x

Setelah Pensiun, Firman Utina Kelola SSB Dan Punya Bisnis Konveksi di Bandung

Sabtu, 12 Desember 2020 09:04 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Pipit Puspita Rini
Aksi selebrasi Firman Utina setelah mencetak gol untuk Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Mantan kapten tim Persib Bandung, Firman Utina, mengaku tetap memiliki kesibukan di dunia sepak bola, walaupun saat ini sudah pensiun sebagai pemain profesional.

Menurut legenda Timnas Indonesia ini, kegiatan sehari-harinya saat ini adalah membina pemain muda di sekolah sepak bola (SSB) FU15 yang terletak di  Tangerang. SSB tersebut dia dirikan pada 2016.

"Kegiatan tetap di dunia sepak bola, ada yang di lapangan maupun luar lapangan. Alhamdulillah di lapangan saya masih membangun akademi SSB yang ada di Tangerang," kata Firman, Kamis (10/12/2020).

Selain mengelola SSB, Firman saat ini mulai merambah bisnis dengan membuka konveksi yang berlokasi di kawasan Sadangserang, Kota Bandung. Sama halnya dengan SSB, usaha barunya ini diberi nama FU15.

"Kalau di luar lapangan menjalankan konveksi yang sudah kita bangun selama tiga bulan ini," ucap Firman.

Bisnis konveksi dipilih Firman dengan beberapa alasan, salah satunya kegiatan olahraga membutuhkan pakaian atau jersey. Melihat peluang  tersebut, ia akhirnya memutuskan untuk membuka konveksi.

Baca Juga
Baca Juga

"Karena saya lihat semua orang butuh olahraga dan semua orang punya komunitas tersendiri, berati satu komunitas itu punya tim dan tim itu bisa diliat kebersamaannya dari penampilan, itu yang kita ambil. Akhirnya, saya bekerja sama dengan FU15 yang ada di Bandung," ujar pria yang turut mengantarkan Persib juara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini.

Firman sudah mendapatkan ilmu mengenai usaha konveksi, yang membuatnya mantap memilih bisnis ini. Selain itu, dalam produksinya ia sangat mengedepankan kualitas agar konsumennya merasa puas dengan produk FU15.

"Saya bukan dibilang aji mumpung, tapi saya ingin menjalankan ini dari nol, membangun kerja sama di desain sebaik mungkin. Mudah-mudahan bisa menjadi brand yang bermanfaat untuk orang banyak," kata Firman.

Selama menjadi pemain sepak bola profesional Firman tercatat sempat memperkuat beberapa klub, di antaranya Persita Tangerang, Arema, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, Persib Bandung, dan Bhayangkara FC.

Persib BandungFirman UtinaLiga Indonesia

Berita Terkini