaing nanti. Toh nanti ke depan untuk timnas senior juga," tegas eks pelatih Perseru Serui tersebut.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, masih membuka peluang untuk melakukan naturalisasi pemain. Namun, pihaknya lebih selektif lagi dalam memilih pemain, salah satunya segi usia (20-an).

Piala Dunia U-20Sparta PrahaAgus YuwonoNaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini