x

Menerka 3 Pemain Keturunan yang Akan Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas U-19

Jumat, 23 Oktober 2020 15:44 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-19 kabarnya tengah mencari pemain keturunan yang baru untuk skuat Garuda Nusantara.

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-19 kabarnya tengah mencari pemain keturunan yang baru untuk skuat Garuda Nusantara. Lantas, siapakah pemain keturunan yang layak dipanggil untuk bergabung bersama Jack Brown dan kawan-kawan?

Sebelumnya, Shin Tae-yong sendiri mengaku sudah memiliki data-data pemain keturunan Indonesia yang telah ia pantau selama ini. Pelatih asal Korea Selatan ini masih terus menerus mencari para pemain keturunan Indonesia yang layak untuk ia panggil.

Baca Juga
Baca Juga

Bersama Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong saat ini masih melakukan sesi latihan uji coba di Kroasia. Sebanyak 30 pemain diboyong Shin Tae-yong ke Kroasia sejak 30 Agustus lalu.

Dari 30 nama ini, Shin Tae-yong pun menyelipkan empat pemain keturunan. Mereka adalah Elkan Baggot, Jack Brown, Kelana Mahessa dan Luah Mahessa. Untuk Kelana dan Luah baru bergabung pada Minggu (18/10/20) lalu.

Walaupun telah mendapatan empat pemain keturunan, Shin Tae-yong mengatakan bahwa saat ini ia masih mencari pemain keturunan lainnya untuk bergabung bersama timnas U-19. Ia juga tidak sembarangan dalam memilih pemain keturunan, karena tentunya harus punya kualitas.

"Dalam pencarian pemain keturunan kami dibantu PSSI, tim pelatih dan ofisial timnas U-19. Kami sudah mempunyai data beberapa nama pemain dan sudah melakukan pembicaraan ke sejumlah pemain keturunan," kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menegaskan bahwa ia betul-betul melihat kemampuan pemain keturunan yang akan ia panggil ke Timnas Indonesia. Bahkan, dirinya mengakui ada banyak tahapan yang ia lalui dalam melihat satu pemain.

"Pemain kami lihat dari curriculum vitae (CV), administrasi, analisa video dan setelah itu kami datangkan saat menjalani pemusatan latihan (TC) untuk melihat kualitasnya secara langsung," tegas Shin.

Kini Shin Tae-yong pun tak menutup kemungkinan akan kembali memanggil pemain keturunan lainnya. Bisa saja dalam pemusatan latihan selanjutnya, ia akan memanggil pemain baru.

Baca Juga
Baca Juga

"Pada TC selanjutnya mungkin saja kami mendatangkan pemain keturunan sambil melihat perkembangan," pungkas Shin Tae-yong.

Lantas, siapakah pemain keturunan Indonesia yang bisa memikat hati Shin Tae-yong ke depannya? Berikut INDOSPORT rangkum tiga pemain yang memiliki kemungkinan akan dipanggil oleh eks pelatih Timnas Korea Selatan tersebut.


1. 1. Joseph Ferguson Simatupang

Joseph Ferguson Simatupang, Pemain berdarah Indonesia di Inggris

Pertama adalah Joseph Ferguson Simatupang. Pemain akademi Blackburn Rovers ini sudah tidak asing untuk di telinga para pencinta sepak bola Tanah Air.

Menggunakan nama belakang dengan marga Batak, Joseph Ferguson Simatupang awalnya mulai dikenal saat dirinya mengaku ingin sekali membela Timnas Indonesia.

“Suatu kebanggaan bermain untuk Tim Nasional Indonesia, sebagaimana saya juga sudah memiliki koneksi, tentu itu (bermain di Timnas) akan menjadi luar biasa untuk saya dan keluarga,” ucap Joseph Ferguson Simatupang antusias kepada INDOSPORT pada bulan Maret 2019 silam.

Hal ini diperkuat lewat hubungannya yang kuat dengan salah satu pemain bintang Timnas Indonesia U-19, Bagus Kahfi. Remaja berusia 18 tahun yang berposisi sebagai bek kanan ini mengakui bahwa ia sangat ingin bermain bersama striker berambut kribo tersebut di Skuat Garuda Nusantara.

Bek muda asal Inggris, Joseph Ferguson Simatupang berharap bisa duet dengan striker Timnas U-19, Bagus Kahfi.

"Apakah Anda ingin melihat duo ini suatu hari nanti?" ungkap Joseph dalam akun Instagram @josephsimaferguson, tentu dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Pertanyaan itu pun langsung dijawab oleh sang striker. Melalui akun Instagram pribadinya, Bagus mengunggah dirinya saat berfoto bersama Joseph Simatupang dengan logo Bendera Indonesia.

Instastory Bagus Kahfi.

"Joseph Ferguson untuk Tim Nasional!" sebut Bagus Kahfi sembari menambahkan icon bendera Merah Putih.

Faktor kedekatannya dengan bintang Timnas Indonesia U-19, Bagus Kahfi, dapat menjadi jawaban untuk Shin Tae-yong memanggilnya ke dalam TC Skuat Garuda Nusantara kelak. Terlebih, pengalamannya bermain di ajang Liga Inggris juga tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki oleh Elkan Baggott.

2. Mees Hilgers

Mees Hilgers (kanan) saat berlatih dengan klub FC Twente

Mees Hilgers dapat dikatakan awalnya merupakan 'pesaing' dari Elkan Baggott sebelum dipanggil ke Timnas Indonesia U-19 oleh Shin Tae-yong. Dan kini, mereka berdua berpotensi bermain bersama untuk skuat Garuda Nusantara.

Sekadar informasi, Mees Hilgers sendiri sebelumnya nyaris melakukan trial bersama Timnas Senior Indonesia pada bulan Mei-Juni 2020. Namun hal tersebut urung terlaksana karena pandemi virus covid-19. Hal itu diutarakannya saat melakukan obrolan bersama Yussa Nugraha.

“Kalau kamu diundang seleksi Timnas Indonesia, apa kamu akan menerimanya?” tanya Yussa kepada remaja berusia 19 tahun tersebut melalui sebuah video call.

“Seharusnya di musim panas ini ikut trial di Timnas Indonesia, namun dibatalkan karena corona. Saya ikut trial ke Tim Senior Timnas Indonesia,” jawab Mees Hilgers.

Dan kini, Mees Hilgers dinilai layak dipanggil oleh Shin Tae-yong ke TC Timnas Indonesia U-19 nanti. Pasalnya, Mees Hilgers mengalami peningkatan bersama klub Belanda yang ia bela, FC Twente.

Remaja berusia 19 tahun itu belum lama ini mendapatkan kontrak promosi ke tim senior FC Twente. Dirinya akan menandatangani kontrak kerjanya bersama FC Twente senior pada bulan Januari 2021 mendatang.

Dilansir dari situs resmi FC Twente, Mees Hilgers mengakui bahwa ia sangat bangga dengan raihannya tersebut dan ingin meneruskan kariernya bersama FC Twente dalam kurun waktu yang cukup lama.

"Saya sangat bangga dengan kepercayaan klub yang telah diberikan kepada saya. Dalam beberapa bulan terakhir, saya menyadari bahwa saya telah membuat langkah-langkah yang sangat bagus dan dapat berkembang lebih jauh bersama FC Twente," ucap Mees Hilgers dikutip dari situs resmi klub.

"Tujuan pertama saya adalah mengikuti seleksi (klub senior), yang sekarang telah tercapai. Saya merasa sekarang saya siap untuk hal yang lebih menantang. Sekarang saya berharap bisa bermain sebanyak mungkin di Eredivisie musim ini,” tambahnya.

3. Jayden Houtriet

Jayden Houtriet

Terkahir ada nama Jayden Houtriet. Remaja berusia 18 tahun dengan tinggi 189 cm ini mengakui bahwa ia sangat ingin membela Timnas Indonesia suatu saat.

Hal itu diketahui saat ia diwawancara oleh Yussa Nugraha di channel YouTube pribadinya. Kepada Yussa, Jayden mengungkapkan bahwa ia ingin menjalani trial dan membela Timnas Indonesia dengan satu syarat, yakni tidak mendapatkan panggilan dari Timnas Belanda.

“Kalau tidak ada panggilan Timnas Belanda, saya ingin menjalani trial di Timnas Indonesia,” ucap Jayden kepada Yussa dalam video callnya.

Sebelumnya, Jayden sendiri juga mengungkapkan bahwa ia memiliki darah Indonesia yang berasal dari Oma (nenek) dan Opa (kakek) dari pihak Mamanya.

“Darah Indonesia berasal dari Mama. Dia tidak lahir di Indonesia, tapi orang tua Mama, Opa dan Oma saya, lahir di Indonesia. Opaku dari Jakarta, Omaku dari Manado,” ucapnya menjelaskan.

Bermain di klub Belanda, Vitesse, Jayden sendiri telah bermain sebanyak tiga kali dari lima laga Vitesse di musim 2020/2021. Berposisi sebagai gelandang tengah, Jayden diyakini dapat menjadi opsi Shin Tae-yong untuk menambah variasi di lini tengah skuat Timnas Indonesia U-19.

Timnas u-19Bola InternasionalTimnas Indonesia U-19Joseph Simatupang FergusonShin Tae-yongMees HilgersJayden Houtriet

Berita Terkini