x

Sejarah Heroik Norwich Si Kurcaci Inggris Runtuhkan Kesombongan Bayern Munchen

Senin, 19 Oktober 2020 12:05 WIB
Editor: Indra Citra Sena
Gelandang Norwich City, Jeremy Goss, mencetak gol indah dalam pertandingan Piala UEFA kontra Bayern Munchen, 19 Oktober 1993.

INDOSPORT.COM - Bayern Munchen pernah memakai Olympiastadion sebelum pindah secara permanen ke Allianz Arena per edisi 2005-2006. Raksasa Bundesliga Jerman ini berulang kali merasakan tuah kandang lama mereka di kancah Eropa, terutama saat menjamu wakil Inggris.

Olympiastadion menjadi kandang Bayern Munchen selama 34 tahun sejak edisi 1971-1972. Stadion berkapasitas 63.000 penonton tersebut juga digunakan oleh klub penghuni Kota Munchen lain, yakni TSV 1860.

Sekadar mengingatkan, Bayern nyaris tak pernah gagal menang setiap kali bersua tim-tim Inggris di Olympiastadion. Manchester United, Liverpool, Chelsea, Arsenal, Nottingham Forest, Everton, dan Tottenham Hotspur adalah deretan korban keangkeran kandang lama Die Roten alias Si Merah.

Baca Juga
Baca Juga

Satu-satunya tim Inggris yang kebal terhadap kutukan Olympia bukan berasal dari golongan raksasa, melainkan golongan kurcaci bernama Norwich City. Panggungnya adalah leg pertama Putaran II Piala UEFA 1993-1994, 19 Oktober 1993.

Sejumlah pihak meramal pertandingan itu bakal dimenangi Bayern Munchen secara mudah. Alasannya tentu saja materi pemain serta pengalaman di level Eropa yang begitu timpang antara tuan rumah dengan Norwich. 

Situasi ini membuat Norwich merasa dipandang sebelah mata, tapi justru semakin termotivasi membuktikan kapasitas mereka. Pelatih Mike Walker bahkan berani menebar optimisme dalam keterangan pers sehari sebelum laga.

“Sepertinya tak ada orang yang memperingatkan Walker tentang betapa berat kunjungan ke markan Bayern. Dia meminta seluruh pemain menyadari potensi ledak dalam diri masing-masing,” kata seorang kolomnis, Martin Samuel, di surat kabar The Times ketika itu.

Optimisme yang dibangun Walker rupanya membuahkan hasil di luar dugaan. Norwich tampil kesetanan di Olympia dan mencetak dua gol dalam hitungan setengah jam melalui aksi Jeremy Goss serta Mark Bowen.

Goss membuka keunggulan tim secara spektakuler pada menit ke-12. Gelandang berkebangsaan Wales itu melepaskan sepakan voli sedikit dari luar kotak penalti memaksimalkan sapuan asal-asalan libero sekaligus kapten Bayern, Lothar Matthaus.

Norwich City kian berada di atas angin setelah Bowen menggandakan skor pada menit ke-30. Dia muncul tiba-tiba dari lini kedua dan menanduk bola ke arah tiang jauh yang memaksa kiper Bayern, Raimond Aumann, kembali memungut si kulit bulat di gawang.

Kebobolan dua gol menyebabkan Bayern tersentak. Tuan rumah bereaksi dan menipiskan skor empat menit sebelum turun minum berkat ayunan kepala  Christian Nerlinger di muka gawang Norwich menyambut umpan silang Jorginho.

Bayern melanjutkan tekanan sambil berharap bisa membalikkan kedudukan sepanjang babak kedua. Akan tetapi, kiper Norwich, Bryan Gunn, bermain gemilang dan menggagalkan seluruh upaya gol Lothar Matthaus dkk. sampai bubaran.

“Sungguh mengecewakan. Tak terlihat sama sekali itikad baik dari Bayern Munchen untuk memberikan respek kepada kami pada malam itu. Arogansi mereka telah menstimulasi kami tampil trengginas,” cetus kiper Norwich City, Bryan Gunn.

Kurcaci sukses menjungkalkan raksasa. Kabar ini bertebaran di halaman muka sejumlah surat kabar Inggris seperti The Times, Daily Telegraph, The Independent, dan Daily Mail.

Sensasi Norwich berlanjut di leg kedua. Si Burung Kenari menahan imbang Bayern Munchen 1-1 sehingga berhak melaju ke babak berikutnya dengan keunggulan 3-2 secara agregat. 

Baca Juga
Baca Juga

Hanya saja, langkah gagah Norwich City harus terhenti di Putaran III akibat keok dari Inter Milan, yang kemudian merengkuh Piala UEFA musim itu. Mereka bertekuk lutut 0-1 di kandang maupun tandang.

Susunan Pemain

Bayern (5-3-2): 1-Aumann; 2-Jorginho, 4-Kreuzer, 10-Matthaeus, 5-Helmer, 3-Ziege (13-Sternkopf 60'); 6-Nerlinger, 11-Scholl (15-Labbadia 65'), 7-Wouters; 8-Witeczek, 9-Valencia
Cadangan: 12-Gospodarek, 14-Thon, 16-Zickler
Pelatih: Ribbeck

Norwich (1-3-4-2): 1-Gunn; 2-Culverhouse; 5-Prior, 4-Butterworth, 6-Newman; 10-Fox, 8-Crook, 11-Goss, 3-Bowen; 7-Robins (14-Sutch 15'), 9-Sutton
Cadangan: 13-Howie, 12-Megson, 15-Eadie, 16-Johnson
Pelatih: Walker (Wls)

Stadion: Olympiastadion (28.500)
Gol: Nerlinger 41'/Goss 12', Bowen 30'
Wasit: Sundell (Swe)
Kartu Kuning: Butterworth (N)
Kartu Merah: -

Bundesliga JermanBayern MunchenOlympiastadionNorwich CityLothar MatthausPiala UEFALiga InggrisBerita Liga InggrisSejarah

Berita Terkini